Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

reagannnnAvatar border
TS
reagannnn 
[H2CYSTG] Apa Itu Riddle dan Cara Memulai Membuat Sebuah Riddle

[H2CYSTG] Apa Itu Riddle dan Cara Memulai Membuat Sebuah Riddle



[H2CYSTG] Apa Itu Riddle dan Cara Memulai Membuat Sebuah Riddle

Riddle? Mungkin beberapa orang tidak merasa asing dengan kata "riddle" ini. Bukan Tom Riddle salah satu tokoh di Harry Potter, ya tapi mungkin nama itu juga memiliki kaitan dengan kata "riddle". Jadi apa riddle itu? Sebenarnya dalam bahasa Inggris, riddle itu sendiri berarti teka-teki atau misteri. Ternyata cukup melekat juga dengan tokoh Tom Riddle ya. Tapi sebenarnya gimana sih bentuk riddle yang dimaksud ini?
Bukan sekedar teka - teki biasa yang bisa kita temukan seperti di balik bungkus permen karet *eh. Riddle adalah sekumpulan kata dan kalimat yang disusun sedemikian rupa untuk menyembunyikan sebuah rahasia dengan bentuk yang memusingkan, membingungkan, menjerumuskan, menyesatkan serta mendistorsi pikiran anda ke dalam ketidaktahuan. Biasanya cerita yang dibuat di dalam riddle ini begitu kuat, sampai - sampai kita dapat merasakan suasana cerita dan lebih terpacu untuk mencari tahu dan menyelesaikannya. Dalam menjawabnya pun kita tidak boleh asal, kita harus tahu apa permasalahan yang dicari dan dalam menjawab harus ada alasan yang kuat, masuk akal serta memiliki jawaban yang obyektif sehingga dapat diterima dengan baik.
Jangan salah, riddle ini nggak cuma permainan teka - teki iseng belaka loh. Riddle ini juga termasuk salah satu dari kategori Brain's Food atau Makanan Otak. Brain's Food ini sangat berguna dalam melatih daya pikir atau kekuatan kita dalam berpikir, seperti yang pernah Bapak Adi (guru seni budaya SMAN 1 Jember) bilang di saat memotivasi siswa - siswi IA 4 saat itu.
Seiring berkembangnya zaman, riddle ini memiliki banyak bentuk sebagai sarananya. Mulai dari kalimat sederhana, berbentuk suatu cerita, bahkan riddle sudah banyak
dikonversi dan masuk ke dalam bentuk game dan film. Sebut saja The Da Vinci Code, Inception, dan masih banyak lainnya. Tapi tetap saja riddle yang begitu dikenal dan di anggap "The True Riddle" oleh para riddler yaitu riddle dalam bentuk cerita kompleks dan berbelit yang memaksa kita untuk berpikir keras bahkan membacanya berulang - ulang.


Lalu apakah kalian dapat membuat riddle kalian sendiri? Jawabannya bisa !. Bagaimana? Mari simak yg dibawah ini..


How To Start


Quote:



Membaca macam-macam riddle akan membantu kalian bagaimana cara menyusun riddle. Ada banyak riddle yang tersedia di internet yang bisa kalian jadikan panduan untuk membuat riddle kalian sendiri.


Quote:


Riddle bisa tentang semua yang dapat kalian bayangkan, tetapi objek yang memiliki bentuk fisik yang familiar dengan kita yang biasanya menjadi tema umum

*Tema yang lain dapat berupa fenomena alam seperti badai, atau salju, seekor binatang atau sebuah aksi

*Hindari tema yang sangat abstrak atau membutuhkan pengetahuan khusus.


Quote:


Beberapa riddle sangatlah pendek, hanya satu atau dua kalimat, sedangkan yang lain seperti miniatur cerita. Kalian bisa membuat riddle sepanjang apapun, tapi jangan sampai terlalu panjang sehingga pembaca atau pendengar tidak bisa mengikuti jalan ceritanya.



How To Make


Quote:


Setelah kalian menentukan solusi atau jawaban dari riddle kalian, kalian akan mengerjakan mundur untuk membentuk permasalahan yang ada di dalam riddle kalian. Cobalah untuk memilih sesuatu yang mudah untuk dikenali, seperti manusia atau non-manusia (Hantu) adalah tekhnik umum untuk membuat riddle.


Quote:



Riddle menggunakan metaphora untuk mendeskripsikan benda yang familiar dalam cara yang tidak familiar. Pikirkan tentang daftar ide yang kalian buat untuk mengecoh para pembaca atau pendengar


Quote:


Riddle sebenarnya lebih sering diucapkan, daripada dituliskan, jadi berpikirlah bagaimana riddle kalian terdengar saat diceritakan. Hindari kata-kata susah, atau konsep yang abstrak


Quote:



Sebenarnya lebih baik menentukan judul riddle saat riddle telah selesai disusun. Gunakan inti permasalahn sebagai judul.




PENUTUP


[H2CYSTG] Apa Itu Riddle dan Cara Memulai Membuat Sebuah Riddle
Berkreasilah dengan cara yang diberikan diatas. Tapi, walau bagaimanapun riddle tidak akan pernah selesai dibuat jika tidak ada niat, jadi berniatlah sungguh-sungguh dan buatlah riddle yang kreatif..



Diubah oleh reagannnn 18-04-2016 01:40
0
42.6K
21
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Can You Solve This Game?
Can You Solve This Game?KASKUS Official
2.9KThread2.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.