Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mugianto1ndAvatar border
TS
mugianto1nd
5 Langkah Penting Membuat Blog Yang Berkualitas
Selamat malam Agan-Agan dan Aganwati-Aganwati sekalian, baik yang sudah sepuh maupun yang masih bau kencur seperti saya.

Perkenalkan nama saya Mugianto, saya bisa dibilang masih bau kencur di dunia Kaskus ini, jadi saya mohon maaf jika ada kesalahan-kesalahan yang baik disengaja ataupun tidak disengaja di Tread yang saya buat ini, dan sekedar informasi, saya memanggil para pembaca artikel / tread saya dengan sebutan 'Sohib-M' jadi mohon maaf kalau terasa agak Canggung ya ^_^

Pada artikel kali ini saya akan Berbagi pengalaman saya tentang, bagaimana menerapkan '5 Langkah Penting Membuat Blog Berkualitas' kepada 'Sohib-M' yang mungkin mau mendalami lebih dalam bagaimana cara 'Membuat Sebuah Blog Yang Berkualitas'. perlu saya tekankan kembali, di sini saya tidak memberikan tutorial ataupun menggurui siapapun, saya hanya Berbagi pengalaman, yang pernah saya alami sebelumnya, dan tidak ada salahnya kan jika saya Berbagi pengalaman tersebut?

Mungkin 100% dari Blogger ataupun 'Sohib-M' mempunyai target, dapat membuat sebuah Blog yang sukses, sehingga kita dapat meraih hasil dari Blog tersebut, jadi mengapa kita harus 'Membuat Blog Yang Berkualitas'?
Sayangnya untuk membuat sebuah 'Blog Yang Sukses' Syarat utamanya adalah 'Membuat Blog Yang Berkualitas', bahkan ini berlaku untuk blog-blog yang cenderung menggunakan cara-cara tidak wajar di dalam prosesnya.
Dan untuk dapat 'Membuat Blog Yang Berkualitas', ada '5 Langkah Penting Membuat Blog Berkualitas', yang saya tahu.

Apa saja '5 Langkah Penting Membuat Blog Berkualitas' itu?
Berikut adalah langkah-langkah tersebut:

Perencanaan
Kita tidak perlu berdebat mengenai 'Tujuan Dari Pembuatan Sebuah Blog' (Kita tidak akan membahasnya sekarang), karena masing-masing dari kita mempunyai mungkin tujuan yang berbeda-beda. Permasalahannya adalah, bagaimana kita dapat mewujudkan 'Tujuan Dari Pembuatan Sebuah Blog' tersebut?

Untuk dapat mewujudkan itu semua, salah satu langkah terpenting dari '5 Langkah Penting Membuat Blog Berkualitas' adalah tahap 'Perencanaan', dan ini adalah point terpenting dalam sebuah proses 'Membuat Blog Yang Berkualitas', karena 'Sohib-M' harus mengenali diri sendiri, Client (Jika 'Sohib-M' adalah Web Designer) dan kemudian Pengguna/Pembaca/Kostumer Blog anda.

Dan di dalam langkah 'Perencanaan' terdapat juga 3 tahapan yang perlu 'Sohib-M' ketahui di antaranya sebagai berikut:
A. Kegunaan.
B. Memilih Konten.
C. Tujuan.

2. Konsep Desain.
Setelah kita melalui langkah 'Perencanaan' kita akan memasuki langkah 'Konsep Desain' yang akan melingkupi tahapan:
A. Pedoman.
B. Mencari Inspirasi.
C. Menentukan Gaya & Tema.
D. Membuat Sketsa Gambar.
E. Menentukan Tata Letak.
F. Anatomi Blog.
G. Whitespase.


3. Elemen Dasar.
Berlanjut ke langkah berikutnya yaitu 'Elemen Dasar' yang juga melingkupi tahapan-tahapan sebagai berikut:
A. Tekstur Latar Belakang (Background).
B. Navigasi.
C. Tipografi.
D. Fitur.
E. Form.
F. Footer.


4. Persiapan Desain.

Setelah itu kita akan melangkah ke 'Persiapan Dasar' yang juga tak kalah pentingnya, dan di dalamnya terdapat beberapa tahapan seperti:
A. CSS.
B. Sprite Sheets.
C. Mengorganisasikannya.



5. Mengimplementasikan.
Dan langkah terakhir adalah 'Mengimplementasikan' apa yang sudah kita bangun di atas, lalu melakukan tahapan-tahapan terakhir seperti:
A. Memilih Aplikasi.
B. Mengenali Model Standard Blog.
C. Membangun Kode.
D. Menghias Kode.
E. Melihat Tampilan Blog.
F. Menerapkan Beberapa Javascript Behavior.
G. Mengetes Semua Elemen.
H. Mengkaitkan Dengan Google Analytics.



Mungkin 'Sohib-M' akan sedikit terbebani dengan tampilan isi artikel yang begitu banyak di atas melingkupi langkah-langkah serta tahapan yang harus kita lalui, namun itu semua sepadan dengan hasil jika kita dengan baik mengimplementasikan '5 Langkah Penting Membuat Blog Berkualitas' di atas.

Jadi bersiaplah untuk kita membahas satu-persatu langkah dan tahapan-tahapan di atas, dengan seksama. Dan mungkin jika ada waktu luang saya akan membuatkan videonya suatu saat nanti. Artikel berikutnya 'Tahap Perencanaan'

Semoga 'Sohib-M' dapat sedikit terbantu dengan terbuatnya artikel ini. Kurang lebihnya kualitas artikel yang saya buat ini, saya harap 'Sohib-M' mau memakluminya. Tolong bantu saya, untuk share artikel ini jika bermanfaat, serta bantu like,share dan subscribe social media yang saya punya. Hal tersebut dapat mendongkrak semangat saya untuk terus membuat kelanjutan apa yang tengah saya bahas ini, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Kunjungi juga Blog saya yang gak jelas di sini:



Salam
Mugianto
Diubah oleh mugianto1nd 08-05-2016 08:00
0
714
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Website, Webmaster, Webdeveloper
Website, Webmaster, WebdeveloperKASKUS Official
23.3KThread4.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.