Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kurt.cob41nAvatar border
TS
kurt.cob41n
Mahfud MD: Pak Saut Harus Meminta Maaf Lima Hari Berturut-turut


JAKARTA, KOMPAS.com — Koordinator Presidium Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Mahfud MD mengatakan, dirinya menghormati proses hukum yang sedang berjalan terkait pernyataan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang yang menjelekkan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di sebuah acara diskusi televisi swasta.

"Ketika peristiwa itu terjadi, saya sedang umrah. Sore ini barusan saya mendarat. Secara kelembagaan sudah diambil keputusan oleh KAHMI nasional, yaitu diselesaikan secara prosedur hukum yang berlaku," ujar Mahfud saat dihubungi Kompas.com, Selasa (10/5/2016).

Mahfud mengatakan, KAHMI telah melaporkan Saut kepada kepolisian, dan proses itu akan terus berlanjut. Di dalam laporan tersebut, permintaan maaf yang dilakukan Saut harus secara spesifik sebagaimana yang diminta dalam laporan.

"Kalau tidak salah, dalam butir laporannya kan Pak Saut harus meminta maaf selama lima hari berturut-turut secara resmi di media nasional. Artinya, bukan permintaan maaf yang sekadar ucapan biasa, melainkan resmi dan khusus untuk meminta maaf soal pernyataannya kepada HMI di televisi waktu itu," lanjut Mahfud.

(Baca: Aksi Ricuh Tentang Saut Situmorang, HMI Rusak Fasilitas Umum dan Papan KPK)

Namun, Mahfud belum bisa berkomentar jika nantinya Saut bersedia memenuhi tuntutan KAHMI untuk menyatakan permintaan maaf secara resmi selama lima hari berturut-turut di media nasional.

"Sesuai tradisi, ketika pimpinan tak ada, maka akan diambil keputusan kolektif. Saya masih harus bertemu teman-teman untuk membahasnya nanti malam jika nantinya Pak Saut memenuhi tuntutan yang dilayangkan KAHMI," kata Mahfud.

Saut sendiri telah meminta maaf kepada Pengurus Besar HMI dan Korps Alumi HMI (KAHMI) terkait pernyataannya dalam acara talkshow di salah satu televisi swasta, Kamis (5/5/2016).

"Saya mohon maaf atas pernyataan saya. Sekali lagi, saya mohon maaf atas pernyataan saya," kata Saut saat jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Senin (9/5/2016).

(Baca: Saut Situmorang Minta Maaf kepada Keluarga Besar HMI)

Saut mengaku tidak bermaksud menyinggung HMI ataupun lembaga lainnya. Ia merasa ada kesalahpahaman atau persepsi. Untuk itu, KPK akan melakukan pertemuan dengan pimpinan HMI untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Diharapkan, ke depan, HMI bisa menjadi mitra KPK dalam pemberantasan korupsi.
http://nasional.kompas.com/read/2016...Berturut-turut
Semapud md emoticon-Recommended Seller
Setuju Pak Saut harus minta maaf 5 kali, karena KPK telah menjebloskan 5 alumni : 1. Anas U, 2. Andi M 3. Waode 4. Abdulah Puteh dan 5. Akil M


Mahfud MD: Ini Murni Urusan HMI dengan Pak Saut, Bukan HMI dengan KPK



JAKARTA, KOMPAS.com - Koordinator Presidium Majelis Nasional Korps Alumni HMI (KAHMI) Mahfud MD mengatakan konflik yang terjadi antara HMI dan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang sama sekali tak ada hubungannya dengan KPK.

"Ini murni urusan HMI dengan Pak Saut, bukan HMI dengan KPK, jadi KPK tetap harus didukung," ujar Mahfud saat dihubungi Kompas.com, Selasa (10/5/2016) sore.

Dia berharap publik tidak menangkap yang sebaliknya.

"Jangan sampai yang tertangkap malah perseteruan antara HMI dan KPK, tidak sama sekali, tidak begitu," lanjut Mahfud dalam sambungan telepon.

Mahfud menambahkan saat ini dirinya bersama Majelis Nasional KAHMI masih akan membahas kelanjutan kasus tersebut.

(Baca: Mahfud MD: Pak Saut Harus Meminta Maaf Lima Hari Berturut-turut)

Karena baru tiba Selasa (10/5/2016) sore ini dari ibadah umrah di Mekah, dia merasa perlu berkoordinasi terlebih dahulu dengan anggota Majelis Nasional KAHMI.

"Malam ini saya ketemu teman-teman untuk membahas kelanjutan kasus ini, saya belum bisa berkomentar lebih jauh," tutur Mahfud.

Sebelumnya dalam diskusi di salah satu televisi swasta, Saut mengatakan," ... karakter integritas bangsa ini sangat rapuh. Orang yang baik di negara ini jadi jahat ketika dia sudah menjabat. Lihat saja tokoh-tokoh politik, itu orang-orang pintar, orang-orang cerdas..."

(Baca: Saut Situmorang Minta Maaf kepada Keluarga Besar HMI)

"Saya selalu bilang, kalau di HMI dia minimal ikut LK1. Lulus itu dia anak2 mahasiswa, pintar. Tapi begitu jadi menjabat, dia jadi jahat, curang, ini karena apa? Karena saya bilang sistem belum jalan. Artinya apa? Adapun peraturan-peraturan itu tidak pernah kita jalankan....," tambah dia.

KAHMI kemudian menuntut permintaan maaf dan meminta Saut menarik pernyataannya.
http://nasional.kompas.com/read/2016...MI.dengan.KPK.

kesalahan SAUT hanya 1, dia ga menyadari kalau mayoritas elit parpol dan ormas adalah MUNAFIK. kalau dia sadar seharusnya dia ingat untuk menambahkan kata "OKNUM" didalam kalimatnya.
Kita tunggu "revenge" saut kpd kader hmi emoticon-Ngakak
0
2.5K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.6KThread41.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.