Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cleansellerAvatar border
TS
cleanseller
Di Jepang Lagi Dites Batar Pake Sidik Jari Gan!


Kalau Anda termasuk orang yang senang bepergian terutama ke luar negeri maka sering menemukan kendala terutama dalam hal alat pembayaran yang digunakan. Bila sudah menemui hal seperti ini maka jalan termudah adalah membawa uang tunai agar nanti dapat ditukarkan ke fasilitas money changer tujuan Anda. Namun hal ini juga masih terasa merepotkan bagi sebagian orang terutama lagi bila dikenakan biaya umtuk menukar uang.

Metode pembayaran yang ada saat ini pun masih dirasa kurang aman. Apalagi bila terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kecurian di tengah perjalanan Anda. Segala data diri dan alat pembayaran Anda seperti uang tunai atau kartu kredit dan ATM bisa hilang dan sulit untuk mendapatkannya kembali.

Dan untuk mengantisipasi hal-hal seperti ini kita boleh jadi melihat kembali ke negara Jepang, yang sering mengadakan berbagai inovasi dalam hal teknologi. Tidak terkecuali kali ini dalam hal alat pembayaran sah.

Agar membantu terutama mereka yang merupakan turis asing melakukan pembayaran, maka Jepang melalui pihak pemerintah sedang berusaha menerapkan sistem pembayaran baru sah dimana mereka turis asing dipermudah sekaligus lebih aman lagi dalam melakukan pembayaran. Metode yang sedang diujicobakan ini tidak tanggung-tanggung menggunakan sidik jari!

Ya Anda tidak salah melihat. Menggunakan sidik jari. Cara yang diajukan pun cukup sederhana dan tidaklah rumit. Nantinya sidik jari Anda akan dihubungkan dengan kartu kredit Anda di bandar udara di Jepang. Ketika sudah terkoneksi maka Anda tidak perlu repot lagi membawa uang tunai atau berbagai macam kartu kredit Anda. Ketika ingin berbelanja sesuatu Anda cukup melakukan scanning sidik jari untuk melakukan pembayaran. Sungguh ide yang menakjubkan nampaknya.

Dan nantinya diharapkan fasilitas penggunaan sidik jari ini diperluas. Nantinya dimungkinkan Anda bisa check-in ke hotel di Jepang juga menggunakan sidik jari. Namun hingga saat ini nampaknya masih dibutuhkan semacam identitas diri seperti passport untuk dapat melakukan hal ini.

Di Jepang sendiri ide ini nampaknya disambut baik dan dilaporkan sudah lebih dari 300 retailer dan penjual yang bergabung dalam implementasi penggunaan sidik jari ini. Dan pada 2020 diharapkan sudah diterapkan di seluruh Jepang demi menyambut even akbar Olimpiade dimana Jepang menjadi tempat penyelenggaranya.

Sumber

Wah keren banget ni gan apalagi cuma pake sidik jari. Kapan di Indonesia bisa kayak begini gan...
Diubah oleh cleanseller 11-04-2016 10:45
0
2.7K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.