• Beranda
  • ...
  • Gemstone
  • [Gemstone Online Competition]All About JADE! Gemstone Tertua Dalam Peradaban Manusia

jetjenkinzAvatar border
TS
jetjenkinz
[Gemstone Online Competition]All About JADE! Gemstone Tertua Dalam Peradaban Manusia
Salam kepada seluruh warga Gemstoneemoticon-Salaman

Ini trit kedua saya disub forum Gemstone.
Kali ini saya mau ngebahas tentang Jade alias Giok, salah satu gemstone tertua yang dikenal peradaban manusia sejak lebih dari 5000 tahun yang lalu.

Langsung aja ya gan....


Spoiler for menurut om wiki:


Jade (Giok) adalah adalah mineral piroksen dengan komposisi NaAlSi2O6. Jade bersifat monoklinik. Memiliki kekerasan Mohs dari sekitar 6,5-7,0 tergantung pada komposisi. mineral bersifat padat, dengan berat jenis sekitar 3,4.

Nama Jade sendiri berasal dari bahasa spanyol "piedra de ijada" yang berarti batu sisi (samping) karena dipercaya dapat menyembuhkan penyakit seseorang dengan menggosokan dibagian samping (sisi) tubuh penderita.

warna jadeite ini umumnya berkisar dari putih ke apel hijau pucat hingga hijau tua tetapi juga bisa biru-hijau (seperti baru-baru ini ditemukan kembali "Olmec Biru" jade), pink, lavender dan banyak warna langka lainnya.

Spoiler for Lavender Jadeite:


Kejernihan (clarity) Giok bervariasi dari Solid (Opaque) hingga Tranparan. Variasi warna dan kejernihan sering ditemukan bahkan dalam sebuah spesimen tunggal. Jadeite dilaporkan dari California, AS; Myanmar; Selandia Baru; Guatemala; Itoigawa, Jepang; daerah lain dari jadeite termasuk Kazakhstan; Rusia; British Columbia, Kanada; Italia dan Turkestan.

Jade yang paling dihargai tinggi adalah yang berwarna hijau terang (vivid green) dengan kejernihan yang baik (Transparant). Jade dengan kualitas tinggi banyak berasal dari Burma (Myanmar) yang menjadi komoditi sejak ratusan tahun lalu.

Spoiler for Daerah Penghasil Jade:


Spoiler for Crystal Vivid Green Jadeite:


Jadeite & Nephrite

Pada awalnya nama Jade (Giok) mengacu pada satu jenis batu, hingga pada tahun 1863 seorang geolog prancis bernama Alexis Damour menemukan bahwa ternyata ada dua species mineral yang selama ini disebut Jade, Yaitu Jadeite dan Nephrite.

Meskipun keduanya adalah mineral yang berbeda namun karena keduanya memiliki kemiripan secara kasat mata dan penamaannya telah mengakar diberbagai tempat maka kedua speciment tersebut (Nephite & Jadeite) tetap disebut Jade hingga saat ini.

Jadeite dan nephrite memiliki komposisi mineral yang jelas berbeda. Jadeite adalah piroksen yang kaya aluminium, sementara nephrite adalah amphibole yang kaya magnesium. Namun, dua mineral memiliki sifat fisik yang sangat mirip di mata orang rata-rata. Hanya pengamat terlatih dengan pengalaman yang signifikan dapat membedakan mereka tanpa peralatan pengujian mineral. Inilah sebabnya mengapa jadeite dan nephrite tidak dapat dibedakan oleh para ilmuwan sampai 1863.

Jadeite Dalam Kebudayaan Kuno

Jade telah dikenal dan digunakan oleh manusia setidaknya sejak 5000 tahun yang lalu. Jade digunakan sebagai alat karena sifatnya yang keras dan mudah dibentuk, seperti kapak, mata pisau, tombak, dan sebagainya.

Spoiler for Kapak Jadeite purba:


Banyak juga kebudayaan kuno yang menggunakan Jadeite untuk aksesoris, perhiasan dan perlengkapan perang dan upacara adat seperti suku Maya.

