Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mugianto1ndAvatar border
TS
mugianto1nd
5 Langkah Penting Membuat Blog Berkualitas Tahap Perencanaan


Howdy 'Sohib-M' Apa Kabarnya?

Berjumpa lagi bersama saya Mugianto, pada kali ini kita akan melanjutkan pembahasan '5 Langkah Penting Membuat Blog Berkualitas' dengan sub-tema 'Perencanaan'. Dan kembali lagi saya harus mengingatkan, di sini saya tidak memberikan tutorial ataupun menggurui siapapun, saya hanya Berbagi pengalaman, yang pernah saya alami sebelumnya, dan tidak ada salahnya kan jika saya Berbagi pengalaman tersebut?

Satu pertanyaan penting sebelum kita melanjutkan pembahasan '5 Langkah Penting Membuat Blog Berkualitas'.

Apa itu Web Design? Atau dalam kasus kita, Apa itu Blog Design?

Jawabannya sangat mudah, menemukan ataupun mencari inspirasi, lalu mencoba merancangnya menggunakan aplikasi desain seperti Firework, Ilustrator, ataupun Photosop, sehingga membuat tampilan yang sangat menarik dan bagus, lalu kemudian mewujudkannya dengan mambangunnya di dalam sebuah Web Browser/situs benar?.

Tentu saja bukan, Web Design adalah seperti di bawah ini:
Spoiler for Jangan Dihina Ya:


Ya benar Puncak Gunung, Web Design adalah sebuah Puncak Gunung dan 'Sohib-M' berada di sana.
Namun perlu 'Sohib-M' ketahui, Puncak Gunung hanyalah tahapan akhir dari sebuah Web Design, sebelum mencapai puncak 'Sohib-M' harus melelui sebuah proses pendakian terlebih dahulu untuk mencapainya, dan bisa dipastikan, dalam proses perjalanan tersebut akan banyak sekali hambatan yang akan 'Sohib-M' temui.

Spoiler for Jangan Dihina Ya:

Sedangkan tahap awal dari Web Design adalah 'Perencanaan' untuk kita bisa melakukan proses pendakian tersebut entah menggunakan perencanaan yang matang ataupun perencanaan seadaanya. Dan lagi-lagi situasi keadaan Puncak Gunung tersebut, 'Sohib-M' lah yang akan menentukannya, apakah sesuai dengan keinginan 'Sohib-M' ataupun tidak.

Kesimpulannya: Web Design adalah keseluruhan Proses untuk menggapai 'Tujuan Dari Pembuatan Sebuah Blog', dan hasil akhir dari semua proses itu, 'Sohib-M'-lah yang menentukannya.

Mari kita lanjutkan topik pembahasan artikel dengan tema 'Perencanaan' ini. Dan dalam langkah ini, kita akan membaginya menjadi 2 tahapan yaitu:

1. Perencanaan Jangka Panjang.
2. Perencanaan Jangka Pendek.

Dan untuk bisa melaksanakan kedua 'Perencanaan' di atas, 'Sohib-M' harus mengenali terlebih dahulu siapakah diri anda sendiri, seperti apa tipikal anda, kebiasaan, pola berfikir, dan keinginan anda. Lalu kita berlanjut untuk mengenali, siapakah Klien anda (klien bisa termasuk 'Sohib-M' sendiri) yang ingin membuat Blog, apa kemauannya, bagaimana pola berfikirnya, dan usahakan 'Sohib-M' memposisikan diri sebagai klien 'Sohib-M', agar lebih mudah memahami kemauan mereka. Dan yang terakhir dan paling teramat penting adalah, mengenali Pengguna/Pengunjung Blog anda (Users), siapakah mereka, bagaimana pola berfikirnya, apa kemauannya, apa yang mereka suka, apa yang mereka tidak suka, dan masih banyak lagi.
Ketiga aspek di atas adalah tanggung jawab 'Sohib-M' untuk bisa mengkoneksikannya, agar mendapatkan hasil yang sempurna, dan membuat proses perjalanan Blog anda sedikit lebih mudah.

