Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

p0congkaskusAvatar border
TS
p0congkaskus
Lima Cara Membuat Diri Lebih Bahagia



Pernahkah Anda mendengarkan ungkapan “bahagia itu sederhana, duduk santai di pinggir pantai” atau “bahagia itu sederhana, makan siang dengan keluarga di teras rumah” bisa juga “bahagia itu sederhana, ketemu sahabat SD” dan lainnya dengan cara masing-masing. Ya setiap orang pasti memiliki caranya masing-masing untuk menemukan kebahagiaannya sendiri.

Menurut penelitian terbaru, kunci kebahagiaan adalah tahu ke mana arah melihat. Sejak usia muda, kita seperti dipatenkan untuk memiliki tujuan yang tinggi, mencari kepuasan dalam pekerjaan yang lebih baik, prestasi baru, dan keberhasilan lebih lanjut. Namun, terkadang tujuan-tujuan ini membuat kita tertekan.

Peneliti, Dr Raj Raghunathan menyatakan jika kita terdorong, mungkin hal itu akan membuat kita bertahan. Penelitiannya menunjukkan bahwa seharusnya orang sukses dan 'cerdas' tidak membuat pilihan hidup yang mengarah pada kebahagiaan. Dia menyadari saat ia reuni, yang terlihat lebih adalah pada prestasi seperti, promosi pekerjaan, kenaikan gaji, liburan mewah dan rumah yang lebih besar.

Hal inilah yang kemudian membuatnya meneliti sifat psikologis tertentu, seperti rasa ingin mengontrol, merasa penting, dibutuhkan, dan diinginkan, adalah hal-hal yang bisa membuat kesejahteraan hidup kita. Raghunathan pun akhirnya mengidentifikasikan lima hal yang dapat memiliki pengaruh besar pada kesejahteraan kita, dan semuanya berada dalam kendali kita.

Berikut ke lima hal tersebut, dilansir Guardian.

1. Jangan mengejar kebahagiaan
Lebih kepada menyeimbangkan, ketimbang mengejar kebahagiaan. Perbedaannya sangat penting, banyak dari kita percaya teori, bahwa cerdas dan menghasilkan uang itu penting dan di atas segala-galanya. Namun, pada kenyataannya, kita mengorbankan kebahagiaan untuk hal-hal lain.

Langkah pertama adalah mengakui apa yang membuat Anda bahagia, seperti berkumpu dengan teman-teman, mengunjungi pedesaan, bisa tidur cukup. Apapun itu, buatlah daftarnya dan prioritaskan pada hal-hal itu

2. Bertanggung jawab
Jangan pernah menyalahkan orang lain atas ketidakbahagiaan Anda. Katakan pada diri Anda, bahwa itu semua ada di tangan Anda sendiri, apapun hasilnya. Kita memiliki kekuatan dan kemampuan untuk mengendalikan pikiran dan perasaan kita sendiri, terlepas dari apa yang terjadi di luar diri kita. Mengendalikan diri sendiri adalah kebebasan dan akan membuat Anda merasa lebih bahagia.

Cara paling ampuh untuk mengendalikan diri adalah memiliki gaya hidup sehat. Mulailah dengan merawat diri sendiri, menjadi sedikit lebih aktif setiap hari, makan buah lebih banyak, sadari bahwa kegiatan fisik membuat Anda merasa lebih dan membuat hal itu sebagai bagian dari rutinitas.

3. Jangan membandingkan
Jika Anda menginginkan kebahagiaan dengan merasa lebih dari orang lain, maka itu akan membuat Anda semakin frustrasi. Bahkan, jika Anda berpikir dapat mengerjakan lebih baik daripada rekan-rekan Anda, cepat atau lambat, akan ada seseorang yang menyalip Anda. Jika tidak, usialah yang akan mengejar Anda.

Perbandingan dapat memotivasi diri, juga merupakan salah satu cara menipu diri sendiri tentang sukses adalah berpikir “Aku akan menjadi yang terbaik di dunia, di kelas, dan di kantor.” Tapi Anda akan mentok di 'tiang gawang' yang terus bergeser, hingga pada akhirnya Anda tidak akan bisa menang.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengukur diri terhadap orang di sekitar. Sadar akan sifat merusak itu dan lebih ramah kepada diri sendiri. Semakin sedikit Anda membandikan, Anda akan semakin bahagia.

4. Mengalir saja
Sebagian besar sudah menjalaninya walau mungkin tak sebanyak yang kita inginkan. Pengalaman yang membuat kita lupa waktu saat mengalaminya.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah lakukan apa yang paling membuat kita bahagia. Lihatlah apa yang pandai Anda lakukan, dan yang tidak ada pada diri Anda. Bisa menulis, berpergian, memasak, olahraga, dan sebagainya. Buatlah daftar dan jadikan itu rutinitas.

5. Percaya orang asing
Semakin kita percaya pada orang yang tidak kita kenal, akan membuat kita semakin bahagia. Negara-negara dan masyarakat paling bahagia adalah mereka yang merasa bisa percaya pada warga sekitar. Percaya pada orang asing adalah indikasi Anda percaya pada kehidupan secara umum.

Langkah pertamanya adalah mulailah dengan menjadi lebih terbuka, berbicara dengan satu orang asing setiap hari di toko, tempat kerja. Fokus pada aspek positif dari berbicara dengan orang yang Anda tidak kenal tanpa takut Anda tak dapat mempercayai mereka.


SUMBER : http://www.palingutama.com/2016/05/l...h-bahagia.html
0
1.7K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.