Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

elhan07Avatar border
TS
elhan07
Warga Pasar Ikan Luar Batang Mulai Bongkar Rumah Sendiri


Warga Pasar Ikan Luar Batang Mulai Bongkar Rumah Sendiri
Jakarta - Warga Pasar Ikan Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara mulai membongkar tempat tinggalnya sendiri. Sementara pihak Pemprov sudah menyiapkan 5 unit backhoe di depan pasar.

Pantauan di lapangan, warga mulai sibuk membongkar rumahnya. Satu per satu kayu kusen, pintu serta pondasi kerangka bangunan dibongkar sendiri. Setidaknya material itu masih bisa dijual kembali oleh mereka.

"Saya sudah pasrah," ujar Sutinah sembari merapikan barang-barang berharga miliknya, Jumat (8/4/2016).


Foto: Edward F.K./detikcom


Warga tidak sendiri membongkar rumahnya. Ratusan petugas Satpol PP dari kecamatan Penjaringan dan Walikota Jakarta Utara ikut membantu warga pindahan. Satu per satu barang yang sudah dikemas ke dalam kardus, diangkut ke truk milik Satpol PP.

Secara terpisah Camat Penjaringan Abdul Khalit mengatakan, pembongkaran rumah warga dilakukan atas kesadaran warganya. Setidaknya pembongkaran sudah dilakukan warga di wilayah RW 02.

"Ada empat RT di sini yang terkena (relokasi) yaitu RT 01, RT 02, RT 11, dan RT 12. Hari ini sudah memasuki SP 2. Kita masih beri kesempatan mereka untuk membongkar bangunan rumah hingga hari minggu nanti," ujar Abdul di lokasi.


Foto: Edward F.K./detikcom


Pemkot Jakarta Utara, kata Abdul telah menyiapkan unit di rRsun Marunda dan Rawa Bebek sebagai ganti tempat tinggal mereka. Tak sedikit warga yang berpikir untuk mempertahankan tempat tinggal mereka.

"Ada beberapa yang nolak tetapi masih dalam batas wajar. Kami juga berusaha terus memberikan pengertian dan sosialisasi kepada warga. Sejauh ini saja sudah ada 310 KK yang daftar untuk pindah ke rusun, sedangkan yang sudah menempati sudah 244 KK," paparnya.

Eksekusi penertiban rumah warga yang tak memiliki sertifikat kepemilikan ini akan dilakukan Senin (11/4) besok. "Kalau sudah batas waktunya, tidak ada toleransi lagi untuk mereka," tegas Abdul.

Foto: Edward F.K./detikcom

(edo/fdn)

Spoiler for sumber:



"Ternyata warganya malah sudah pasrah dan menerima digusur..."
Kok Bang Miki ga terima malah

0
3.6K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.