• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • MENDAPATKAN UANG CEPAT DARI STIKER TIMBUL, SINI GAN ANE SHARE CARA BUATNYA

agungdigprintAvatar border
TS
agungdigprint
MENDAPATKAN UANG CEPAT DARI STIKER TIMBUL, SINI GAN ANE SHARE CARA BUATNYA
Pertama tama ijinkan saya mengucapkan Selamat Datang di........



Thread ini murni thread buat buat bagi - bagi ilmu ke agan - agan semua yang hobi di dunia cetak mencetak khususnya stiker. nah hari ini ane mau bagi - bagi ilmu sama agan - agan semua tentang cara bikin stiker favorit ane yaitu stiker timbul. bagi yang masih bingung sama stiker timbul, nih ane kasi liat penampakannya dulu (yang pernah ane bikin) emoticon-Big Grinhihihihi....


*Penampakan stiker timbul gan emoticon-Big Grin





*Sedikit penjelasan :

Stiker timbul tidak ubahnya seperti stiker biasa alias stiker berbahan chromo atau vinyl yang biasanya dijual dipasaran. tapi nilai stiker ini jauh lebih tinggi karena bahan bakunya harus menggunakan bahan vinyl khusus (merekat lebih kuat) serta proses menambahkan cairan resin serta finishing yang cukup rumit.

FAQ : Bahan buat bikinnya mahal gak gan? emoticon-Big Grin


ANSWER : Sebenarnya TIDAK! kenapa ane berani bilang kaya begitu ada alasannya gan. bahan resin(keras) + plasticizers alias pelenturnya harganya termasuk murah dipasaran. berkisar dari harga 80rb perak sampai Jutaan tergantung buatan mana sama dosa yang jual. semakin berdosa yang jual maka harga semakin murah emoticon-Big Grin hahahahahahahahahaha.....
Apalagi kalo agan belinya 1Jerigen, hitungan per liternya mungkin bisa sampai 10rb perak gan emoticon-Big Grin
Hitung-hitungannya irit banget kalo 1 liter bisa dapet 10rb gan. karena 1 liter resin & plasticizer bisa melapisi hampir 150 stiker berukuran 8 cm x 5 cm.


emoticon-Matabelo


FAQ : Emang kalau udah jadi harga stiker timbul berapaan gan?


ANSWER : Variatif gan tergantung dari jumlah bahan yang kepake gan. semisal kadar resin& plasticizer kadarnya kurang dari 50%. agan bisa ngepress biaya produksi sampai 30%. perkiraan jual ke pasaran juga pasti jauh lebih murah gan. kisaran 3rb - 5rb gitu deh tapi sudah pasti ada kekurangannya yaitu keras. kalau mau lentur ya jelas kadarnya harus ditambah gan terutama plasticizernya. dan kalau bisa gunakanlah plasticizer yang bener - bener sudah teruji. harga jual memang jadi agak mahal sekitar 7,5rb sampai 10rb tapi kualitasnya juga terjamin.

FAQ : Gampang buat agan, soalnya agan punya modal. nah terus yang less modal kaya ane gimana beli sama bikinnya?


ANSWER : Gampang ngomong karena udah mencoba gan. Awal ane bikin kaya beginian modalnya cuma 100rb perak. tapi sangat jelas teknik yang ane pake waktu awal buat beginian sangat sederhana gan. ngoven aja masih pake bantuan sang surya hahahahahaha alias sinar matahari. kalo mau pake teknik sederhana modal 150rb - 200rb aja udah bisa gan (pinter - pinter pilih bahan yang murah aja gan).

FAQ : Cara buatnya gimana gan?


ANSWER : Ok gan, ane bakal nunjukin buat agan cara bikin stiker timbul dari awal sampai proses pengeringan (bisa oven & sinar matahari). proses yang ane tunjukin ke agan sudah menggunakan alat - alat yang cukup modern sehingga kalo agan mau buat kudu disesuaikan dengan alat - alat sederhana.

Process #1



Siapin bahan - bahannya dulu gan, terutama resinnya... resin yang ane pake disini Hard Resin Poly Hardner dan Resin Plasticizer. dicampur dengan tipe komposisi flat. usahakan waktu nyampurnya jangan sampai ada gelembung atau debu gan soalnya bisa bikin resin kering atau rusak emoticon-Berduka (S)


Process #2



Resin hard & plasticizer diaduk rata sekitar 15 - 20 menit gan (bisa manual atau pake mixer), kalo bisa aduknya agak ditutup untuk menghindari banyaknya udara dan debu yang masuk. kebanyakan udara bisa bikin gelembung yang akan merusak resin saat proses pengeringan.

Process #3



Setelah cairan tercampur rata (aduk manual / mixer), campuran resindan plasticizer dipindahin ke media injektor ( bisa pake jarum suntik buat badak atau mesin injektor kaya diatas gan... emoticon-Big Grin ). setelah proses ini cairan hasil kolaborasi ini siap untuk ditanam di media stiker yang mau dibikin timbul.

Process #4




Letakan media stiker yang akan dilapisi resin pada bidang yang datar (wajib) agar resin tidak meleber waktu 'dilukis'. permukaan stiker harus kencang dan tidak terlipat / bergelombang juga gan, biar hasilnya lebih maksimal... mari mulai melukis cring ... cring emoticon-I Love Indonesia (S)

Process #5




Setelah proses melapisi stiker dengan campuran resin dan setelah didiamkan kurang lebih 5 menit. barulah kita melangkah ke proses terakhir yaitu pengeringan. pengeringan bisa dilakukan manual (sinar matahari) selama kurang lebih 8 jam dan bisa melalui proses oven kira - kira 10 - 20 menit dengan suhu 30 - 40 derajat celcius.


*Sedikit tambahan
Membuat stiker resin memerlukan kesabaran dan ketelatenan yang cukup extra. apalagi kalo masih manual gan....extranya 3x lipat


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


Semoga berguna gan...siapa tau dari hobi malah bisa mendulang Rupiah...Amiiiiinnnn

Selamat Mencoba Gan !! emoticon-I Love Kaskus
Diubah oleh agungdigprint 03-07-2014 09:37
0
48.6K
71
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.