Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cautionzAvatar border
TS
cautionz
Koin Kuno Arab gambar burung Ababil
Permisi para suhu,

begini kronologisnya, Ane memiliki sebuah koin kuno aksara Arab. Koin ini sudah Ane miliki sejak tahun 2004 hingga sekarang. tapi sampai saat ini Asal-usul dan nilai sejarah dari koin ini belum bisa ane ungkap. Di Internetpun ada beberapa yang memilikinya namun sama kaya ane, gak tau tentang koin ini lebih jauh.

Disini ane mohon untuk diberi pencerahan, berbagi info mengenai koin ini. Bagi suhu yang mau menerawang koin ini juga ane persilahkan.





Deskripsi :

Memiliki ketebalan sekitar 0,4 cm, dengan diameter tengah kurang lebih 3,7 cm dan sepertinya terbuat dari bahan kuningan. (waktu ane bawa ke tukang emas, dibilang ada kandungan emasnya)
Sisi 1: bertuliskan aksara huruf arab “ababil” dibawah tulisan tersebut terukir gambar “Burung Ababil” yang sedang terbang. Sepertinya diukir sedang terbang diatas Ka’bah.
Sisi 2: berukir gambar bulan sabit dengan tiga bintang. ada bacaan Doa Selamat : ALLAHUMA INNA NASALUKA SALAMATAN FID DIN, WA ZIYADATAN FI ILMI , WABAROKATAN FI RIZKI WA TAUBATAN QABLAL MAUT, WA RAHMATAN WA MAGHFIROTAN.

Ada yang bilang ini koin dari abad 17, jaman arab sebelum kerajaan arab yg sekarang. dibuat di Kota Diriyah, yang sekarang jadi cagar budaya UNESCO.

Demikian penjelasan dari Ane, mohon pencerahannya gan. saling berbagi info aja hehe makasih gan

0
18.2K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.