kurt.cob41nAvatar border
TS
kurt.cob41n
Ketua MPR: Hukuman Kebiri Belum Tentu Buat Jera Pelaku Kekerasan Seksual
BANTEN, KOMPAS.com - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Zulkifli Hasan berpendapat, penerapan hukuman kebiri bagi pelaku kejahatan seksual belum tentu memberikan efek jera.

Ia menanggapi mencuatnya kembali wacana hukuman kebiri setelah seorang siswi SMP di Bengkulu, YN (14), ditemukan tewas setelah dirudapaksa 14 orang pemuda pada awal April lalu.

"Menurut saya belum tentu hukuman kebiri bisa memberi efek jera. Tetapi harus lebih keras daripada itu," ujar Zulkifli, seusai melakukan tatap muka dengan Kepala Desa se-Kabupaten Serang, di Kantor Kepala Desa Sindangheula, kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Rabu (4/5/2016).

Ia mengatakan, pemerintah dan DPR harus melakukan kajian mendalam sebelum menerapkan hukuman kebiri.

Pasalnya, hingga saat ini belum ada bukti valid bahwa hukuman kebiri menjadi solusi yang efektif untuk menekan angka kekerasan seksual.

"Pemerintah dan DPR masih perlu mengkaji lebih jauh mengenai efek jera," kata Zulkifli.

Sebelumnya, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yambise mengatakan, wacana hukuman kebiri bagi predator kekerasan seksual terhadap anak masih dalam pembahasan oleh pemerintah.

"Saya tidak tahu, karena saya belum dengar hasil dari Menteri (Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan). Katanya minggu ini atau minggu depan akan ada pembahasan perppu kebiri," kata Yohana.

Yohana menjelaskan, wacana hukuman kebiri masih dipertimbangkan karena ada pro dan kontra.

http://nasional.kompas.com/read/2016/05/04/19544651/Ketua.MPR.Hukuman.Kebiri.Belum.Tentu.Buat.Jera.Pelaku.Kekerasan.Seksual

setuju di kebiri saja trus masukin penjara,,dah deh jadi mangsa ama senior2nya didalem,,,biar tau rasa dirudapaksa kayak gimana,,,
0
1.8K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.