Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 23 April 2016 hari buku sedunia, Mari kita mengenal sejarahnya gan!!

hardiansa73Avatar border
TS
hardiansa73
23 April 2016 hari buku sedunia, Mari kita mengenal sejarahnya gan!!
HAI AGAANNNN emoticon-Salam Kenal

Sebelumnya maaf kalo post nya berantakan yaa gan maklum masih newbie..
masih baru belajar juga jadi mohon bimbingan nya dan jangan di bully kalo bahasa masih berantakan hehe emoticon-Big Grin
dan juga sebelum saya panjang lebar cerita ngolor ngidul kemana-mana kita ucapin dulu selamat hari buku seduniaaa yang bertepatan pada hari ini yaitu tanggal 23 April

23 April 2016 hari buku sedunia, Mari kita mengenal sejarahnya gan!!

Yok lanjot ke TKP gaaan!! emoticon-Cool
Siapin kopinya dulu yukkkk

Hari buku Sedunia diperingati setiap tanggal 23 april. hari buku sedunia bukan karena pada tanggal 23 april setelah kemarin nya bumi dibuat tanggal 22 april (Hari Bumi) jadi pas keesokan harinya bumi dibuat terus manusia pertama dibumi jalan terus ketemu buku jadi 22 April hari bumi terus 23 aprilnya hari buku yaaa hehehe emoticon-Stick Out Tongue

Tapi hari buku sedunia ini ditetapkan oleh UNESCO, UNESCO menetapkan pada tanggal 23 april 1995 sebagai World Book Day dan Copy Right Day yang mana berdasarkan sejarahnya hubungan antara 23 April dan buku pertama kali dibuat pada tahun 1923 oleh penjual buku di Spanyol sebagai cara untuk menghormati penulis Miguel de Cervantes yang meninggal pada hari itu.

Sejak tahun 1923 sebenarnya telah mulai diperingati sekaligus untuk menghormati Miguel de Cervantes, seorang penulis yang meninggal dunia pada 23 April. Ternyata, yang memulainya adalah para pedagang buku. Tahun 1925 para perempuan mulai memberikan sebuah buku sebagai pengganti mawar yang diterimanya. Pada masa itu lebih dari 400.000 buku terjual dan ditukarkan dengan 4 juta mawar. Perayaan ini adalah bentuk penghargaan antara penulis, penerbit, distributor, organisasi perbukuan, serta komunitas dan masyarakat umum. Semuanya bekerja sama untuk mempromosikan buku dan literasi, serta meningkatkan nilai–nilai sosial budaya kemanusiaan.

Sehingga mulai tahun 1995, melalui Konferensi Umum UNESCO di Paris, tanggal 23 ditetapkan sebagai Hari Buku Sedunia atas dasar tradisi tersebut. Di samping itu, pada tanggal ini beberapa penulis kenamaan berpulang, seperti Shakespeare, Cervantes, Inca Garcilaso de la Vega, serta Joseph Pla dan beberapa penulis juga lahir Vladimir Nabokov, Maurice Druon, Manuel Mejía Vallejo, dan Haldór Laxness. Namun, mengenai tanggal kepulangan Shakespeare dan Cervantes terdapat perbedaan yang tak jauh akibat sistem kalender yang digunakan, yakni Inggris menggunakan Kalender Julian dan Kataloni menggunakan Kalender Gregorian.

sementara Perayaan ini, di Indonesia dimulai pada tahun 2006 yang diprakarsai oleh Forum Indonesia Membaca (FIM). FIM adalah sebuah organisasi kemasyarakatan yang berkonsentrasi pada aktivitas literasi.
Mereka berupaya membuka ruang seluas–luasnya kepada masyarakat dalam penguatan budaya membaca. Sejak tahun 2006, animo dari komunitas literasi, taman bacaan masyarakat, penerbit buku, dan masyarakat umum semakin meningkat, bersama-sama berupaya agar Hari Buku Sedunia Indonesia menjadi sebuah tradisi festival yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya buku dan membaca, serta mengapresiasi dunia perbukuan itu sendiri.

Dan dalam perayaan Setiap tahunnya, UNESCO menetapkan sebuah kota sebagai World Book Capital. Fokusnya adalah pada kaum muda yang diharapkan akan membawa pengaruh positif akan budaya buku, membaca, menulis, dan bahkan dalam dunia penerbitan.

diharapkan dengan penetapan UNESCO pada tanggal 23 april sebagai hari buku sedunia ini membuat kita lebih giat dalam membaca buku.
walaupun dibilang buku itu telah banyak menghilangkan pohon-pohon dari negara kita sebagai kebutuhan kertasnya, tapi selama buku itu berguna bagi kita dan banyak bermanfaat bagi kita maka penebangan pohon untuk kertas itu akan lebih baik setidaknya jika dibandingkan buku-buku itu hanya berada dalam rak buku kita... ayo lihat lagi rak buku berapa banyak pohon yang ditebang dalam pembuatan kertas buku itu, dan ingat setiap bukunya merupakan tanggungan dosa bagi kamu jika tidak di manfaatkan. jika sudah merasa tidak berguna alangkah lebih baik jika buku-buku itu di sumbangkan

SEKIAN POST DARI SAYAemoticon-Ngacir Tubrukan

Jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L) yaa gan, minta emoticon-Blue Guy Cendol (L) kalo boleh....
Diubah oleh hardiansa73 22-04-2016 13:33
0
3.6K
30
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.