Spoiler for Hiasan Dada suku Maya:


Spoiler for Topeng Ksatria Maya:


Spoiler for Kepala Kapak Jadeite Suku Maya:


Di China, Jade adalah batu para kaisar dan raja, hanya golongan tertentu yang dapat memilikinya sehingga Jade (Bahkan hingga saat ini) adalah barang mewah.

Pengrajin di China membuat Meja hingga kancing baju dengan Jadeite & Nephrite untuk keluarga kerajaan.

Spoiler for Giok Ukiran Naga dari dinasti HAN :


Spoiler for Kancing Baju Jadeite:



Jade Treatments

Lilin, pewarna, pemutih, polimer impregnasi, pemanasan, dan prosedur lainnya kadang-kadang digunakan untuk meningkatkan warna dan kilau jadeite dan nephrite untuk memberi mereka penampilan batu giok terbaik.
Perlakuan(Treatment) ini biasanya dapat terdeteksi dalam pemeriksaan yang cermat oleh orang yang berpengalaman menggunakan mikroskop, lensa tangan, dan sinar ultraviolet. Orang yang tidak terlatih tidak mampu mengenali sebagian besar perawatan ini.
Penjual Jade memiliki kewajian etis (ethical obligation) untuk mengatakan treatment apa yang telah diberikan pada Jade, sebab hal ini sangat mempengaruhi harga jual dari Jade.

Jade yang paling mahal (Kualitas terbaik) adalah yang murni atau tidak mengalami treatment (Non Treatment) biasa di sebut "Type A".
Sedangkan giok yang sudah mengalami treatment seperti pemutihan (bleached) disebut "Type B" dan jade yang telah dilapisi polimer (doublet/triplet) disebut "Type C"

Spoiler for Kasta dalam Jadeite:


Batuan Lain Yang Seringkali Disbut Jade (Padahal Bukan)

Sejumlah mineral dan batuan yang biasa dipotong dan dipoles lainnya dengan mudah membingung dengan batu giok. Semua bahan-bahan ini bisa memiliki warna, kilau dan penembusan yang sangat mirip dengan batu giok - sangat mirip bahwa rata-rata orang tidak dapat mengenali mereka. Bahan-bahan ini sering diproduksi cabochons, manik-manik dan benda-benda lain dalam gaya yang sama seperti batu giok. Mereka kadang-kadang memasuki pasar giok tanpa perbedaan. Seperti Misalnya :

Chalcedony (Chrysoprase), biasa disebut Garut (hijau Garut)

Serpentine yang transparan dan indah untuk warna hijau hampir transparan hijau dan kekuningan yang terlihat sangat mirip seperti batu giok. Ini adalah mineral metamorf yang sering ditemukan di daerah geografis yang sama dan jenis yang sama dari batu giok. Serpentine secara signifikan lebih lembut dari batu giok dan juga memiliki berat yang lebih rendah tertentu.

Maw-sit-Sit adalah batuan dengan warna hijau chrome terang ditambang di Myanmar. Ini memiliki penampilan yang sangat mirip dengan batu giok. Maw sit- sit terdiri dari jadeite, albite dan kosmochlor (mineral yang berhubungan dengan jadeite).Maw-sit-sit yang dipotong cabochons, manik-manik dan membuat patung kecil dan mudah bingung dengan batu giok.

Spoiler for Batuan Mirip Jade:



Sekian dulu yah gan....

nanti saya Update cara membedakan Jadeite Asli & Palsu dengan metode sederhana.....

Mohon Rateemoticon-Rate 5 Star& Komennya ya gan

Monggo para sesepuh Gemstone kalo ada yang ingin menambahkanemoticon-Embarrassment
atau mau share Jade koleksinya juga boleh
Sumber

[URL="http://www.wikihow.com/Tell-if-Jade-Is-Real"]Sumber[/URL]
Diubah oleh jetjenkinz 15-04-2016 15:45
0
25K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gemstone
GemstoneKASKUS Official
404Thread658Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.