eko507Avatar border
TS
eko507
Sejarah Perkembangan Kamera On Board MotoGP
Hallo gans...
Met malem, mari begadang berjama'ah menantikan gelaran MotoGP di sirkuit Austin.
Spoiler for No Repost:

Tentu salah satu hal yang menarik dari live race MotoGP adalah aksi rider di atas motor yang sedang melaju pada 250kmh++.
emoticon-Takut
Semua ini bisa disajikan berkat bantuan On Board Camera yang terpasang di berbagai sudut motor.
Total ada empat kamera yang dipasang pada satu motor, yang membuat tayangan MotoGP begitu menarik, dan berikut ini letaknya.

Kameranya hanya sekecil ini gan. Dengan bobot hanya 78gr, Canggih banget kan ya...


Tahukah Agan, Gimana Wujud Onboard Camera Pertama Di MotoGP?

Kayak Gini nih gan.!!

Kamera ini 17x lebih gede dibanding onboard kamera hari ini gan, dan pertama kali dipasang pada motor Honda NS500 nya Randy Mamola saat itu tahun 1985 di GP Assen.

Awalnya akan di taruh pada motor Freedy Spencer, tetapi batal karena Fredy Spencer adalah world Champions, agak riskan meletakkan Freddy sebagai rider percobaan Onboard Camera, dan akhirnnya terpilihlah Randy Mamola.


Motor NS500 tidak membutuhkan full Fuel sehingga HRC setuju untuk mengunakan 2 liter kompartement fuel tanknya untuk peletakkan Camera control beserta Baterai Li-Ion dan Transmiter Gelombang Mikro 2,4GHz . .. waktu itu batre Li-Ion dah canggih banget gan...


MotoGP / GP Assen 1985 dihelat dalam kondisi Hujan dan Mamola Start dari posisi terdepan, Sutradara siaran langsung GP Assen gambling untuk mengambil Video onboard sebagai Video pembuka sesaat setelah signal start dimulai dan itulah pertama kalinya siaran langsung yang memamerkan buliran air hujan tersapu angin di windscreen Bubble Honda NS500 nya mamola . . . dan Istimewanya , Randy Mamola juara sob . .. satu satunya kemenangan seri Mamola di Tahun 1985

Setelah percobaan pertama tersebut, Dorna Sports mulai fokus mengembangkan perangkat kamera mini sebagai bagian yang terintegrasi dengan motor balap. Pada 1992, Dorna akhirnya memperoleh hak untuk memasang kamera pada balapan grand prix secara berkesinambungan dan terus mengembangkan kamera dari sisi kualitas video dan bobot.



Setelah memangkas hampir setengah bobot kamera, pada 2002-2006 Dorna mulai berani memasang multi kamera pada motor kontestan. Awalnya dua buah, kemudian empat kamera mampu dipasang pada satu motor sehingga memberikan banyak kelebihan bagi para teknisi.

Setelah mengalami pengembangan, pada 2007 Dorna mengalami trobosan dengan mengganti kamera analog dengan transmisi digital. Memungkinkan untuk me-relay gambar melalui helikopter. Dalam beberapa tahun terakhir, perubahan besar dalam teknologi on board adalah lompatan dari kualitas gambar ber-resolusi SD menjadi HD.


Nah Gitu aja gan.. sejarah perkembangan Onboard Camera pada MotoGP, semoga menambah wawasan.emoticon-Toast
FYI gan.. per tahun 2015 GoPro resmi jadi supplier & sponsor kamera MotoGP.
Bonus nih gan...
Spoiler for BB:


SELAMAT BEGADANG....emoticon-Selamat

Sumbernya Gan :
Sumur 1
Sumur 2
Diubah oleh eko507 10-04-2016 13:45
0
8.9K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.