1. Perencanaan Jangka Panjang.
Tahap ini meliputi banyak sekali aspek, namun untuk mempermudahnya, tanyakan ke dalam diri 'Sohib-M' beberapa pertanyaan berikut:

A. Apa tujuan pembuatan Blog yang saat ini 'Sohib-M' sedang bangun?
B. Siapakah yang akan menggunakan Blog yang saat ini 'Sohib-M' sedang bangun?
C. Apa yang 'Sohib-M' harapkan ketika Pengguna/Pengunjung Blog, mendatangi Blog?
D. Potensi terbesar apa yang membuat Pengguna/Pengunjung Blog, enggan mendatangi Blog 'Sohib-M'


Saya tidak akan menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, karena jawabannya hanyalah 'Sohib-M' yang memiliki, dan hasil dari jawaban-jawaban tersebut akan 'Sohib-M' jadikan acuan untuk membuat Perencanaan jangka Panjang, dalam 'Membuat Blog Yang Berkualitas'.

2. Perencanaan Jangka Pendek.
Perencanaan Jangka Pendek terbilang sedikit mudah, karena di sini kita hanya dituntut untuk dapat membuat sebuah Blog yang memudahkan kita dalam menerapkan Perencanaan Jangka Panjang seperti:

A. Bagaimana membuat sebuah konten yang sesuai dengan keinginan Pengguna/Pengunjung.
B. Membuat sebuah Aplikasi bagi kemudahan Pengguna/Pengunjung, dll.



Setelah 'Sohib-M' bisa memahami prinsip-prinsip di atas, niscaya rasa percaya diri 'Sohib-M' akan terbangun, dan itu akan sangat menguntungkan untuk bisa 'Sohib-M' bisa 'Membuat Sebuah Blog Yang sukses'. Saran saya, ambilah secarik kertas dan sebuah pensil, lalu buatlah list jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas.
Seperti yang pernah saya singgung dalam artikel saya yang sebelumnya, di dalam tahap 'Perencanaan' terdapat tahapan-tahapan yang harus kita terapkan dalam menyusun 'Perencanaan' seperti:

1. Kegunaan.
2. Memilih Konten.
3. Tujuan.



1. Kegunaan.
Hal pertama yang perlu kita tanyakan adalah: Apa itu Kegunaan?
Dalam kasus kita, kegunaan yang di maksud bukan hanya menyakup apa saja manfaat dari para Pengguna/Pengunjung ketika mereka datang mengunjungi Blog kita, tetapi juga menyakup aspek-aspek kecil di dalam aplikasi-aplikasi yang kita terapkan di Blog kita. Seperti menu navigasi dan widget, apakah manfaatnya ketika menggunakan aplikasi tersebut? Bagaimana penggunaanya, apakah mudah?

Kita ambil sebuah contoh aplikasi di dunia nyata seperti 'Kepala Ledeng Air'.

Spoiler for Jangan Dihina Ya:

Tanpa perlu kita mengumumkannya, orang-orang sudah tahu apa 'Kegunaan' dan manfaat dari 'Kepala Ledeng Air' tersebut (Sebisa mungkin kita bisa terapkan itu di dalam aplikasi-aplikasi yang ada pada Blog kita), lalu ketika mereka menggunakannya apakah mereka mengalami hambatan, yang saya maksud adalah kemudahan yang mereka alami ketika menggunakan 'Kepala Ledeng Air' itu. Dan yang terakhir, apa hasil dari mereka menggunakan aplikasi tersebut, apakah mereka mendapatkan yang mereka inginkan? Jangan sampai ketika kita membuka 'Kepala Ledeng Air' tersebut, bukannya air yang mereka dapatkan, tapi malahan ketan hitam ^_^. Yang bisa saya katakan tentang 'Kepala Ledeng Air' ini adalah, Mudah dan Bermanfaat/Berguna, dan kita harus terapkan pedoman ini pada Blog kita nantinya.

Dari banyak study kasus yang saya lakukan, dan beberapa Blogger terkemuka lainnya. Pengguna/Pengunjung tidak mau direpotkan dengan hal-hal kecil seperti ini, yang mereka inginkan adalah kemudahan dalam mengakses aplikasi yang Blog sajikan, dan mereka menginginkan hasil yang sesuai kemauan mereka, saran saya jangan menerapkan aplikasi yang sedikit manfaatnya untuk Blog anda. Dan jika sudah merasakan kemudahan dan manfaat yang ditawarkan Blog kita, niscaya tanpa diundang pun mereka akan terus datang dengan sendirinya, itukan yang kita mau?

