Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mudah dihafalAvatar border
TS
mudah dihafal
Tur Eropa Presiden RI (yg bosen berita Ahok)
Tur Eropa Presiden RI

ane kasi berita awalan dulu......
kapan Pak Jokowi berkunjung?
Ke mana saja?
Apa tujuannya?


kemudian ane update berita kunjungan Pak Jokowi ke tiap negara.......
UPDATE berkala.....cek link paling bawah post#1 (berita + gambar + video)





Tur Eropa Presiden RI (yg bosen berita Ahok)

Pekan Depan, Jokowi Kunjungi Empat Negara di Eropa
Senin, 11 April 2016 | 19:00 WIB

sumur

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo akan mengadakan kunjungan kerja ke sejumlah negara di Eropa pada 18-22 April 2016 mendatang. Negara tersebut yaitu Jerman, Inggris, Belgia, dan Belanda.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebutkan, kunjungan tersebut bertujuan memperkuat kerja sama strategis Indonesia dengan mitra internasional dalam menghadapi tantangan global baru.

"Beberapa elemen yang akan diperkuat adalah kerja sama ekonomi. Penekanan ini akan tampak sekali, termasuk di antaranya isu perdagangan, investasi, dan maritim," ujar Retno dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Senin (11/4/2016).

Selain itu, kunjungan tersebut juga akan membahas isu migrasi serta memperkuat kerja sama dalam penanggulangan ekstremis terorisme serta memperkuat toleransi.

"Pengalaman Indonesia dalam mengalamatkan isu counter extrimism akan sangat menarik untuk di-share, untuk dibahas bersama dengan para pemimpin Eropa," kata Retno.

Indonesia, lanjut Retno, merupakan negara pertama yang memiliki Comprehenssive Partnership Agreement dengan Uni Eropa sehingga wajar jika fondasi kuat yang sudah dibangun tersebut dapat diejawantahkan dalam kerja sama konkret yang menguntungkan rakyat kedua belah pihak.

"Dan, untuk pertama kalinya Presiden RI akan melakukan pertemuan dengan tiga presiden Uni Eropa, yaitu Presiden Dewan Eropa, Presiden Parlemen Eropa, dan Presiden Komisi Eropa," tutur dia.






Kunjungan ke Jerman







Tur Eropa Presiden RI (yg bosen berita Ahok)

Bertemu Merkel, Jokowi Kembali Tekankan Kerjasama Pendidikan
19.04.2016

sumur

Presiden Joko Widodo kembali menyampaikan pentingnya kerjasama pendidikan vokasi dalam pertemuan dengan Kanselir Jerman Angela Merkel di Bundeskanzleramt, Senin siang (18/4).

Pendidikan vokasi adalah pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu, meliputi program diploma satu hingga empat yang setara dengan program pendidikan akademik strata satu.

Dalam pertemuan yang diikuti dengan jamuan santap siang dan konferensi pers bersama itu, Presiden Joko Widodo meminta Jerman untuk membantu dunia pendidikan Indonesia.

“Indonesia ingin agar pendidikan vokasi mendapat bantuan dari Jerman, terutama untuk bidang-bidang yang berkaitan dengan industri, baik industri kelistrikan seperti power-plant, maupun industri kecil, maritim dan lainnya”, tegas Presiden Joko Widodo.

Jokowi dalam pertemuan itu didampingi oleh Menko Ekonomi Darmin Nasution, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Kepala BKPM Franky Sibarani dan Duta Besar Indonesia untuk Jerman Fauzi Bowo.

Kanselir Angela Merkel menyambut baik permintaan itu dan siap menindaklanjutinya dengan melakukan pertemuan tingkat teknis pada bulan Mei mendatang.

Selain membahas kerjasama pendidikan, kedua pemimpin juga saling tukar pikiran tentang kerjasama perdagangan dan pemberantasan aksi teroris. “Ada dua pendekatan penting dalam menangani hal ini yaitu dengan hard-power yaitu penegakan hukum dan soft-power yaitu pendekatan agama dan budaya. Jika kombinasi keduanya dilakukan, saya percaya penanganan terorisme akan lebih baik dan komprehensif”, ujar Joko Widodo.

Kanselir Merkel menilai Indonesia berperan besar dalam menyebarluaskan nilai toleransi. “Dengan penduduk 250 juta dan 17 ribu pulau, adalah tugas berat bagi suatu negara untuk berkembang. Dan saya kagum dengan apa yang telah dicapai Indonesia”, ujar Merkel. Lebih jauh Merkel mengusulkan pembentukan komite pengarah atau steering committee untuk mengkaji kerjasama bilateral kedua negara secara menyeluruh sesuai “Kemitraan Komprehensif Indonesia-Jerman Tahun 2012”.







