Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tukangkorek12Avatar border
TS
tukangkorek12
Inilah 10 Tempat Terpanas di Bumi
Inilah 10 Tempat Terpanas di Bumi

rate 5 dulu ya gan/sist


Inilah 10 Tempat Terpanas di Bumi

Merasa kepanasan saat musim kemarau? Ternyata, apa yang kita rasakan tidak ada apa-apanya apabila dibandingkan dengan beberapa tempat di bumi yang tercatat memiliki suhu ekstrim atau terpanas. Apa sajakah mereka?

Berikut adalah 10 tempat terpanas di bumi menurut MNN.

1. Dasht-e Lut, Iran

Inilah 10 Tempat Terpanas di Bumi
Dasht-e Lut, Iran

Tempat terpanas di bumi ini merupakan sebuah gurun yang daerahnya sangat tandus dan sepi sehingga tidak seorang pun yang memonitor suhunya secara teratur. Meskipun begitu, lewat satelit NASA yang dilengkapi dengan sebuah alat bernama MODIS (moderate resolution imaging spectroradiometer) yang bisa mengetahui perkiraan suhu dari luar angkasa dengan penelitian selama tujuh tahun.
Pada tahun 2015, gurun ini tercatat memiliki suhu 159,3 derajat Fahrenheit atau sekitar 70,722 derajat Celcius. Suhu tertinggi di permukaan bumi yang pernah dicatat alat tersebut dari luar angkasa.

2. Australia’s Badlands

Inilah 10 Tempat Terpanas di Bumi
Badlands, Australia

Australia merupakan benua terkering yang dihuni oleh manusia di planet bumi ini, yang memiliki gurun yang sangat luas dengan sebagian besar wilayahnya memiliki interior Outback (memiliki gurun dan tebing tanah). Karena orang yang tinggal disini hanya sedikit, maka perhitungan suhu secara tepat pun tidak berlaku.

Pada tahun 2003, setahun setelah kekeringan parah akibat El-Nino, NASA mencatat sebuah permukaan yang memiliki suhu terpanas di wilayah itu yaitu 156,7 derajat Fahrenheit atau sekitar 69,278 derajat Celcius, yang terletak di Australia, tepatnya di wilayah yang disebut Badlands yang berada di Queensland Outback.

3. Gunung Flaming, Tiongkok

Inilah 10 Tempat Terpanas di Bumi
Gunung Flaming, Tiongkok

Berlokasi di Pegunungan Tian Shan Mountain di wilayah Xinjiang, Tiongkok, yang sepertinya dinamai berdasarkan selokan yang mencolok yang telah terkikis ke dalam fondasi pasir merah, menyerupai sebuah nyala api. Tapi ternyata bukan hanya itu, tempat ini memproleh nama tersebut karena alasan lain, pegunungan ini sangat panas.

Meskipun tidak ada stasiun cuaca untuk memperkirakan suhu secara langsung, satelit NASA telah mencatat suhu tertingginya yang pernah terukur yaitu 152,2 derajat Fahrenheit atau sekitar 66,78 derajat Celcius. Suhu ini terekam pada tahun 2008, dimana merupakan perkiraan suhu terpanas di Bumi di tahun itu.

4. Death Valley (Lembah Kematian), Amerika Serikat

Inilah 10 Tempat Terpanas di Bumi
death Valley

Berlokasi di Gurun Mojave, California, Death Valley adalah wilayah terendah, terkering, dan terpanas di Amerika Utara serta tercatat sebagai pemegang rekor dunia sebagai suhu tertinggi yang pernah dicatat langsung, yaitu 134 derajat Fahrenheit atau sekitar 56,67 derajat Celcius.

Meskipun wilayah ini kering, namun masih bisa ditinggali. Terlihat dari binatang-binatang yang bisa ditemukan di wilayah ini seperti bobcat, rubah kit, dan hewan pengerat yang terlihat di malam hari, serta domba bighorn yang mencari makan di ketinggian. Ketika hujan turun, bunga liar bermunculan dan menutupi lembah dengan indahnya.

5. El Azizia, Libya

Inilah 10 Tempat Terpanas di Bumi
Gurun Sahara, Libya

Tempat ini sempat memegang rekor sebagai wilayah terpanas di bumi selama 90 tahun sejak tanggal 13 September 1922 dengan suhu 136,4 derajat Fahrenheit. Namun, pada tahun 2012, Badan Meteorologi Dunia menyatakan bahwa angka tersebut tidak valid. Meskipun begitu, suhu di daerah ini tercatat cukup panas, lebih dari 120 derajat Fahrenheit atau sekitar 48,89 derajat Celcius di musim panas.

