Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gekkudoAvatar border
TS
gekkudo
[ANDROID] Simcity BuildIt
Masih ingat game Simcity? Ya, Simcity adalah sebuah game simulasi membangun kota idaman kita dan game ini sudah melegenda sejak tahun 1980an sampai tahun 2000. Beberapa saat yang lalu EA merilis game terbarunya di Play Store yang berjudul Simcity BuildIt. Ya kurang lebih permainannya sama dengan Simcity yang lama. Namun kali ini penggemar game simulasi ini tidak perlu memainkannya di PC, cukup di smartphone android saja kita sudah bisa membuat kota impian harapan sejuta umat.



Dalam Simcity BuildIt kita berperan sebagai walikota. Kita diberikan lahan kosong yang dapat kita gunakan untuk membangun sebuah kota yang nantinya akan berkembang menjadi Kota Megapolitan. Agar semua itu tercapai, kita harus memulainya dengan membuat jalan dulu pada lahan kosong tersebut. Kemudian kita membuat pabrik agar dapat membuat besi dan kayu untuk membangun. Baru deh kita bisa membangun rumah warga.

Nah agar kota harapan sejuta umat buatan kita semakin berkembang, kita bisa menambahkan toko penyedia kebutuhan sehari-hari, taman, penyedia listrik, air, kantor polisi, dan bangunan yang lain.



Kelihatannya game ini mudah ya? Eits jangan salah dulu. Tugas kita sebagai walikota tidaklah mudah. Walaupun kita sudah membuat kota yang rapi dan besar, kita juga harus bisa mendengarkan aspirasi dari warga di kota kita. Ada yang tidak nyaman hidup disamping pabrik karena kena asap, ada yang ingin tinggal dekat taman, ada juga yang ingin tinggal di samping pusat perbelanjaan. Untuk problematika seperti itu, kita tinggal memindahkan lokasi dari warga kita yang merasa tidak nyaman tadi ke tempat yang sekiranya ia inginkan. Namun juga tidak sedikit warga kita yang senang dengan kinerja kita sebagai walikota.



Persoalan yang lain yaitu jika warga kita memerlukan kebutuhan umum seperti taman, pemadam kebakaran, polisi, air, listrik, dan kebutuhan lainnya. Kita harus memenuhi kebutuhan mereka dan semua itu tidak gratis. Nah bagaimana cara kita untuk mendapatkan uang? Pada Simcity BuildIt kita bisa mendapatkan uang dari hasil jual kayu maupun besi yang kita produksi di pabrik atau dengan pajak yang dibayarkan warga. Jika warga suka dengan kepemimpinan kita, maka jumlah pajak yang akan kita terima akan semakin besar, demikian sebaliknya.

Dengan memberikan apa yang penduduk kita butuhkan, mereka akan menyukai kita. Namun uang kita juga terbatas, maka kita harus bisa memprioritaskan kebutuhan mana yang lebih urgent daripada kebutuhan yang lain. Di SimCity BuildIt, kita juga mengenal sistem zona di mana daerah industri harus jauh dari zona perumahan. Begitu juga dengan tempat pengolahan limbah, pembangkit listrik, atau lainnya yang menghasilkan asap kotor. Jika tidak kita bedakan, para warga akan meninggalkan kota kita.

Dari segi grafis, Simcity BuildIt ini sangat detail, tampak seperti kota nyata serta gameplay pun menyerupai kehidupan sehari-hari. Game ini sangat saya rekomendasikan bagi para penyuka building simulation game. Game ini juga adiktif, membuat kita ingin membesarkan kota kita terus. Game yang cocok banget buat kamu yang mengambil jurusan kuliah Tata Kota & Daerah!

Nah langsung aja donlod dimari gan Simcity BuildIt

Spoiler for sumur:
0
8.2K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.