loker.jabodetabAvatar border
TS
loker.jabodetab
7 Kisah Populer: Anggota Band Terkenal Yang Bermain Di Band Lain
Kerap jadi perbincangan di dunia musik saat ada musisi yang terkenal sebagai personil sebuah band, melakukan kolaborasi atau membantu band lain. Selain karena nama-nama band yang masing-masing punya imej sendiri, ada juga semacam sensasi tersendiri saat nama-nama dari band yang berbeda dan sama-sama punya nama besar bisa bekerjasama.

Meskipun sulit, tapi selalu ada motif dimana hal ini kemudian terjadi. Ada kalanya band harus bisa fleksibel untuk mengganti personil demi keperluan bisnis musik. Yang sedikit pelik adalah, band harus mempertahankan ‘brand image’, jadi tak bisa asal mengganti personilnya. Dan meskipun kental dengan aroma keperluan bisnis, ada juga kolaborasi yang kemudian menghasilkan karya penting bagi dunia musik.

Terlepas soal keperluan band, para penggemar juga sering berharap agar band kesayangannya terus berkarya dengan personil baru saat band kehilangan personil lamanya. Salah satu angan-angan terkenal soal ini adalah harapan di benak para penggermar The Beatles agar sosok Eric Clapton menggantikan mendiang John Lennon. Dan anda mungkin punya angan-angan sendiri dengan band favorit yang kini sudah off lantaran kehilangan personilnya.

Berikut beberapa kejadian di dunia musik yang menggambarkan suasana peristiwa semacam itu,

Axl Rose Jadi Vokalis AC/DC
Axel Rose yang membangun nama besarnya dengan band Guns and Roses menjadi pengganti Brian Johnson sebagai vokalis AC/DC. Kerjasama ini terjadi dalam rangkaian tur AC/DC di Amerika Serikat. AC/DC memutuskan untuk mengistirahatkan Brian setelah dokter memberikan peringatan keras agar dia tidak melanjutkan tur atau siap menanggung resiko jadi tuli.

Saat mengajak Axl, AC/DC masih punya 10 tanggal show pada tur itu. Menejemen AC/DC mengumukan bergabungnya Axl pada Minggu, 17 April lalu. AC/DC menyebut, Axl menawarkan diri untuk membantu menyelesaikan tur. Penampilan pertama Axl terjadwal pada 7 Mei di Lisbon. Tur di Eropa akan berlangsung hingga 22 Juni. Dia kemudian akan kembali ke AS untuk rangkaiam tur AC/DC di Amerika mulai 22 Agustus.

Menurut Billboard, Axl adalah fans berat band itu. Penyanyi berusia 54 tahun tersebut telah beberapa kali bertemu band itu di Miami, Florida, dan Atlanta, Georgia, untuk membahas kemungkinan dia bergabung dengan AC/DC.

Drummer Motörhead Mikkey Dee Jadi Drummer Scorpion
Band rock Scorpion sedang menyiapkan tur di 12 lokasi di Amerika pada bulan Mei. Dalam rangaian itu, Band Kalajengking ini akan tampil dengan pukulan keras drummer Mikkey Dee, mantan personil Motorhead. Dee menggantikan posisi James Kottak, yang saat ini sedang istirahat untuk alasan kesehatan.

Mikkey Dee yang kelahiran Swedia itu bergabung dengan Motorhead pada tahun 1992. Ia menjadi sosok drummer yang dihormati di kalangan komunitas rock dan metal. Vokalis Scorpion Klaus Meine menyatakan:. “Kami ingin menjalani tur dengan James, tapi kami harus menyadari bahwa kesehatannya adalah prioritas. Semoga James cepat sembuh dan segera kembali untuk semua fans kami. “. Pada April 2014 James Kottak juga pernah digantikan oleh drummer Mark Cross (Tainted Nation, Firewind, Outloud, Helloween, Metallium). Waktu itu aparat penegak hukum Dubai menangkap dan memenjarakan Kottak karena pernyataan yang dinilai menghina bangsa arab dan agama Islam.

Chester Bennington Dari Linkin Park Jadi Vokalis Stone Temple Pilots

Vokalis Linkin Park Chester Bennington membuat heboh saat pertama kali manggung bersama Stone Temple Pilots (STP) pada acara MusiCares MAP Fund awal tahun 2013. Secara resmi Bennington bergabung dengan STP pada bulan mei 2013. Sebelumnya, STP memecat vokalis asli mereka Scott Weiland yang dianggap kurang disiplin. STP kemudian menyatakan bahwa bersama Chester Bennington mereka semakin stabil. Kolaborasi ini selanjutnya mengumumkan rilis EP pada Oktober 2013 berjudul High Rise. Bennington juga mendukung STP selama rangkaian tur band ikon 90an itu di seluruh Amerika. Bennington baru menyatakan mundur dari STP setelah dua tahun menjadi vokalis, yaitu pada November 2015.

Vokalis Deep Purple Ian Gillian Pernah Jadi Vokalis Black Sabbath

Ian Gillian yang lebih terkenal sebagai vokalis band klasik rock Deep Purple, adalah vokalis dalam album ke-11 Black Sabbath “Born Again”. Band heavy metal Inggris ini merilis album itu pada bulan Agustus 1983. Ini adalah satu-satunya album Black Sabbath bersama vokalis Ian Gillan. Ini juga jadi album terakhir Black Sabbath bersama bassis asli Geezer Butler sebelum Ia memutuskan keluar dari band pada bulan November tahun 1984, dan baru kembali bergabung pada tahun 1991 di album Dehumanizer. Album ini mendapat review negatif dari para kritikus musik. Meski demikian album ini laku keras di pasaran dan meraih sukses komersial. Born Again menanjak sampai posisi No 4 di tangga lagu Inggris dan masuk dalam tangga Top 40 Amerika Serikat.