Tur Eropa Presiden RI (yg bosen berita Ahok)

Bahas Investasi, Jokowi Gelar Pertemuan dengan 2 CEO di Jerman
Senin, 18/04/2016 15:21 WIB

sumur

berlin -Presiden Joko Widodo (Jokowi) memulai agenda pertamanya di Berlin, Jerman dengan menggelar pertemuan dengan dua orang CEO perusahaan. Pertemuan ini terkait dengan investasi ekonomi di Indonesia.

Pertemuan digelar di Hotel Adlon, Kempinski, Berlin, Jerman, Senin (18/4/2016). Pertemuan pertama dilakukan sekitar pukul 08.50 waktu Berlin atau 13.50 WIB dengan CEO Ferrostaal GmbH & Co.KG, Dr-Ing Klaus Lesker.

Ferrostaal adalah perusahaan yang didirikan tahun 1920 di Essen, Jerman yang bergerak di bidang layanan industri dan suplai mesin. Ferrostaal mempekerjakan 4.400 karyawan dengan omset sekitar euro 1,6 miliar pada tahun 2008. Ferrostaal melayani pelanggan di lebih dari 40 negara.

Turut mendampingi Jokowi, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menlu Retno Marsudi, Kepala BKPM Franky Sibarani, dan Dubes RI di Jerman Fauzi Bowo.

Pertemuan digelar sekitar 30 menit secara tertutup. Setelah pertemuan dengan Kalus Lesker, pertemuan kedua digelar dengan member of management board Bayer AG, Erica Mann. Bayer AG adalah perusahaan multinasional kimia dan farmasi yang didirikan di Barmen , Jerman pada tahun 1863.

Usai pertemuan tertutup itu, Jokowi akan langsung memimpin pertemuan terbuka dengan puluhan pengusaha lain asal Jerman. Menlu Retno mengatakan, Jerman merupakan salah satu mitra utama Indonesia di Jerman.

"Kalau lihat dari segi perdagangan maka perdagangan Indonesia-Jerman itu menduduki angka nomor 1 se-Eropa sementara kalau untuk investasi adalah mitra ke-7," ucap Retno sebelum pertemuan.

Sekitar pukul 09.43 waktu Berlin atau sekitar 14.43 WIB, pertemuan dengan puluhan pengusaha Jerman baru dimulai.




Tur Eropa Presiden RI (yg bosen berita Ahok)


Ke Jerman, Jokowi Saksikan Kerjasama Investasi Rp 11 Triliun
"Saya akan terus mereformasi, saya akan terus menyederhanakan perizinan, saya akan membuat perekonomian Indonesia terbuka"
Senin, 18 April 2016 | 21:29 WIB

sumur

Mengawali rangkaian kunjungan keliling Eropa, Jokowi tiba di Jerman pagi tadi waktu setempat. Salah satu agendanya, menghadiri Forum Bisnis Indonesia-Jerman di Ballroom Hotel Adlon Kempinski, Berlin.

Dalam forum bisnis tersebut, Jokowi melakukan beberapa pertemuan dengan sejumlah pimpinan perusahaan terkemuka Jerman. Diantaranya CEO dari Meyer Werf GmbH & Co.KG, Ferrostaal GmbH, Bayer AG, Siemens AG, Daimler AG, Deutsche Bank AG. (Baca: Keliling Eropa, Jokowi Bahas Perjanjian Perdagangan Bebas)

Di sela acara tersebut, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kerjasama perusahaan Indonesia dengan perusahaan Jerman senilai US$ 845 juta atau sekitar Rp 11,1 triliun. Kerjasama ini dilakukan beberapa perusahaan antara lain PT Aneka Tambang (Persero) Tbk. dengan Ferrostaal, PT Pelni (Persero) dengan Meyer Werft, PT Pindad (Persero) dengan Junggans Microtech, APRIL dengan Inapa, dan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) dengan Siemens.

Kunjungan Jokowi ke Jerman dibarengi dengan 42 delegasi pengusaha Indonesia dari berbagai bidang untuk meningkatkan investasi dan kerjasama. Forum Bisnis Indonesia-Jerman ini mempertemukan investor dan pemerintah kedua negara untuk membicarakan investasi jangka panjang. Peningkatan kerjasama ekonomi menjadi fokus utama dengan prioritas pada penyelesaian perundingan Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) dengan Uni Eropa. (Baca: Kembangkan Industri, Pemerintah Gandeng Rolls Royce dan Siemens)

Dalam sambutannya dihadapan para pengusaha dari kedua negara, Jokowi menyatakan keinginan Indonesia untuk meningkatkan kerjasama ekonomi dengan Jerman. Dia juga mencoba meyakinkan para pengusaha Jerman agar berinvestasi di Indonesia. Pemerintah pun berkomitmen untuk terus memperbaiki iklim investasi di dalam negeri. "Saya akan terus mereformasi, saya akan terus menyederhanakan perizinan, saya akan membuat perekonomian Indonesia terbuka," ujar Jokowi dalam keterangan resmi yang diterima Katadata, Senin (18/4).