Satu hal yang tak kalah penting adalah, jangan membuat aplikasi yang terlalu menarik perhatian dan tak ada manfaat besar saat kita menerapkannya. Boleh saja kita menghias Blog kita sedemikian rupa, hingga terlihat bagus tampilannya, itu sah-sah saja. Tapi seperti yang saya katakan, jangan menghiasnya secara berlebihan dan terlalu menarik (sebagian kasus untuk show up) sehingga memancing 2 kata/kalimat keluar dari mulut Pengguna/Pengunjung Blog 'Sohib M', kalimat apa saja itu:

A. Waaaaahh.
B. Bagaimana cara membuatnya.



Hal ini kita hindari agar mengurangi pertanyaan-pertanyaan ataupun komentar yang datang ke 'Sohib M', OOT menyimpang dari topik. Karena pertanyaan yang menyimpang dari topik, dan kita pun menjawab pertanyaan tersebut akan membawa dampak buruk pada halaman tersebut, dan tak jarang akan terus berlanjut, dan merembet ke Penggunjung/Pengguna lainnya yang baru datang.

Kesimpulannya: kita harus memberikan yang terbaik untuk Pengguna/Pengunjung Blog kita, seperti memberikan kemudahan dan manfaat yang tepat sasaran di Blog kita, sehingga pengalaman Pengguna saat berkunjung ke Blog kita akan menjadi bahan referensi mereka untuk datang kembali dan mungkin tak segan-segan menjadi Subscriber setia kita.

2. Memilih Konten

Ini adalah tahapan yang paling krusial, di mana kita harus menentukan apa saja yang boleh dan tidak boleh kita masukan di dalam Blog kita. Maksudnya bagaimana?

Baiklah kita bahas satu-satu ya:

A. Yang boleh kita masukan ke dalam Blog kita.

Karena target utama kita adalah Pengguna/Pengunjung ataupun Pembaca, jadi kita harus memposisikan diri kita menjadi mereka, bayangkan jika kita memasuki Blog kita yang sudah jadi, apa yang pertama kali kita akan lihat? Ya benar Logo ataupun Brand Blog kita, baik itu hanya kalimat ataupun tampilan gambar, jadi usahakan membuat Logo yang sedap dipandang (Eye`s Cathcing bener gak nulisnya ^_^?) dan mudah diingat.

Dan jika kita kembali memposisikan diri kita menjadi sang pembuat Blog apa yang harus kita lakukan? Masih berkaitan dengan nama Blog kita, ataupun Logonya. Kita harus memastikan bahwa setiap Pengunjung/Pengguna tahu pasti siapa atau apa yang sedang dilihatnya. Dalam hal ini Identitaslah yang harus kita pertegas dalam tampilan Blog kita, jadi kita harus membuat halaman tentang About Us dan Contact sejelas mungkin dan yang pastinya harus benar-benar berfungsi tak ada unsur kebohongan.

Selanjutnya adalah, memaksimalkan kesan pertama Pengguna/Pengunjung saat pertama kali mendatangi Blog anda. Yang saya maksud di sini adalah tampilan Blog kita, saat pertama kali memasuki Blog, tampilan yang pertama dilihat tanpa harus menscroll ke bawah yang harus kita maksimalkan. Seperti menu navigasi, Logo, Widget, usahakan membuat tampilan yang merefrentasikan siapakah/apakah Blog itu, karena tujuan tampilan pertama tampilan Blog kita ada menyampaikan pesan ke pada Pengunjung, apakah pesan itu tersampaikan atau tidak .