Kolabrasi terjadi setelah vokalis Ronnie James Dio dan drummer Vinny Appice meninggalkan Black Sabbath pada tahun 1982. Band kemudian beralih manajemen pada promotor Don Arden (ayah Sharon Osbourne), dialah yang menyarankan agar band merekrut Ian Gillan sebagai vokalis baru. Awalnya, proyek yang membuahkan album ‘Born Again’ ini sempat mengarah pada proyek supergrup baru, Gitaris Tommy Iommi sudah malas melanjutkan Black Sabbath. Tapi Don Arden bersikeras agar tetap memakai nama Black Sabbath. Sebelum memutuskan memilih Ian Gillian, Black Sabbath sempat mempertimbangkan beberapa vokalis lain seperti Robert Plant dan David Coverdale.

Dave Navarro Gitaris Janes Addiction, Bikin Album Bersama Red Hot Chilli Papper

Setelah gitaris John Frusciante hengkang dari Red Hot Chilli Papper (RHCP) pada tahun 1992, band ini melanjutkan tur bersama gitaris Arik Marshall sampai tahun 1994. Namun usai tur, RHCP bingung mencari gitaris pengganti untuk menggarap album selanjutnya. Meski klop di panggung tur, 3 personil RHCP yang tersisa tak menemukan kecocokan bermusik dengan Arik Marshall. RHCP bahkan sempat memasang iklan di LA Weekly untuk audisi gitaris baru. Namun itu tak berlanjut, vokalis Anthony Kiedis menganggap itu hanya akan membuang-buang waktu. Setelah beberapa bulan tidak berhasil mencari gitaris yang cocok, drummer Chad Smith menyarankan nama Dave Navarro, gitaris band Jane’s Addiction yang lagi vakum. Navarro akhirnya menerima posisi sebagai gitaris setelah mereka melakukan jam session.

Buahnya adalah album One Hot Minute, album musik keenam Dari RHCP. Album ini dirilis pada tahun 1995. Lagu utama album ini ialah Warped, My Friends, Aeroplane, Shallow Be Thy Game dan Coffee Shop. Seperti nama album “One Hot Minute”, Dave Navarro juga hanya bertahan sebentar di band ini. Pada tahun 1998 Navarro dipecat karena masalah kecanduan. RHCP terus memanas dan pada tahun 1999 kembali menggarap album bersama gitaris John Frusciante.

Vokalis Extreme Garry Cherone Jadi Vokalis Van Halen

Setelah vokalis Sammy Hagar resmi cabut dari Van Halen pada tahun 1996, Van Halen sempat reuni dengan vokalis pertama David Lee Roth. Band kemudian melakukan pencarian vokalis baru dan merekrut Vokalis Extreme Garry Cherone. Hasilnya, pada tanggal 17 Maret 1998 mereka merilis album Van Halen III. Sayangnya, chemistry Van Halen dalam penulisan lagu dengan Cherone tidak memberikan hasil yang setara dengan karya mereka di masa lalu bersama Dave Lee Roth dan Sammy Hagar.

Padahal permainan gitar Eddie Van Halen masih mengagumkan, misalnya dalam lagu “Dirty Water Dog” dan ” Once”, yang oleh banyak kritikus dinilai menampakkan penjelajahan baru, tekstur canggih dan sound yang lebih segar. Namun respon penggemar pada album Van Halen III tidak sebagus review album itu. Album ini adalah Album pertama Van Halen yang gagal mencapai angka penjualan satu juta kopi. Tur mereka juga tidak seramai era sebelumnya, meskipun dalam konser mereka masih membawakan lagu-lagu lama. Kolaborasi ini sempat memunculkan kabar bahwa mereka sedang melanjutkan proyek album lanjutan pada tahun 1999, namun kemudian Van Halen resmi memecat Cherone.

Dave Grohl Jadi Drummer Queens Of The Stone Ages
Queens of the Stone Ages (QOTA’s) adalah sebuah band rock Amerika dari Palm Desert, California, Amerika Serikat, dibentuk pada tahun 1996. Selain memang punya pengaruh besar dalam genre Modern Rock, band ini pernah melibatkan mantan Drummer Nirvana dan Frontman Foo Fighters Dave Grohl dalam rekaman mereka. Itu terjadi pada penggarapan Album Song For The Deaf tahun 2002.

Meskipun full menjadi drummer QOTA’s dalam rekaman dan sesi video klip, Dave hanya sempat mendukung beberapa penampilan tur usai rilis album itu. Satu dekade kemudian, pada November 2012 Frontman QOTA’s Josh Homme kembali mengumumkan bahwa drummer Joey Castillo akan digantikan Dave Grohl dalam album keenam mereka yang kemudian berjudul Like Clockwork. Selanjutnya band ini tampil di England Download Festival 14-16 Juni 2013 bersama Iron Maiden, Rammstein, Alice in Chains, Gaslight Anthem, Motorhead, dan banyak lagi.

sumber
0
42.8K
197
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.