Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sbersayapAvatar border
TS
sbersayap
Warga Vietnam Mayoritas Berbahasa Indonesia
Ho Chi Minh – Warga Indonesia tak akan kesulitan jika bepergian ke Vietnam. Pasalnya, di Negara yang dipimpin Presiden Trần Đại Quang ini Bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi di Negara itu, bahkan menjadi Bahasa kedua setelah bahasa Vietnam.

Di Ho Chi minh City, Pemerintah daerah itu sejak tahun 2007 sudah membuat sebuah kebijakan bahwa Bahasa Indonesia adalah Bahasa resmi warga setempat. Bahkan, Bahasa Indonesia telah menjadi mata pelajaran di seluruh Sekolah dan Universitas di daerah itu.

Pemerintah Daerah yang berada di semenanjung vietnam ini juga telah meminta bantuan kepada Pemerintah Indonesia untuk mendatangkan guru Bahasa Indonesia dan melatih beberapa guru-guru di Ho Chi Minh City. Setidaknya, Pemerintah Indonesia melalui Konsulat Jenderal RI di Ho Chi Minh City menyumbangkan sarana untuk pengembangan Bahasa Indonesia.

Tomy Lung, Salah satu Pegawai AEON Mall di Celadon City kepada deliknews.com Minggu (10/4) mengaku senang dapat berbahasa Indonesia.

“Teman-teman saya, keluarga saya, dan beberapa masyarakat di tempat saya tinggal di juga mengerti Bahasa Indonesia” Kata Lung, secara Faseh.

Kata dia, mereka telah belajar bahasa Indonesia, sebelum pemerintah mengumumkan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa resmi.

“Ya saya, sudah belajar Bahasa pada tahun 2005, saat itu saya akan pergi ke Bali, Indonesia, dan kami mempelajarinya. Saya senang, karena tidak begitu sulit mempelajari, yang penting mengerti maksud dari setiap kalimat. Tetapi penyebutan seseorang dalam Bahasa Indonesia ada beberapa tingkatan, misalkan ‘Kamu’ kata ini buat mereka yang sebaya dan ‘Anda’ kalimat ini lebih sopan. Sama seperti ‘aku’ dan ‘saya’ nah ada beberapa kata yang jika disebut artinya sama tetapi perbedaannya pada kesopanan. Kata Lung, mempraktekan.

Terakhir kali kata dia, ke Indonesia pada 2013 dan dia tidak terlalu sulit berbahasa Indonesia. Karena telah mempelajarinya sejak lama.

“Saya mempelajari kepada warga Negara Indonesia yang berada di disini, teman-teman kami yang bekerja di Celadon ini banyak, mereka datang dari pulau Jawa” Kata Lung.

Menurutnya, hubungan Indonesia dengan vietnam sangat baik dan erat. Disini kata dia, Indonesia dan vietnam berada pada wilayah yang sama yaitu ASEAN. “Jadi kami serumpun, sama saja, anda warga Negara Indonesia, anda bisa masuk ke sini hanya menunjukan passpord, begitu juga dengan kami jika ke Indonesia, tidak ada bedanya, jadi Indonesia dan Vietnam itu bersaudara” Kata lung, tertawa.

Hubungan baik ini, menurut Lung yang juga sebagai salah satu Manager di AEON Celadon City ini ingin agar lebih erat dan saling membantu satu sama lain. Katanya mengakhiri.
0
21.7K
142
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.