Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cleansellerAvatar border
TS
cleanseller
Tips Membuat Password yang Aman dan Tidak Mudah Dibobol


Password atau kata sandi merupakan sebuah hal yang sangat penting untuk kita perhatikan, karena dengan password ini akses kita ke berbagai situs dan akun dilindungi dari tangan-tangan jahil dan berniat mencuri data kita.

Oleh karena itu dalam membuat password ada baiknya kita harus lebih berhati-hati lagi dan tidak melakukan kesalahan yang nantinya dapat membuat kita menyesal.

Teams ID sebuah perusahaan ahli dalam hal password ini pada tahun lalu telah merilis 3 password terburuk di 2015. Mereka adalah “12345”, “password”, dan “letmein”. Nah Anda jangan sampai membuat kesalahan dengan menggunakan tiga password terburuk itu ya!

Nah kalau begitu Anda pasti bertanya-tanya bagaimana lalu caranya membuat password yang aman dan tidak mudah dibobol oleh orang lain. Nah kebetulan kali ini akan kami berikan beberapa hal yang patut Anda perhatikan ketika ingin membuat password untuk akses akun atau situs Anda. Tips ini kami kutip dari CNET untuk Anda. Mari kita simak bersama!

Gunakan Password yang Rumit

Hendaknya saat membuat password buatlah yang sedikit lebih rumit. Hal ini akan mempersulit orang lain untuk membobol password Anda. Selain itu hindari gunakan password yang sudah mainstream seperti nama peliharaan kesayangan Anda, lalu nama akun media sosial Anda dan sebagainya. Hal ini sangatlah berbahaya.

Kesulitan Mengingat Password Anda? Gunakan Password Manager!

Nah bila Anda memiliki banyak password dan sulit menghafal semuanya maka ada baiknya Anda gunakan software tertentu untuk mengingat password Anda. Software seperti ini biasa disebut Password Manager. Dan dalam memilih password manager ini sendiri janganlah asal pilih melainkan perhatikan kredibilitas software tersebut dan hendaknya Anda memilih password manager yang berbayar alias tidak gratis untuk menjaga keamanan password Anda.

Jangan Menggunakan Password yang sama Berulang Kali

Nah kesalahan fatal ini adalah yang sangat sering ditemukan. Seringkali kita entah itu karena malas atau apapun, menggunakan satu password untuk berbagai akses situs dan akun-akun kita. Nah ini bisa jadi sangat berbahaya karena jika password Anda dicuri maka otomatis semua akses Anda bisa dibobol dan alhasil Anda menderita kerugian cukup besar nantinya. Hendaknya setiap password Anda unik dan berbeda sehingga tidak mudah dibobol.

Gantilah Password Anda secara Berkala

Ini memang hal yang tidak mudah dan sangat merepotkan. Mungkin hanya segelintir orang saja yang rajin mengganti password mereka secara berkala. Memang hal ini sangat merepotkan namun ternyata cukup membantu dalam menjaga keamanan akses situs dan akun kita dari tangan iseng.

Aktifkan Fitur 2 Step Authentication

Nah fitur ini bisa Anda gunakan bila disediakan. Dengan fitur ini maka selain memasukkan password Anda juga dituntut memasukkan kode tertentu yang biasa dikirim ke nomor handphone Anda atau e-mail pribadi Anda. Hal ini sangat membantu menjaga keamanan Anda.

Sumber
0
2.3K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.