Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

monyetberuk1.0Avatar border
TS
monyetberuk1.0
Usulan Cabor Baru di Asian Games Belum Diputuskan
TEMPO.CO, Jakarta - Rapat Komite Koordinasi (Corcom) Asian Games 2018 di Badung, Bali, Rabu, belum memutuskan cabang olahraga usulan dari tuan rumah Indonesia.

Keputusan belum bisa diambil karena karena menunggu kepastian masuknya cabang olahraga baseball/softball di Olimpiade 2020 di Jepang, kata Ketua KOI Erick Thohir usai rapat Corcom keempat.

"Untuk cabang olahraga usulan Indonesia baru akan diputuskan Corcom kelima nanti yang rencananya akan dilakukan September nanti. Untuk cabang olahraga lain dan venue-nya sudah fix," katanya.

Menurut dia, dengan menunggu hasil keputusan masuknya baseball/sofball ke olimpiade, Indonesia jelas sangat diuntungkan karena akan berpeluang lebih banyak memasukkan cabang olahraga usulan tuan rumah. Selama ini Indonesia hanya mendapatkan satu slot.



"Jika sebelumnya hanya mendapatkan satu slot, untuk kedepan kita berpeluang bisa memasukkan dua hingga tiga cabang olahraga. Kita tunggu setelah Olimpiade Rio," katanya menambahkan.

Dengan adanya peluang ini, ada lima cabang olahraga yang menjadi prioritas untuk dimasukan yaitu water ski, bridge, paragliding, jetski dan roller sport. Sebelum Corcom keempat ini hanya tiga yang diusulkan yaitu jetski, bridge dan paragliding.

Sedangkan untuk cabang olahraga lainnya yaitu cabang olimpiade dan regional sudah tidak ada permasalahan. Bahkan, venue atau lokasi pertandingannya juga sudah ditetapkan pada Corcom keempat yang dihadiri oleh semua pemangku kepentingan termasuk Dewan Olimpiade Asia (OCA).

Cabang olahraga yang digelar di Palembang diantaranya adalah basket, menembak, triathlon, rowing, bola voli, kano/kayak, sepak bola, tenis, sepak takraw, sport climbing dan bowling. Khusus untuk bowling merupakan cabang baru karena sebelumnya akan dipertandingkan di Jakarta.

Untuk yang dipertandingkan di wilayah Jakarta dan sekitarnya diantaranya panahan, berkuda, senam, modern pentathlon, renang, tinju, anggar, handball, tenis meja, atletik, final sepak bola putra, hocky, rugby, taekwondo, angkat besi, bulu tangkis, sepeda, golf, judo, layar, gulat, martials arts, kabaddi, kriket, squash dan baseball/softball.

"Ada beberapa cabang olahraga yang babak penyisihannya dilakukan di Jakarta dan Palembang, seperti sepak bola. Namun, untuk sepak bola putri penyisihan hingga final dilaksanakan di Palembang," kata pria yang juga Presiden klub Inter Milan itu.

Sementara itu Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Gatot S Dewa Broto mengatakan dengan sudah adanya penetapan khusus cabang olahraga utama dan lokasi pertandingannya, pihaknya akan bergerak cepat agar tidak terjadi perubahan.

"Setelah ini kami akan melapor ke Pak Menpora terkait hasil Corcom. Dan selanjutnya hasil ini akan dikunci dengan peraturan menteri," katanya usai Corcom yang juga dihadiri perwakilan dari Satgas Infrastruktur Asian Games 2018.

Meski cabang usulan tuan rumah belum diputuskan, pihak OCA sangat mengapresiasi persiapan Indonesia. Hal tersebut disampaikan langsung Wakil Presiden OCA, Tsunekazu Takeda. Dalam pertemuan tersebut, pria asal Jepang itu mengaku terjadi diskusi yang menarik terkait perkembangan persiapan Asian Games 2018.

https://m.tempo.co/read/news/2016/05/11/103770197/usulan-cabor-baru-di-asian-games-belum-diputuskan

ehem, balap F1 gak ada yaaaa?
0
937
7
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.