Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lecel.deeviAvatar border
TS
lecel.deevi
[Kimpoi] Promosi Indonesia di Tengah Pernikahan Syahdu Staf KBRI dan Gadis Suriah
Damaskus - Wilayah Suriah masih dilanda krisis. Namun itu tak menghalangi dua insan yang memadu kasih untuk menikah. Bahkan, masih ada kesempatan untuk mempromosikan Indonesia di tengah momen bahagia tersebut.

Acara pernikahan antara staf Kedutaan Besar Republik Indonesia di Damaskus Munawar Juanan Raden dan gadis cantik asal Suriah Douha Muawiyah Kharraji, menjadi perbincangan hangat di media sosial. Keduanya mengucapkan akad nikah dan menggelar resepsi di kantor KBRI di Damaskus.

Momen bahagia itu berlangsung pada Selasa (3/5) lalu, dan dihadiri oleh Duta Besar RI di Damaskus Djoko Haryanto , seluruh staf KBRI, para mahasiswa, keluarga dari masing-masing kedua mempelai, masyarakat Indonesia, sejumlah warga Suriah, dan sejumlah warga asing non-Suriah. Pasangan pengantin mengenakan pakaian adat Indonesia.
Dalam rilis resmi yang diterima detikcom, Dubes Djoko mengatakan, meskipun di tengah keterbatasan akibat krisis berkepanjangan yang melanda Suriah, KBRI Damaskus mencari cara untuk tetap mempromosikan Indonesia di Suriah. Salah satu caranya lewat resepsi pernikahan tersebut.

Para pengantin memakai baju adat Betawi. Tak hanya itu, aula KBRI Damaskus dihias dengan dekorasi khas pernikahan Indonesia dan seluruh pengisi acara/panitia dari Perhimpunan Pelajar Indonesia mengenakan pakaian adat Nusantara.

"Diharapkan dengan menghadiri dan menyaksikan secara langsung resepsi pernikahan ala Indonesia, para warga Suriah dan warga asing non-Suriah semakin mengenal pakaian khas, adat istiadat, dan kearifan lokal Indonesia secara halus," ujar Dubes Djoko.

Acara berlangsung khdmat dan meriah, dibuka dengan pembacaan ayat-ayat suci al-Quran, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI), atas nama staf KBRI Damaskus, atas nama keluarga dari kedua mempelai, nasihat pernikahan oleh Dubes RI Damaskus, dan selanjutnya ditutup dengan sambutan singkat dan doa untuk kedua mempelai oleh Dr. Abdul Salam Rajih, wakil Pimpinan Perguruan Mujamma Syeikh Ahmad Kuftaro/mantan anggota parlemen Suriah, yang juga merupakan guru mempelai pria.

Acara resepsi ditutup dengan pemberian selamat dari seluruh hadirin, hiburan, dan foto bersama kedua mempelai, keluarga, undangan; lalu ramah tamah di aula KBRI Damaskus.

Dalam pernikahan itu, Munawar memberikan mahar berupa hafalan Quran dan hadist. Menurut salah seorang staf KBRI, mahar itu adalah salah satu syarat yang diajukan oleh ayah dari pengantin wanita. "Hafal Quran dan 300 hadits," ucap salah seorang staf di KBRI Damaskus.

Diubah oleh lecel.deevi 08-05-2016 05:41
sebelahblog
anasabila
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
3.3K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.2KThread11KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.