Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mugianto1ndAvatar border
TS
mugianto1nd
Cara Termudah Melakukas Riset Persaingan Kata Kunci
Hallo Juragan / Juraganwati Kaskuser, numpang bikin Tread yang mungkin bisa membantu.

Spoiler for Say Wut?:


Cara yang akan saya bagikan ini terbilang sangat mudah, hasil dari riset keyword ini pun saya bisa katakan paling manjur (Menurut Saya), tapi mungkin ada yang masih bertanya, apa sih gunanya kita melakukan riset pada keyword ataupun kata kunci yang akan kita jadikan artikel Blog kita?

Jawabannya sangat simpel, biar artikel/konten kita bisa nongol dihalaman satu hasil penelusuran Google.


Dengan nongolnya konten ataupun artikel kita di halaman pertama mbah Google, Blog kita mempunyai banyak peluang untuk mendapatkan banyak pengunjung setiap harinya. Maka dari itu melakukan riset keyword adalah salah satu syarat penting untuk bisa eksis di hasil penelusuran Google.

Jangan sampai jika Blog kita sepi pengunjung nanti ujug-ujugnya jadi malas nge-Blog lagi deh, kan sayang sudah bikin capek-capek, gara-gara gak ada yang dateng ditinggalin begitu aja, kesian kan ^_^.

Tapi perlu diingat, riset keyword akan percuma tanpa dibarengi dengan isi konten yang berkualitas, dalam hal ini isi dari artikel kita harus mempunyai bobot di dalamnya, mempunyai banyak informasi yang dibutuhkan bagi para pembaca, karena itu wajib hukumnya bagi 'Sohib-M' membuat konten yang berkualitas.

Apa sih riset keyword itu?

Keyword jika diterjemahkan artinya adalah 'Kata Kunci' jadi riset kata kunci menurut EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) adalah sebuah bahasa/kata yang dilakukan penguncian untuk tujuan tertentu. Atau secara harfiah bisa kita katakan, kita mengunci sebuah ataupun beberapa kata/bahasa dengan sebuah maksud.

Dalam kasus kita biar lebih jelasnya keyword adalah sebuah kata ataupun kalimat yang sering diketikan orang banyak di dalam mesin pencarian kayak Google dan Bing. Jadi riset keyword adalah mencari kata kunci yang sering diketikan banyak orang di Google itu, untuk kita gunakan sebagai bahan konten kita.

Saya kasih contoh, jika saya ingin beli hp baru secara online, saya carinya di Google dengan mengetik 'Beli HP Murah', "Beli HP Second" ataupun "Beli HP Online". Nah ketiga contoh kata itulah yang akan kita cari dengan melakukan riset keyword untuk kita jadikan kata utama dalam artikel kita.

Kenali jenis-jenis keyword yang ada.

Sepengetahuan saya keyword banyak jenisnya namun ada 4 jenis keyword yang wajib kita tahu untuk memaksikalkan teknik SEO yang kita terapkan dalam Blog/Website kita. Apa saja keempat jenis keyword tersebut, berikut penjelasannya.

1. Keyword umum / baku.

Keyword yang satu ini bisa kita kategorikan dengan keyword Raja (Gw yang namain ^_^), kenapa bisa saya bilang keyword Raja? Karena keyword yang ini sangatlah sering digunakan, dan sangat sering diketikan di mesin pencarian Google.

Keyword macam ini sangat sulit untuk digunakan Blog ataupun Website baru untuk bisa mengangkat kontennya ke dalam halaman hasil pencarian Google dalam waktu singkat. Tapi bukan tidak bisa kita menggunakan ataupun mendapatkannya, karena butuh waktu dan banyak kerja keras untuk bisa bersanding dengan keyword yang satu ini.

Memperkokoh pondasi Blog merupakan syarat mutlak jika ingin bisa menggunakan keyword ini, dan salah satu cara memperkokoh pondasi Blog adalah mendapatkan Backlink yang berkualitas baik.




Spoiler for Apa saja contoh dari keyword umum itu? Berikut beberapa diantaranya::


2. Keyword tunggal.

Maksud dari tunggal ini adalah satu kata, dan ini bisa juga terbilang keyword raja, perlu pondasi yang kuat dalam Blog untuk bisa mematenkan kata kunci yang satu ini. Karena satu kata dari keyword atau kata kunci ini, bisa menjadi banyak topik dalam beberapa kata kunci.


Spoiler for Berikut adalah beberapa contoh dari kata kunci bersifat tunggal tersebut.:


Keyword semacam ini bisa menjadi apa saja tergantung dari sang pembuat konten/artikel, bisa jadi keyword Utama ataupun keyword terusan, semisal seperti ini: Kalian ingin menjual mobil secara cepat karena itu harganya diturunkan, jadi Keyword yang cocok untuk hal ini mungkin seperti ini

  1. Jual Mobil Murah.
  2. Mobil Dijual Murah


Alhasil beberapa kata kunci bisa masuk ke dalam sebuah title (Keyword Turunan) dari konten yang disajikan. Nah keyword utamanya ditentukan dari banyaknya kata kunci tunggal yang kalian tanamkan di dalam artikel ataupun konten tersebut.

