kucrit29Avatar border
TS
kucrit29
Trip ke Ujung Genteng-Sukabumi dari Tasikmalaya via Cipatujah-Pameungpeuk


Agan dan Aganwati semua, selamat datang di thread Ane
Semoga jangan bosan mampir di catatan perjalanan Ane ke tempat-tempat wisata alam
Ditunggu komentar dan ijonya ya kalo berkenan


emoticon-Requestemoticon-Request emoticon-Request
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)



Tulisan ini udah Ane posting di blog pribadi sebelumnya di Perjalanan Panjang ke Ujung Genteng-Sukabumi


Rencana rute dibuat pake mapsource


Akhirnya jadi juga pergi ke Ujung Genteng. Perjalanan dimulai dari Tasikmalaya hari Kamis tahun baru ini (1 Januari 2015). Rencana rute Tasikmalaya-Cipatujah-Pameungpeuk-Sindangbarang-Agrabinta-Surade-Ujung Genteng. Berdasarkan perhitungan jarak perjalanan menggunakan map source sekitar 311 km dengan waktu tempuh sekitar 5 jam 12 menit. Namun nampaknya gak mungkin deh dapat nyampe dengan waktu sekian hehehe ....

Prakiraan cuaca nampaknya masih berawan dan hujan di sepanjang hari, paling tidak itu diperoleh dari peta awan dan curah hujan BMKG.

Spoiler for Prakiraan cuaca BMKG Jabar Selatan 1 Januari 2015:


Dari ketiga citra tadi, nampaknya perjalanan tidak akan mendapat langit biru atau cuaca cerah. Tetapi semoga cerah lah, minimal di perjalanan sampai ke tujuan.

Dan benar aja, ketika perjalanan sampai ke Cipatujah, langit masih nampak berawan.

Spoiler for Cipatujah berawan:


Setiap tempat tetap saja masih ada tempat menarik untuk disinggahi. Ketika perjalanan kali ini pun saya sarapan di pantai Bubujung (S7.73190 E107.92369). Tempatnya tidak jauh dari Pantai Cipatujah.


Salah satu spot di Pantai Bubujung


Tidak jauh dari Pantai Bubujung terdapat spot motret yang bagus berupa jejeran pohon Ketapang (S7.73121 E107.92158) di pinggir pantai. Nampak indah karena berada antara laut dengan semacam danau bekas galian pasir besi.


Foto beberapa waktu lalu ketika melakukan perjalanan nekat pake sedan



Deretan pohon Ketapang (Terminalia catapa) di tepi pantai


Secara umum, kondisi jalan antara Tasikmalaya sampai ke Ujunggenteng berkondisi baik. Hanya beberapa titik saja yang kondisinya banyak lubang (S7.71588 E107.91674, S7.69636 E107.89509, S7.68711 E107.88272, S7.58833 E107.62450, S7.50160 E107.42159, S7.49198 E107.42105) dan satu titik rusak parah. Tetapi kondisi ini bisa dikalahkan dengan pemandangan yang bisa dinikmati sepanjang perjalanan.

Sepanjang perjalanan akan disuguhi pemandangan yang sangat indah. Pemandangan variasi antara pegunungan, sawah, sungai, pantai, pepohonan dan geometri jalan yang indah.


View sekitar jembatan Cikandang



View sekitar jembatan Cikandang



View sekitar jembatan Cikandang


Semakin ke arah Barat, pemandanga semakin banyak yang bisa dilihat dan diabadikan.


View gabungan antara sawah, sungai dan laut.


Yang harus diperhatikan selama perjalanan ini adalah kecukupan ketersediaan BBM. Karena SPBU yang terlewati hanya ada di : Pameungpeuk, Sindangbarang, dan Surade. Jadi pastikan kalau memakai mobil ber-cc di atas 2000 cc, setiap SPBU diisi full, supaya tidak kerepotan di jalan. Dan ajaibnya, setiap SPBU yang saya singgahi selalu nampak antrian panjang, jadi bersabarlah hehehe ....

Spoiler for Antrian di SPBU Pameungpeuk:


Selain itu, karena ketiadaan PJU sepanjang perjalanan dan memperhatikan aspek keamanan, tidak disarankan perjalanan pada malam hari. Ketika kesorean, sebaiknya menginap saja di Sindangbarang. Ada beberapa hotel yang lumayan lah untuk melepas lelah, sebelum sampai ke Ujunggenteng. Karena waktu tempuh dari Sindangbarang ke Ujunggenteng masih di atas 4 jam dan melewati beberapa jalan jelek dan perkebunan karet dan hutan jati. Disarankan membawa radio komunikasi HF, karena radio VHF tidak ada yang dapat menjangkau dan sinyal HP minim sekali. Sebaiknya membawa beberapa HP dengan provider yang berbeda hehehe .. Jangan lupa mobile charger.

Meskipun perjalanan ketika tahun baru tepat 1 Januari 2015, tetapi susur pantai selatan ini tidak terganggu kemacetan seperti jalur utama. Akhirnya setelah menempuh perjalanan selama sekitar 8 jam, sampai juga ke Ujunggenteng. Sampai di Ujunggenteng disambut hujan, dan hujannya sampai besok pagi ....


Istirahat di depan pemondokan yang menghadap pantai



Sunset di depan pemondokan, sayang sekali tertutup mendung tebal


Nampaknya rute ini dapat menjadi alternatif berlibur bagi yang suka petualangan dan memotret.

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
0
20.1K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cerita Pejalan Domestik
Cerita Pejalan Domestik KASKUS Official
2.1KThread2.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.