6. Rub’ al Khali, Jazirah Arab

Inilah 10 Tempat Terpanas di Bumi
Rub Al-Khali

Merupakan paparan gurun pasir terluas di dunia. Luas Rub’ al Khali sekitar 1/3 Jazirah Arab terdiri dari negara Saudi Arabia, Oman, Yaman dan Uni Emirat Arab. Suhu di daerah ini sangat panas dan kering, tercatat pernah mencapai suhu terpanas sekitar 133 derajat Fahrenheit atau sekitar 56,1 derajat Celcius dengan curah hujan tahunan kurang dari 1,2 inci.

Wilayah ini juga tidak ramah bagi manusia sehingga tidak pernah dilewati hingga Februari 2013 dimana sebuah tim dari Afrika Selatan berhasil melintasinya.

7. Kebili, Tunisia

Inilah 10 Tempat Terpanas di Bumi
Kebili, Tunisia

Merupakan sebuah oase gurun di Tunisia bagian tengah yang ironisnya merupakan tempat dimana orang-orang melarikan diri dari panasnya Afrika Utara. Setidaknya disini terdapat pohon-pohon palem untuk berteduh dan air untuk mendinginkan tubuh. Daerah ini tercatat pernah memiliki suhu terpanas yaitu lebih dari 130 derajat Fahrenheit atau sekitar 55 derajat Celcius, yang merupakan suhu tertinggi di Afrika yang pernah tercatat.

Orang-orang telah tinggal disini hampir selama manusia modern telah berjalan di Bumi. Ada bukti yang menunjukan bahwa Kebili tidak pernah dihuni sekitar 200.000 tahun yang lalu.

8. Timbuktu, Mali

Inilah 10 Tempat Terpanas di Bumi
Timbuktu, Mali

Sejarah Timbuktu sangat kaya dan bertingkat. Merupakan wilayah yang terletak di persimpangan jalur perdagangan Sahara kuno, sebuah kota dimana pernah menjadi pusat beasiswa dan pusat penyebaran Islam di seluruh Afrika. Meskipun masih memiliki jumlah penduduk yang stabil dan koleksi terbaik dunia berupa manuskrip-manuskrip kuno, Timbuktu perlahan-lahan diambil alih oleh gurun Sahara.

Daerah ini seringkali terkubur oleh pasir yang terbawa angin. Suhu juga dapat tiba-tiba melonjak dan tercatat pernah mencapai 130 derajat Fahrenheit atau sekitar 54 derajat Celcius. Berita baiknya, sungai Niagara yang berair dingin hanya berjarak sekita 15 mil saja.

9. Tirat Zvi, Israel

Inilah 10 Tempat Terpanas di Bumi
Tirat Zvi, Israel

Tirat Zvi merupakan sebuah kibutz relijius di Israel yang terletak di Lembah Beit She’an, 722 kaki dibawah permukaan laut. Meskipun kedekatannya dengan Sungai Jordan dapat membuat wilayah ini subur, lembah ini dapat terpukul oleh matahari saat bulan-bulan di musim panas.

Pada bulan Juni 1942 tercatat wilayah ini pernah meraih suhu tertinggi atau terpanas yang pernah terukur di Asia yaitu 129 derajat Fahrenheit atau sekitar 53,89 derajat Celcius. Agar terhindar dari panas, para penduduk sering membenamkan diri di kolam-kolam renang dan setiap rumah dikelilingi kanopi untuk menaungi.

10. Dallol, Ethiopia

Inilah 10 Tempat Terpanas di Bumi
Dallol, Ethiopia

Kota yang terletak di Afar Depression ini pernah memiliki suhu tahunan tertinggi atau terpanas rata-rata yang pernah tercatat. Dari 1960 hingga 1966, daerah ini memiliki suhu rata-rata 94 derajat Fahrenheit atau sekitar 34,4 derajat Celcius yang suhu sehari-harinya dapat mencapai lebih dari 100 derajat Fahrenheit.

Dallol tidak pernah istirahat dari panas sepanjang tahun. Pada tahun 1960an daerah ini merupakan daerah tambang, berbeda dengan keadaannya kini yang menjadi kota hantu. Daerah ini juga aktif secara vulkanik, sehingga panas yang didapat berasal dari setiap penjuru yaitu matahari dan bawah bumi.

Itulah 10 wilayah yang memiliki suhu terpanas di dunia. Bagaimana dengan negeri kita tercinta? Sebagai negara yang terletak di wilayah tropis, Indonesia pernah tercatat memiliki suhu terpanas sekitar 29 hingga 34 derajat Celcius.

jangan kabur begitu aja gan
Hargai Usaha TS dengan

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star
atau
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)
sumber
0
3.7K
35
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.