Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

elfmustibishaAvatar border
TS
elfmustibisha
Anak-anak Ini Diminta Tahan Godaan, Tapi Hasilnya... (Lucu gan)


Marshmallow.
Empuk mbus-mbus dan manis. Anak kecil mana sih yang menolak kalau di depannya ada jajanan ini? Ada yang bentuknya panjang, ada juga yang kecil-kecil imut. Di ****maret dan ****mart pun gampang dijumpai.

Tahun 1960an, Walter Mischel, seorang profesor di Stanford University menggunakan marshmallow untuk pengamatan psikologi. Lebih dari 500 anak diamati dalam percobaan ini. Percobaannya sederhana: setiap anak dibawa masuk dalam ruangan, lalu si anak boleh memakan langsung satu marshmallow di atas meja atau menahan diri 15 menit untuk dapat dua marhsmallow. Setelah itu, si anak akan ditinggal sendirian dalam ruangan. Ekspresinya lucu-lucu.

Hmm...


Ambil nggak ya?


Ambil ah, bodo amat.


Arrrrrgggh! Gile lu, Ndro! Gimana nih, ambil nggak?


Ni mukanya


Tes ini terkenal dengan sebutan Marshmallow Experiment. Pengamatan anak-anak itu terus dilakukan sampai 40 tahun setelah tes. Hasilnya, anak-anak yang mampu menahan diri untuk tidak memakan marshmallow selama 15 menit pertama terbukti memiliki skor SAT (Scholastic Assessment Test: semacam SBMPTN) yang lebih tinggi dibanding anak yang tak tahan godaan. Selain itu, mereka yang tahan godaan juga memiliki BMI (Body Mass Index) dan divorce rate (tingkat perceraian pasangan) yang lebih kecil, artinya mereka nggak kegemukan badan dan pernikahannya langgeng.

Lalu mereka yang nggak tahan godaan apa pasti akan lebih sulit hidupnya? Not necessarily. "I have no doubt that self-control skills ... are imminently teachable," kata Walter Mischel (saya tidak ragu bahwa pengendalian diri sebentar lagi dapat diajarkan).

Tentu ada banyak faktor yang mempengaruhi kesuksesan seseorang. Setidaknya, dalam tes ini satu faktor sudah terlihat: self-control. Makanya gan, hayu belajar kontrol hawa nafsu. Nafsu makan, nafsu menunda, nafsu “itu” dan nafsu “ini”. Apasih. emoticon-Hammer

Yang kuat wafer, cek videonya di sini. 3,5 menitan.


Yang mau gali sumur lebih dalam:
Khotbah Jumat di Masjid Salman.
http://edition.cnn.com/2014/12/22/us...shmallow-test/
http://www.theatlantic.com/health/ar...ontrol/380673/

0
4.7K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.