Dan yang teramat penting adalah fungsi dan isinya, pastikan semua fitur aplikasi berfungsi dengan baik, misalnya tombol search, artikel terpopuler dll. Dan juga kita harus memastikan isinya harus benar-benar valid, seperti tertulis di atas, karena sekali mereka menggunakan fitur-fitur yang ada di Blog kita dan mereka mendapatkan hal yang tidak baik, seperti isi dari konten tersebut tidak sesuai dengan judulnya, sudah bisa dipastikan mereka tidak akan menggunakannya kembali, dari banyak kajian yang dilakukan Blogger ternama, Penggunjung/Pengguna menempatkan penggunaan fitur-fitur sebuah Blog di urutan terakhir, apa yang akan mereka lakukan saat mengunjungi sebuah Blog, berarti jika mereka menggunakan fitur tersebut, mood mereka sedang bagus, tugas kita memanfaatkan itu semaksimal kita.

B. Apa yang tidak boleh kita masukan ke dalam Blog kita.

Pada langkah ini, kita mempunyai tugas untuk benar-benar memilah apa isi konten dan juga manfaatnya, jangan menggunakan aplikasi-aplikasi yang dapat menurunkan mood dari sang pembaca ataupun Pengunjung/Pengguna, dalam kasus kita adalah keseluruhan isi dari Blog kita.

Kita ambil contoh tentang halaman Privacy Policy, yang sudah bisa dipastikan isinya pasti sangat banyak, dan notabenenya isinya tidak dibutuhkan oleh Pengguna/Pengunjung Blog kita, kebanyakan orang termasuk saya dan mungkin 'Sohib-M' pasti tidak akan membaca keseluruhan artikel ataupun halaman, mereka akan men-Scan isi dari artikel tersebut, untuk mencari apa yang mereka butuhkan. Tugas kitalah yang harus membuat isi artikel tersebut mudah dicari, seperti penggunaan Cookies, hak cipta, dll, buatlah list angka ataupun alphabet, agar mempermudah Pengguna/Pengunjung menemukannya, hal ini juga harus kita terapkan di artikel-artikel kita yang lainnya, tidak hanya pada artikel ataupun halaman Privacy Policy saja.

Selanjutnya adalah, menyingkirkan tampilan yang mengganggu. Dalam hal ini mayoritas adalah gambar dan animasi, jangan menyajikan gambar yang mengganggu kegunaan dari Blog kita, jangan memberi animasi pada logo hanya karena kita bisa melakukannya, dalam kasus tertentu, sebuah iklan yang bentuknya kecil pun bisa menurunkan mood dari sang pembaca, jadi tugas kita menjaga mood Pengunjung/Pengguna tetap baik, atau merubah moodnya menjadi lebih baik, jangan memasang sesuatu yang mungkin akan menggangu Penggunjung/Pengguna saat melakukan Surfing di dalam Blog kita.

Kita ambil sebuah contoh seperti fitur pop up klik iklan, sudah bisa dipastikan Blog tersebut berkualitas sangat rendah, kenapa saya mengatakan seperti itu, karena cara tersebut terbilang memaksa Penggunjung/Pengguna untuk melihat apa yang tidak ingin mereka lihat, jadi wajar dong jika saya memberi label itu. Lanjut ke Pop Up pembuka halaman, banyak dari Blogger menambahkan fitur ini untuk mendongkrak kemajuan media sosial mereka ataupun Subscribernya agar bisa membantu kemajuan Blognya, sebenarnya cara ini sah-sah saja selama mereka menyertakan tombol penutup fitur tersebut, tak ada unsur paksaan dalam hal tersebut. Tapi perlu saya tekankan di sini, Pengunjung diibaratkan sebagai raja, ketika pertama kali mereka berkunjung ke sebuah Blog, lalu disuguhkan fitur tambah like facebook ataupun subscribe, yang ada dalam pikiran mereka adalah 'Belum lihat isinya udah minta dilike Y_Y', kira-kira seperti itu, lain halnya jika 'Sohib-M' sudah memiliki nama di dalam dunia Blog. Bahkan dalam riset yang saya lakukan, Blog-Blog ternama tidak menggunakan fitur ini, tengok saja seseupuh kita [url=http://www.sugeng.id,]www.sugeng.id,[/url] tampilannya Blognya simpel namun isinya kebanyakan dicari orang.

