Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

solit4ireAvatar border
TS
solit4ire
[PIC] Bercorak Palu Arit, Ikan Louhan Ditangkap Aparat TNI dan Polri. Masuk BBC
Bercorak Palu Arit, Ikan Louhan Ditangkap
09 Mei 2016 at 23:14 WIB

[PIC] Bercorak Palu Arit, Ikan Louhan Ditangkap Aparat TNI dan Polri. Masuk BBC
Warga Yogyakarta geger dengan penangkapan ikan louhan yang di tubuhnya ada corak PKI yakni palu arit. Benar kah? | Via: Agan Harahap

Bintang.com, Jakarta Hari ini, Senin 9 Mei 2016 merupakan hari lahir Partai Komunis Indonesia (PKI) ke-102. Berbagai isu kebangkitan PKI pun mengemuka yang membuat resah masyarakat. Keresahan masyarakat bisa dimaklumi, karena beberapa tahun ke belakang sudah diperlihatkan dengan beberapa kenyataan jika banyak oran yang berani menggunakan kaus berlambang palu arit yang berkaitan dengan PKI.

Menghadapi isu yang meresahkan tentang kebangkitan PKI, Polri melalui pimpinan tertingginya, Jendral Badrodin Haiti meminta agar masyarakat tidak terprovokasi dengan isu kebangkitan PKI. Meski begitu, Polri dan TNI yang berperan sebagai alat negara yang berperan memelihara dan ketertiban masyarakat tetap waspada dengan melakukan aksi nyata, salah satunya mengamankan pemilik toko yang menjual kaus berlambang palu dan arit di kawasan Blok M Square , Minggu (8/5).

Pemuda yang mengenakan kaos merah bergambar palu arit diperiksa di Unit Intel Kodim 1426/Takalar, Sulawesi Selatan. (Liputan6.com/Eka Hakim)

Isu kebangkitan PKI ini juga ditanggapi netizen dengan akun facebook Agan Harahap. Dia membuatnya menjadi satir lewat sebuah berita yang seakan nyata.

Padahal, itu adalah kreativitas dirinya dalam menulis dan mengedit foto. Agar terkesan nyata, Agan Harahap dalam judul berita “Seekor Ikan Berlogo PKI diamankan Polisi” memakang gambar ikan Louhan yang di bagian kepalanya terdapat pola guratan yang mirip dengan palu arit.

Berikut status yang ditulis oleh Agan Harahap menyerupai berita beneran.

Tim aparat gabungan Polres Bantul dan Intelgab Kodam Jaya berhasil mengamankan seekor ikan jenis louhan yang memiliki corak menyerupai palu arit di kepalanya. Ikan louhan tersebut dijual di sebuah kios di PASTY (Pasar Hewan Dan Tanaman Hias Yogyakarta) Jalan raya Bantul.

Melalui keterangannya, pihak Kepolisian melaporkan bahwa penjual dan pemilik ikan lohan yang berinisial AH itu telah digelandang ke kantor polisi untuk diamankan dan dimintai keterangan. Pihak Kepolisian juga menambahkan bahwa saat ini sedang dilakukan penyelidikan intensif terkait dengan dugaan makar. Dalam penangkapan ini, tim gabungan juga berhasil mengamankan barang bukti berupa enam ekor ikan dan tanaman hias yang diduga memiliki corak serupa.

Berdasarkan keterangan saksi, Itta (30 tahun), ikan louhan bercorak logo PKI itu sudah menjadi buah bibir di kalangan masyarakat sejak ikan tersebut dijual sejak kurang lebih sebulan yang lalu.

Sementara menurut Zulfansyah Purbandono, tokoh pemuda yang juga turut serta dalam penggerebekan tersebut mengatakan, bahwa warga Yogyakarta tidak akan mentolerir segala bentuk upaya kebangkitan komunis yang akan menghancurkan Pancasila sebagai satu-satunya dasar negara.

http://www.bintang.com/lifestyle/rea...uhan-ditangkap


Cerita di balik 'penangkapan ikan Louhan berlogo PKI'
Christine Franciska l @cfranciska
Wartawan BBC Indonesia

[PIC] Bercorak Palu Arit, Ikan Louhan Ditangkap Aparat TNI dan Polri. Masuk BBC
"Berdasarkan keterangan saksi, Itta (30 tahun), ikan louhan bercorak logo PKI itu sudah menjadi buah bibir di kalangan masyarakat sejak ikan tersebut dijual sejak kurang lebih sebulan yang lalu," tulis Agan Harahap di Facebooknya.

