Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kurt.cob41nAvatar border
TS
kurt.cob41n
Transjakarta Sampai Bekasi, Begini Jeritan Sopir Bus


TEMPO.CO, Bekasi - Sejumlah sopir bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Kota Bekasi, Jawa Barat, mengeluh sejak dioperasikannya Transjakarta ke wilayah itu sejak Senin, 25 April 2016 lalu. Sebab, trayek mereka bersinggungan, sehingga jumlah penumpang mereka turun drastis.

"Penumpang beralih ke Transjakarta," kata sopir bus Mayasari Bhakti jurusan Terminal Bekasi-Grogol, Tatang, 40 tahun, Rabu, 27 April 2016.

Tatang menuturkan, sebelum ada bus Transjakarta masuk, setiap hari ia bisa mendapatkan penghasilan bersih sekitar Rp 130-150 ribu dalam sehari, namun sudah dua hari ini pendapatannya tak lebih dari Rp 50 ribu.

Tatang mengaku, sebelumnya setiap berangkat dari Terminal Bekasi sampai menuju depan Tol Bekasi Timur, sudah mendapatkan penumpang sekitar 30-40 orang. Namun, kini jumlah penumpang menurun hingga 50 persen lebih. "Sekarang nyari 20 penumpang saja susah," kata Tatang. "Penumpang tujuan Tomang dan Slipi yang biasanya naik bus P 29, kini beralih ke Transjakarta."

Sejumlah sopir Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) jurusan Bekasi-Bundaran Hotel Indonesia juga mengeluh. Sebab, penumpangnya beralir ke Transjakarta karena tarif yang ditentukan jauh lebih murah dibanding dengan APTB, selisihnya Rp 6.500. "Kehadiran Transjakarta ini membunuh secara tidak langsung," kata sopir, Edi Hutasoit.

Menurut dia, di APTB dia harus mengejar setoran. Pendapatan dari penumpang Rp 1 juta, maka ia mendapatkan komisi Rp 60 ribu. Namun, sejak adanya Transjakarta dengan tujuan yang sama, target setoran tersebut sulit tercapai, karena banyak penumpangnya beralir ke Transjakarta.

Ketua Organisasi Angkutan Darat Kota Bekasi, Hotman Pane mengatakan, perpanjangan bus Transjakarta sampai ke wilayahnya merupakan program pemerintah pusat untuk mengurangi kemacetan di Jakarta. Oleh karena itu, pihaknya tak dapat berbuat banyak. "Mau tidak mau kami harus mendukung," ujar dia.

Seperti diketahui, bus Transjakarta mulai ujicoba tiga rute sejak Senin lalu. Adapun, tiga rute itu diantaranya Bekasi Timur-Grogol (Start di Terminal Bekasi), Bekasi MM-Bundaran HI (Start di shelter Tol Bekasi Barat), dan Bekasi MM- Tanjung Priok (Start di shelter Tol Bekasi Barat). Selama uji coba, antusiasme cukup tinggi terutama pada pagi hari pada saat jam berangkat kerja.

https://metro.tempo.co/read/news/201...itan-sopir-bus

Transjakarta membunuhku ~by sopir AKAP

0
6.8K
81
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.