Jokowi juga menyampaikan perekonomian Indonesia yang mampu bertahan di di tengah berbagai tantangan ekonomi global. Produk Domestik Bruto (GDP) Indonesia masih bisa tumbuh hingga 5,03 persen pada kuartal empat tahun lalu. Dia menganggap hal ini merupakan bukti bahwa perekonomian Indonesia cukup stabil. Apalagi, berdasarkan data Asian Development Bank (ADB), minat untuk investasi di Indonesia saat ini berada pada titik tertinggi sepanjang sejarah.

Menurutnya, stabilitas ekonomi Indonesia dicapai karena pembangunan infrastruktur dan investasi sebagai dua mesin pertumbuhan ekonomi telah menunjukkan hasil yang nyata. Salah satu contohnya, kerja sama pembangunan jalur kereta cepat Bandung-Jakarta. Dengan adanya kerja sama ini, Cina menyatakan akan membangun pabrik di Indonesia. Bukan hanya untuk produksi, pabrik ini juga akan mengekspor perangkat kereta cepat ke seluruh Asia Tenggara.

Jokowi juga menyatakan sebagian kebijakan ekonomi yang dibuat pemerintah Indonesia terinspirasi dari pengalaman negara-negara Eropa dalam mengahadapi krisis ekonomi. "Saya suka bagaimana kultur Jerman melakukan bisnis. Saya juga sama, saya tidak suka terlalu banyak bicara, saya lebih senang banyak bekerja," ujarnya.











Kunjungan ke Inggris




Tur Eropa Presiden RI (yg bosen berita Ahok)

RI-Inggris Teken Kesepakatan Bisnis Rp 247 Triliun
Rabu, 20/04/2016 21:55 WIB

sumur

London -Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri forum bisnis antara pengusaha Indonesia dan Inggris. Dalam forum itu ditargetkan tercapai kesepakatan bisnis senilai US$ 19,02 miliar atau setara dengan Rp 247 triliun (kurs Rp 13.000 per dolar AS).

"Kalau lihat jumlah business deal akan mencapai US$ 19,02 miliar," ucap Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di London, Rabu (20/5/2016).

Forum itu digelar di Mandarin Hotel, London, Inggris. Turut hadir Kepala BKPM Franky Sibarani, Menlu Retno Marsudi, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Seskab Pramono Anung, Dubes RI untuk Inggris Rizal Sukma, Dubes Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik, dan lainnya.

"Maka pada sisi bisnis kita meningkatkan kerja sama dengan deal business yang jumlahnya cukup besar. Ini menunjukkan harapan untuk terus meningkatkan hubungan bisnis akan semakin besar," ujar Retno.

Sementara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam forum itu menyebut perekonomian Indonesia bergerak dengan dua prinsip, yaitu keterbukaan dan kompetisi. Pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,04 persen di triwulan ke-4 2015, saat perekonomian global mengalami pelambatan.

Jokowi meyakinkan para seratusan pebisnis yang hadir bahwa perekonomian Indonesia stabil di tengah kondisi global yang tak menentu. Mulai dari menerbitkan paket kebijakan ekonomi, membangun infrastruktur secara masif, hingga mengganti menteri yang bekerja kurang maksimal.

Berikut hasil kesepakatan bisnis yang tercapai menurut data BKPM di London:

1. Jardine Matheson, perluasan investasi di sektor otomotif, infrastruktur, consumer product, properti, US$ 7,5 miliar
2. Unever, perluasan investasi consumer product senilai US$ 500 juta
3. NV Vogt UK Ltd, investasi PLTS (surya), US$ 200 juta
4. Nuovito, investasi baru di bidang pengelolaan sampah untuk menunjang industri migas, US$ 100 juta
5. Glaxo Smith Kline, rencana perluasan investasi di bidang farmasi, US$ 13,1 juta
6. Lyca mobile dengan Nuansa Group, kerja sama investasi baru di bidang telekomunikasi, US$ 200 juta
7. Aggreko Energy Service, investasi baru di bidang energi PLTD (diesel), US$ 35,5 juta
8. British Petroleum, perluasan di bidang energi di Tangguh, US$ 8 miliar
9. April grup dengan UK Roxcel grup, penjualan produk pulp & paper ke Inggris, US$ 12 juta
10. HSBC, pengintegrasian Bank Ekonomi, dan perluasan, US$ 1,2 miliar
11. Garuda dengan Rolls Royce, kerja sama perawatan pesawat US$ 1,2 miliar
12. SBS Internasional, kerja sama di bidang pembangkit listrik US$ 60 juta
13. KADIN-Britcham, (penguatan lembaga dan kerja sama keduanya)









Tur Eropa Presiden RI (yg bosen berita Ahok)

Presiden Joko Widodo bujuk parlemen Inggris naik Garuda Indonesia
19 April 2016

sumur

Presiden Joko Widodo menyerukan kepada para anggota parlemen Inggris untuk lebih mengenal Indonesia dan menumpang maskapai penerbangan Garuda Indonesia.
Hal itu disampaikan presiden ketika berpidato di parlemen Inggris pada Selasa (19/04) sebagai bagian dari lawatannya di Inggris.