3. Keyword turunan.

Pakar SEO biasa menyebut kata kunci ini dengan sebutan 'Long Tail Keyword' tapi karena saya adalah newbie ataupun pemula, saya memanggilnya dengan nama Keyword Turunan hehhee.

Seperti dijelaskan di atas, keyword ini terdiri dari beberapa kata kunci yang punya kaitan erat dengan isi dari kontennya. Singkat hal, keyword ini adalah keyword yang sesuai dengan kita para Pemula dalam dunia SEO-SEO-an. Mengapa?

Keyword macam ini tingkat persaingannya lebih rendah dari Keyword tunggal dan sudah bisa dipastikan akan sedikit lebih mudah bagi konten Blog kita untuk bisa tampil di hasil Google pencarian. Kekurangannya adalah, terlalu banyak kata kunci, maka dari itu akan lebih sedikit hasil pencarian Google yang terdirect ke situs kita.

4. Keyword masa.

Keyword Masa? Keyword yang saya golongkan sendiri ini bisa menjadi keyword yang tidak akan pernah menjadi sebuah 'Keyword abadi' atau bisa kita bilang keyword ini hanya bisa digunakan pada masa tertentu.

Kita ambil contoh keyword masa seperti di bawah ini:


Spoiler for Contoh Keyword Masa:


Apa kesamaan dari kedua contoh keyword di atas? Betul 'Waktu', keyword di atas menyematkan kata kunci yang besifat waktu. Namun kata kunci yang menyertakan 'Waktu' belum tentu adalah kata kunci masa, bisa jadi dia adalah kata kunci abadi.

Keyword masa bisa kita tentukan dari masa kegunaannya, di atas dituliskan kata kunci "Syarat" dan juga 'Baru', hal ini yang membuat kedua keyword di atas bisa kita masukan dalam kata kunci masa, karena setelah tanggal/tahun itu lewat, akan jarang sekali seseorang mencari kata kunci tersebut.

Berbeda dengan kata kunci waktu yang bersifat abadi seperti contoh di bawah ini:

Spoiler for Abadi:


Kedua kata kunci di atas pasti sudah taukan akan keluar hasil seperti apa? Bingung juga jelasinnya hehehhe.

Setelah sedikit kenal bebepa kata kunci di atas yuk 'Sohib-M' intip cara saya Riset Keyword Kata Kunci yang gak bikin pusing saat mencarinya.

A. Tentukan kata kunci tema utama.

Maksudnya di sini adalah, 'Sohib-M' mau tulis apa di artikel ataupun konten tersebut? Tentukan 1 sampai 3 kata kunci utama. Saya ambil contoh saya ingin menjual bunga kamboja (Ceritanya saya penjual bunga), jadi saya harus berfikir menjadi seorang pembeli, kata apa yang akan saya gunakan untuk mencari penjual bunga kamboja di Google?

Beli Bunga Kamboja.

Masukan kata kunci di atas, di pencarian Google (panah warna hitam) nanti akan ada hasilnya seperti di gambar ini:
Spoiler for gambar ilustrasi:


Kita langsung klik saja peringkat pertama hasil pencarian tersebut (panah warna merah), nanti kita masuk ke halaman itu Website seperti ini halamannya:

Spoiler for gambar ilustrasi:


Kenapa masuk ke halaman orang buat cari kata kunci? Buat nyontek hahahahah itu jawaban simpelnya, jadi klik lalu copy link halaman tersebut ya, taro di notepad atau apalah biar gak hilang.

Nah sekarang kita masuk ke GKP (Google Keyword Planner) kepunyaan Adwords: Menuju GKP, nanti tampilannya seperti ini:

Spoiler for gambar ilustrasi:


Langsung saja klik masuk (panah hitam) di pojok kanan atas bagi yang sudah punya akunnya, bagi yang belum bisa daftar dulu klik aja Buat akun (panah merah), pendaftarannya mudah ikutin aja langkah-langkahnya.

Nanti langsung saja klik tulisan 'Telusuri kata kunci baru menggunakan frasa, situs web, atau kategori ' (anak panah berwarna hitam). Nanti kolom baru akan terlihat seperti terlihat pada anak panah berwarna merah di bawah ini:

Spoiler for gambar ilustrasi:


Terima Kasih Atas perhatiannya ya Gan / Ganwati Kaskus
Salam Blogging.

Jangan lupa baca artikel terbaru saya tentang: Menuju Artikel Cara Membuat Artikel SEO & Users Friendly
Diubah oleh mugianto1nd 08-05-2016 08:13
0
2.3K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Website, Webmaster, Webdeveloper
Website, Webmaster, WebdeveloperKASKUS Official
23.3KThread4.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.