#TrenSosial: Pesan itu muncul Senin (09/05) malam, beredar di grup-grup WhatsApp dan dibagikan oleh kawan-kawan di Facebook, Twitter, dan jejaring sosial lain. Isinya membuat orang mengernyitkan mata, heran, dan tak percaya: Seekor Ikan Berlogo PKI Diamankan Polisi.

Komunis atau lambang palu arit memang sedang ramai diberitakan. Sejumlah acara - seperti Pesta Sastra ASEAN di Jakarta dan pemutaran film Pulau Buru Tanah Air Beta di Yogyakarta - mendapat tekanan karena dianggap 'berbau' komunis. Akhir pekan lalu, kepolisian menangkap pedagang kaos di kawasan Blok M karena menjual kaus berlambang palu arit - simbol yang sering dikaitkan dengan Partai Komunis Indonesia dan secara hukum masih dilarang penggunaannya.

Tapi... apakah ikan yang tidak bersalah juga harus ditangkap? Apa betul dia ikan milik PKI?

Berita baiknya (terlebih bagi Anda penyayang binatang), cerita penangkapan ikan louhan itu adalah karangan belaka dan simbol palu arit yang nongol di dahinya juga direkayasa.

Adalah seniman kontemporer Yogyakarta Agan Harahap, yang dikenal dengan kemahiran edit foto, yang berada di balik cerita palsu itu. Dia pertama kali mengunggah kisah ikan PKI ini di Facebook milikinya, yang hingga kini telah dibagikan lebih dari 3.400 kali.

"Tim aparat gabungan Polres Bantul dan Intelgab Kodam Jaya berhasil mengamankan seekor ikan jenis louhan yang memiliki corak menyerupai palu arit di kepalanya. Ikan louhan tersebut dijual di sebuah kios di PASTY (Pasar Hewan Dan Tanaman Hias Yogyakarta) Jalan Raya Bantul," tulis Agan disertai dengan foto ikan louhan.

Kepada BBC Indonesia, Agan mengaku menciptakan cerita itu karena jengah dengan sentimen anti-komunis yang dianggap berlebihan. "Kemarin di Jogja film Pulau Buru Tanah Air Beta digruduk ormas, kemarin pemilik toko kaos itu ditangkap, saya pikirnya kalau film udah, kaos udah, sekarang apa lagi?"

[PIC] Bercorak Palu Arit, Ikan Louhan Ditangkap Aparat TNI dan Polri. Masuk BBC
Agan Harahap (kiri) merekayasa banyak foto, termasuk foto dirinya dengan petinju terkenal Filipina, Manny Pacquiao.

"Saya melihat isu ini [anti-komunisme] sebagai orang luar yang tidak ada keterlibatan apapun di sana. Karena itu saya mengambil cerita ikan, membiarkan ikan sebagai sosok tertuduh..." jelas Agan sambil tertawa.

Cerita karangan dengan foto ikan editan itu kemudian juga menyebar ke forum-forum online dan sejumlah situs. Sebagian orang menertawakannya dan ikut berkomentar jahil. "Bahaya laten ini! Pasti nih ikan keturunan DN. Aidit! Sekap!!!" kata satu pengguna. Lainnya mengatakan, "kenapa ikan itu bisa senekad itu? Harus dicari dalangnya."

Walau banyak yang menganggap ini adalah lelucon, Agan menilai cerita palsu itu memiliki maksud yang lebih serius. "Ini adalah bagian dari tugas seniman, menangkap fenomena yang terjadi di sekitarnya, menuangkannya, sehingga memiliki azas manfaat ke orang-orang di sekitarnya," jelas Agan.

Unggahan itu, menurut Agan, juga dimaksudkan sebagai upaya 'mencerdaskan bangsa' - untuk memicu sikap kritis karena tidak semua hal yang ada di media sosial benar adanya.

Menkopolhukam Luhut Pandjaitan, dikutip sejumlah laporan, menegaskan bahwa pemerintah akan menindak semua pihak yang terbukti menyebarkan paham komunis di Indonesia, namun mengatakan isu atribut PKI (termasuk lambang palu arit) tidak perlu ditanggapi berlebihan.
Hingga berita ini diturunkan, belum ada tanggapan apapun dari ikan louhan terkait tuduhan penggunaan lambang PKI di dahinya tersebut.
http://www.bbc.com/indonesia/majalah...osial_ikan_pki

----------------------------

Ikan subversif!
Tangkap ...


emoticon-Big Grin


tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
4K
13
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.2KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.