Ia mengawalinya dengan memberikan gambaran tentang masyarakat Indonesia yang moderat di negara dengan penduduk Islam terbesar di dunia.

Presiden kemudian menggambarkan betapa Inggris sudah sangat dikenal di Indonesia.

"Di Indonesia, Manchester United dan Arsenal bisa menjadi sumber perdebatan. Kami tahu lirik lagu One Direction, Genesis, Beatles, Led Zepelin, dan Iron Maden," tutur presiden yang disambut tawa lepas para anggota parlemen, sebagaimana dilaporkan oleh wartawan BBC Indonesia, Liston Siregar, di gedung parlemen.


Garuda Indonesia

Tur Eropa Presiden RI (yg bosen berita Ahok)

Presiden Jokowi lantas meminta kepada anggota parlemen agar Inggris juga mengetahui Indonesia.
"Datanglah ke Indonesia dan jangan hanya ke Bali. Naik Garuda yang sekarang terbang langsung dari London ke Jakarta."
Sebelum ke parlemen, presiden Indonesia diterima oleh PM Cameron di kantornya di Downing Street, London.

Lawatan Presiden Joko Widodo ke Inggris hingga Rabu besok ini (20/04) merupakan kunjungan balasan PM Cameron ke Indonesia Juli 2015.







Tur Eropa Presiden RI (yg bosen berita Ahok)

Jokowi Saksikan Penandatangan MoU Garuda dan Roll Royce
Rabu, 20/04/2016 07:02 WIB

sumur

London -Dalam pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Perdana Menteri (PM) Inggris David Cameron, turut digelar penandatangan kerja sama dua perusahaan besar Indonesia-Inggris yaitu PT Garuda Indonesia Tbk dan Rolls Royce.

"(Presiden) menyaksikan penandatanganan MoU antara Airbus dan Garuda, kesepakatan sebesar lebih dari 1 miliar pound termasuk Airbus dan Roll Royce perusahaan Inggris," ucap Dubes Inggris untuk RI, Moazzam Malik, usai pertemuan di kantor PM Inggris, London, Selasa (19/4/2016).

Menurut Moazzam, kesepakatan itu adalah pembelian 14 pesawat baru oleh Garuda Indonesia. Sebagian komponen pesawat dibuat di Inggris dan sebagian dibuat di negara lain di Eropa. Tapi pesawat ini menggunakan mesin Roll Royce.

"Juga ada kesepakatan untuk bekerjasama antara Garuda dan Roll Royce untuk melatih insinyur dan teknisi Indonesia di Indonesia," ujarnya.

Moazzam mengatakan, selain penandatangan MoU Garuda-Rolls Royce, ada juga kesepakatan tentang industri kreatif. Namun kesepakatan bisnis lain akan dilakukan lebih banyak dalam forum bisnis pada Rabu (20/4).

Dia berharap kesepakatan yang ditandatangani dengan London lebih besar dibanding negara lain di Eropa tahun ini. "Harapannya untuk meningkatkan lagi beberapa bidang misa maritim, industri kreatif, infrastruktur khususnya aero space," terang Moazzam.

"Di Inggris ada banyak perusahaan aviation yang sangat mampu membuat pesawat-pesawat satelit, mendesign bandara atau menjaga keamanan di sektor aviation dan aero space," imbuhnya.








Kunjungan ke negara Eropa lainnya :

ke Belgia : Kunjungi Belgia, Jokowi Ingin Perkuat Kerjasama Terorisme


Ke Belanda : Setelah 16 Tahun, Jokowi Presiden Pertama yang Kunjungi Belanda





Update

Berkunjung ke Belanda, Ini Kisah Jokowi, SBY, dan Soeharto


5 Hari di Eropa, ini 'Oleh-oleh' dari Presiden Jokowi


Di Belanda, Jokowi Sampaikan Pembangunan Kawasan Timur Indonesia








Update VIDEO

[FULL] Presiden Jokowi Sebarkan Semangat BANGGA Kepada WNI di Berlin Jerman




video lainnya cek :

kumpulan VIDEO berita2 Kunjungan Presiden RI ke Eropa





emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)










Diubah oleh mudah dihafal 24-04-2016 05:38
0
6.8K
70
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.2KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.