Kesimpulan: Kita harus mempertegas identitas kita, dan ini butuh proses yang cukup lama, buatlah se-Valid mungkin sajian yang anda tawarkan, dan jangan membuat orang malah banyak bertanya tentang dirimu, ketimbang Blog mu. Jangan menambahkan atribut-atribut yang tidak terlalu penting dalam Blog mu, manfaatkan fitur-fitur yang ada di dalam Blo sebaik mungkin, dan yang terakhir memberikan rasa nyaman bagi Pengunjung/Pengguna sehingga mereka akan merasa dilayani dengan baik.

3. Tujuan

Dalam kasus ini tujuan bisa kita artikan sebagai target utama pembuatan Blog, dan dalam tahapan ini, kita juga mempunyai sesi-sesi yang perlu dibahas, seperti:

A. Mengukur tingkat tujuan/target utama.
B. Mengukur tingkat keberhasilan.
C. Mengukur tingkat kejelasan.



Mari kita bahas satu-persatu.

A. Mengukur tingkat tujuan/target utama.

Dalam kasus ini, kita harus memperjelas apa tujuan pembuatan Blog pada awalnya, karena tanpa memperjelas tujuan pembuatan Blog tersebut, kita tidak dapat mengukur tingkat keberhasilan dalam pembuatan Blog. Satu hal yang mesti kita pahami adalah, kita harus bisa mengaitkan 2 aspek penting di dalam target utama pembuatan Blog, yaitu 'Sohib-M' sebagai desainer dan para Pengguna/Pembaca, kita harus tahu dengan jelas apa target utama kedua aspek tersebut.

B. Mengukur tingkat keberhasilan.

Setelah kita mengukur tingkat tujuan/target utama dan kejelasan kita maupun Pengguna/Pengunjung, kita dapat mengukur tingkat keberhasilan rencana kita dari target utama kita, seperti berapa penghasilan yang anda dapatkan, apakah sesuai dengan target yang kita harapkan? Bisa juga kita mengukurnya dengan tingkat kedatangan Pengunjung/Pengguna kita, dan berapa besar tingkat orang yang mau mensubscribe atau Newsletter Blog kita. Hal ini nanti bisa kita jadikan patokan seberapa besar tingkat kesuksesan kita dalam membuat Blog.

C. Mengukur tingkat kejelasan.

Dalam kasus yang kita bicarakan saat ini, kita tidak mengukur kejelasan target pembuatan Blog kita, tapi kejelasan bagaimana Blog ini akan bisa terus berjalan ataupun berkembang. Dan dengan bantuan data-data yang kita ciptakan ini, akan sangat mudah memprediksi gerakan apa yang akan kita lakukan di kemudian harinya.

Kesimpulan: Kita harus mempunyai tolak ukur dalam semua aspek di atas, baik itu tolak ukur tingkat tujuan pembuatan Blog, tolak ukur tingkat keberhasilan pembuatan Blog, maupun tolak ukur kejelasan pembuatan Blog.

Saran: Buatlah catatan tentang 3 aspek di atas, dan jadikan tolak ukur untuk menambah semangat anda dalam me-Main-Tenis Blog 'Sohib-M' hehehe.

Dari penjelasan-penjelasan di atas, kita bisa menarik kesimpulan final, yaitu:
Dalam 'Membuat Blog Yang Berkualitas', langkah terpenting dalam pembuatan Blog tersebut adalah langkah Perencanaan, karena langkah ini memiliki andil penting dalam tingkat keberhasilan Blog yang sedang akan kita bangun saat ini.

Pada artikel berikutnya kita akan segera membahas tentang langkah ke-2 yang terpenting dalam Membuat Blog Berkualitas, yaitu Mendisain Konsep.

Semoga 'Sohib-M' dapat sedikit terbantu dengan terbuatnya artikel ini. Kurang lebihnya kualitas artikel yang saya buat ini, saya harap 'Sohib-M' mau memakluminya. Tolong bantu saya, untuk share artikel ini jika bermanfaat, serta bantu like,share dan subscribe social media yang saya punya. Hal tersebut dapat mendongkrak semangat saya untuk terus membuat kelanjutan apa yang tengah saya bahas ini, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Kunjungi juga Blog saya yang gak jelas di sini:



Salam
Mugianto
0
2K
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Website, Webmaster, Webdeveloper
Website, Webmaster, WebdeveloperKASKUS Official
23.3KThread4.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.