• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • ◕‿◕ Tahukah Agan tentang Beruang Air - Super Mini & Bisa Hibernasi ◕‿◕

iiii.iiii.iiiiAvatar border
TS
iiii.iiii.iiii
◕‿◕ Tahukah Agan tentang Beruang Air - Super Mini & Bisa Hibernasi ◕‿◕

Apa yang terpikir oleh agan/aganwati
setelah melihat gambar di atas?

Sekilas saja sangat mirip dengan beruang... Ya... tepat gan!


No Repostgan...
Spoiler for Bukti No Repost:


Beruang air merupakan salah satu hewan yang unik, termasuk jarang dikenal. Termasuk agan/aganwati pasti hanya beberapa saja yang mengetahui keberadaan hewan ini.

Beruang air(water bear a.k.a Tardigrades) adalah binatang dengan ukuran super mini (mikro), hanya berukuran 0,1-1,5mm. Karena sangat kecilnya ukuran binatang ini, agan/aganwati memerlukan mikroskop elektron jika ingin melihatnya.



Beberapa spesies hewan ini hidup di dalam air tawar. Lewat tampilan mikroskop dapat dilihat hewan ini memiliki bentuk tubuh bulat seperti silinder, pendek dan bertubuh kekar. Memiliki delapan kaki dan empat cakar pada masing masing kakinya.

Beruang air termasuk dalam filum Tardigradayang merupakan bagian dari superfilum Ecdysozoa. Mulut beruang air memiliki ujung runcing tajam yang disebut stylets. Stylets yang mereka miliki digunakan untuk memotong daun lumut atau ganggang sebagai makanan utama mereka. Kemudian mereka menyedot cairan dari tanaman. Kadang-kadang beruang air ini juga makan hewan kecil yang disebut nematoda dan rotifera yang juga tinggal di lumut.



Johann Agustus Efraim Goezeawalnya (tahun 1773) menamakan hewan ini "Kleiner Wasserbär" (smaller water bear), berarti 'beruang air yang kecil' dalam bahasa Jerman. Kemudian nama Tardigrada (Tardigrade) diberikan oleh Lazzaro Spallanzani pada tahun 1777 yang berarti "berjalan lambat". Nama beruang air berasal dari cara hewan ini berjalan, yang mengingatkan kita pada seekor beruang. Beruang air dewasa terbesar dapat mencapai panjang tubuh 1,5mm, yang terkecil di bawah 0,1mm. Beruang air yang baru menetas mungkin lebih kecil dari 0,05 mm.

Sekitar 1.150 spesies beruang air telah dikenali. Beruang air berada di seluruh dunia, dari Pegunungan Himalaya (keinggian 6.000 meter di atas permukaan laut), hingga ke lautan dalam (kedalaman 4.000 meter di bawah permukaan laut) dan dari wilayah kutub sampai ke wilayah khatulistiwa.

Tempat yang paling nyaman untuk menemukan beruang air adalah pada lumut (lichens). Lingkungan lainnya di mana beruang air cukup sering ditemukan (sampai dengan 25.000 hewan per liter) adalah bukit-bukit pasir, pantai, tanah, dan laut atau sedimen air tawar. Beruang air sering dapat ditemukan dengan merendam sepotong lumut di mata air.



Beruang air dapat bertahan hidup di lingkungan yang ekstremdimana akan membunuh hampir semua hewan lain. Beberapa beruang air dapat bertahan hidup pada suhu mendekati nol mutlak, atau 0 Kelvin (-273 °C), beruang air dapat bertahan hidup pada suhu maksimum 151 °C, beruang air dapat bertahan dari radiasi sinar matahari 1.000 kali lebih besar dari kemampuan bertahan hewan lainnya, dan dapat hidup tanpa air hampir satu dekade (10 tahun). Pada bulan September 2007, diketahui bahwa beruang air dapat kembali hidup setelah sepuluh (10) hari berada di ruang vakum (tanpa oksigen) di orbit rendah bumi. Beruang air adalah hewan pertama yang diketahui dapat bertahan hidup di luar angkasa. Karena itu beruang laut disebut sebagai hewan polyextremeophiles.

Hewan ini memiliki cara yang unik untuk bertahan hidup. Beruang air membutuhkan kelembaban untuk hidup, jika tempat tinggalnya tidak mencukupi kelembaban yang dibutuhkan maka beruang air menjadi tidak aktif, dan kembali lagi aktif setelah mendapatkan rehidrasi. Hmm, beruang air bisa hibernasi.

Beberapa video menakjubkan dari beruang air, cekidot gan:







Beberapa gambar menakjubkan dari beruang air (dengan mikroskop elektron), cekidot gan:


Gambar beruang air (Echiniscus sp.) dengan pencahayaan dan perbesaran tinggi. Lebar gambar sekitar 100 mikron.
Perhatikan kepala yang mengesankan dengan mata merah dan cakar berbahaya.
Cakar bisa bergerak dalam gerakan halus sangat mirip dengan gerakan kucing.
Selanjutnya perhatikan dua ujung runcing (disebut 'stylets')
yang digunakan oleh beruang air untuk memomotong sel tanaman yang akan dimakannya.



Beruang air ini memiliki warna merah cherry yang sedikit pucat.
Gambar ini agak kurang fokus dikarenakan untuk mengambil tampilan warna yang mengesankan.



Gambar foto 4 ekor beruang air diambil pada perbesaran rendah dengan pencahayaan.
Panjang beruang air adalah sekitar 300 mikron.


Spoiler for Bonusnya gan:


Disarikan dari berbagai sumber:
  1. http://mudfooted.com/water-bear-world-toughest-animal/
  2. http://www.microscopy-uk.org.uk/mag/artjun00/mmbearp.html
  3. http://en.wikipedia.org/wiki/Tardigrade


Quote:
Diubah oleh iiii.iiii.iiii 28-12-2015 03:48
danceberry001
anasabila
4iinch
4iinch dan 3 lainnya memberi reputasi
4
26K
304
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.