Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Bisnis
  • Keuntungan Menggunakan Instagram dalam Dunia Marketing

gareththedogAvatar border
TS
gareththedog
Keuntungan Menggunakan Instagram dalam Dunia Marketing

Adakah kiranya dari Anda yang belum mengetahui mengenai sosial media Instagram? Saya kira, cukup banyak yang sudah mengenal serta menggunakan aplikasi berbagi foto ini di smartphonesmasing-masing. Instagram memang sedang booming saat ini. Sekedar informasi, mengenai pengguna Instagram sekarang sudah mencapai 8 juta orang di seluruh dunia. Jumlah ini memang masih cukup sedikit dibandingkan dengan pengguna Facebook atau Twitter, tetapi saya yakin jumlah pengguna Instagram akan terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu.

Saya mengamati mulai banyak bermunculan di online shop yang berjualan lewat Instagram. Mereka kini menggunakan fitur yang ada untuk memasarkan produknya yang kebanyakan kini membidik gadis remaja, karena sebagian besar pengguna Instagram ialah wanita berusia kisaran 15 sampai 30 tahun.

Apakah Anda juga tertarik untuk berjualan melalui Instagram tersebut? Jika ya, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan mengenai kelebihan dan kekurangan berbisnis di Instagram.

Kelebihan Instagram dalam aktivitas marketing

  1. Pasar yang berbasis teknologi. Salah satu kelebihan untuk berjualan lewat Instagram adalah pengguna Instagram sudah ‘terjamin’ yang melek teknologi. Artinya, mereka yang aktif di Instagram pastilah aktif pula di media social seperti Twitter dan mungkin juga Facebook. Karena itu, akan sangat tepat jika Anda mempromosikan produk Anda melalui Instagram serta dibantu jejaring sosial lainnya.

  1. Pengguna Instagram pastilah sudah memiliki gadget yang tentunya mendukung aplikasi tersebut, yaitu android phones maupun iPhone. Ini berarti Instagram memiliki pengguna yang rata-rata pada kelas menengah ke atas. Hal ini akan dapat menguntungkan bagi Anda, karena calon konsumen Anda kemungkinan besar mempunyai ‘kantong’ yang cukup dalam.

  1. Memiliki display produk yang cukup simple. Karena Instagram memang digunakan sebagai aplikasi berbagi foto, fitur-fitur yang tersedia di Instagram akan mendukung gambar produk yang Anda upload di dalamnya.

  1. Di Instagram, sebagian besar fotonya menggunakan hashtag. Maka dari itu, sangat disarankan supaya menggunakan hashtag agar memudahkan calon pembeli dalam menemukan produk Anda.


Kekurangan Instagram dalam aktivitas marketing

  1. Instagram hampir tidak mempunyai fitur yang mendukung online shop.

  1. Karena berbasis smartphones, foto-foto yang ada di Instagram tersebut berukuran kecil dan sering kali tidak terlihat jelas. Lebih baik memajang display produk Anda melalui Facebook yang bisa diakses di komputer ketimbang di Instagram yang memiliki resolusi fotonya kecil.

  1. Sekarang, Instagram mulai mengembangkan Instant Message, yaitu fitur chat yang berguna antar pengguna Instagram. Akan tetapi masih banyak sekali pengguna Instagram yang belum menggunakan fitur tersebut, sehingga untuk berkomunikasi antar-pengguna Instagram juga harus melalui media komunikasi yang lain seperti LINE, Blackberry Messenger atau WhatsApp.

  1. Terlalu banyak online shop lain yang menjual barang yang persis sama, sehingga pembeli dengan mudah akan beralih ke online shop lain.


Itulah informasi mengenai keuntungan Instagram sebagai salah satu media dalam aktivitas marketing. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat Anda terapkan.

Apakah Anda tahu saat ini Instagram sudah memiliki fitur advertising? Betul sekali, artinya sekarang Anda bisa beriklan di Instagram dengan mudah dan dapat dipelajari di link berikut http://buattokoonline.id/tag/media-sosial/
Diubah oleh gareththedog 04-05-2016 08:46
0
6.5K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Bisnis
BisnisKASKUS Official
69.9KThread11.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.