hitch89Avatar border
TS
hitch89
Chihuahua Lovers - Part 2
emoticon-Genit:emoticon-Genit:CHIHUAHUA LOVERSemoticon-Genit:emoticon-Genit:


Anjing terkecil di dunia!!! Chihuahua mempunyai kepala yang berbentuk buah apel (apple dome) dengan kuping yang besar dan indah. Asal-usul anjing ini masih diperdebatkan, kemungkinan yang paling besar anjing ini berasal dari Mexico atau Negara Amerika Utara . Anjing imut ini memiliki raut muka yang sedang mencurigai (saucy face) . Anjing ini juga tidak terlalu bawel, dia hanya menggonggong jika ketemu dengan orang asing. Chihuahua sangat cocok dipakai sebagai alarm dog. Chihuahua is a wonderful dog!!!.

Sejarah

Chihuahua ditemukan di Mexico tahun 1850. Ras yang kita ketahui sekarang ini berasal dari hasil kimpoi silang antara anjing Toltec, anjing Chinese Crested dan anjing Techichi . Pada jaman suku Aztec, Chihuahua di pakai sebagai binatang korban. Biasanya , jika ada bangsawan dari suku Aztec yang meninggal, Chihuahua ikut di kubur bersama jenasah bangsawan tersebut. Chihuahua dipercaya dapat menuntun roh orang tersebut menuju surga.

Karakteristik

Chihuahua memiliki tubuh yang kompak dan agak sedikit panjang. Ekornya tidak dipotong (undocked) dan tidak terlalu panjang. Ekor Chihuahua biasanya melengkung ke arah punggung (tea cup tail) , menunjuk ke arah kepala dan tegak lurus seperti antena. Batok kepala berbentuk buah apel (apple dome), Chihuahua yang berkualitas tinggi batok kepalanya harus apple dome. Kalau dilihat dari samping, antara batok kepala dan moncong meiliki sudut 90 derajat. Batok kepala harus berbentuk bulat jika dilihat dari depan bukan kotak . Chihuahua biasanya memiliki molera (lubang) di atas kepala pada saat lahir dan akan merapat atau hilang pada saat dewasa. Warna mata harus berwarna gelap, hidung berwarna hitam atau coklat jika warna bulunya putih atau warna muda. Kuping Chihuahua berdiri tegak dan letaknya membentuk sudut 45 derajat jika dilihat dari depan. Chihuahua tidak oleh memiliki kuping seperti kuping Miniature Pincher yang posisinya tegak lurus ke atas.

Chihuahua memiliki 2 jenis bulu; bulu pendek (smooth coat) dan bulu panjang (long coat) . Keduanya boleh saling dikimpoikan tidak seperti anjing Dachshund atau Fox Terrier yang tidak boleh dikimpoikan jika type bulunya berbeda. Kadang dari perkimpoian antara bulu pendek dapat menghasilkan Chihuahua bulu panjang begitu juga sebaliknya.

Untuk Chihuahua , semua warna diperbolehkan. Solid seperti coklat,hitam, putih, krem, red,dll. Atau party color ; putih campur coklat, sable, loreng (brindle), black and tan,dll. Kadang, dari hasil perkimpoian antara Chihuahua berwarna hitam dapat mengeluarkan anakan yang berwrna putih atau krem.

Berat badan Chihuahua berkisar antara 1 Kg - 2,7 Kg dengan tinggi badan sampai 20 CM diukur sampai punggung.

Perawatan dan Latihan.

Chihuahua bulu pendek dan bulu panjang harus disikat atau disisir sedikitnya 2 kali dalam seminggu. Mereka juga tidak perlu sering dimandikan apalagi jika dipelihara didalam rumah dan berAC. Cukup mandikan mereka maksimal 1 bulan sekali.

Chihuahua tidak memerlukan latihan yang berarti. Chihuahua tidak memerlukan waktu khusus untuk dibawa berlatih diluar rumah. Cukup lepaskan mereka ditempat yang aman dan mereka akan bermain. Dengan bermain seperti berlari , latihan untuk mereka sudah cukup.

Iklim di Indonesia sangat cocok untuk mereka, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Cukup berikan selimut di tempat tidur mereka dan mereka akan menyelimuti diri mereka jika perlu. Jika anda memelihara Chihuahua didalam kandang yang cukup besar, taruh kotak kardus dan selimut didalamnya. Chihuahua akan senang sekali berada didalam kotak tersebut.

Anjing Chihuahua harus disosialisasikan denga baik , karena anjing ini mudah stress ditempat yang asing dan ramai.

Puppies

Seekor betina yang berkualitas biasanya dapat melahirkan antara 1-3 ekor anakan saja. Sering sekali proses melahirkan memerlukan bantuan seorang dokter hewan karena Chihuahua mudah sekali kelelahan. Kadang namun juga sering, Chihuahua harus melahirkan dengan proses Cesar.

Anakan Chihuahua yang baru lahir memiliki bobt antara 60 gram sampai 90 gram dengan panjang badan sekitar 10 CM. Tingkat kematian puppies juga sangat tinggi. Proses pertumbuhan Chihuahua terjadi dengan sangat cepat dibandingkan dengan trah lainnya. Kadang ukuran tinggi badan Chihuahua umur 4 bulan sama dengan ukuran tinggi Chihuahua dewasa. Perhatian yang intensif sangat diperlukan oleh Chihuahua yang sedang tumbuh karena 1 jam saja proses pertumbuhannya terganggu oleh penyakit, anjing tersebut akan kurang baik pertumbuhannya.

Diskualifikasi

Chihuahua yang memiliki bobot lebih dari 2,7 Kg, gigi yang under shot atau over shot, ekor dan kuping yang dipotong, memiliki bulu semi long coat.

emoticon-siul:emoticon-siul:Mengapa harus Chihuahua ???emoticon-siul:emoticon-siul:

Chihuahua memiliki ukuran badan terkecil diantara trah-trah yang lain di dunia ini. Karena ukurannya yang kecil, Chihuahua hanya membutuhkan makanan yang sedikit. Untuk Chihuahua dewasa , hanya memerlukan 50 gram dogfood kualitas premium tiap harinya. Karena makannya edikit, Chihuahua juga mengeluarkan kotoran yang sedikit pula sehingga tidak terlalu merepotkan majikannya. Chihuahua sangat mudah dipelihara, walaupun rumah anda berukuran kecil seperti type 21 atau di apartemen yang sempit, chihuahu tetap merasa senan dan akan selalu menghibur sang majikan.
emoticon-Winkemoticon-Wink"Chihuahua is a smallest dog with Lion Heart!!!"emoticon-Winkemoticon-Wink

emoticon-Angkat Beerinformasi tentang chihuahuaemoticon-Angkat Beer

emoticon-thumbsup:Tips Memelihara Chihuahua
emoticon-thumbsup:Manfaat SUSU KAMBING untuk chihuahua
emoticon-thumbsup:MENDINGAN JANTAN ATAU BETINA??
emoticon-thumbsup:Chihuahua dan Coklat = kombinasi yang berbahaya
emoticon-thumbsup:Vaksin untuk chihuahua
emoticon-thumbsup:Info dokter hewan
emoticon-thumbsup:Info dokter hewan part 2


[CENTER]Wall Of Eksis[/CENTER]
tata604
tata604 memberi reputasi
1
179.5K
4.8K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Mamalia
MamaliaKASKUS Official
3.2KThread1.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.