• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Metode Pembayaran Masa Depan Bakalan Rame Sama yang Kayak Begini Gan

azriel_bahrieAvatar border
TS
azriel_bahrie
Metode Pembayaran Masa Depan Bakalan Rame Sama yang Kayak Begini Gan


Hai Gan! Apa sih yang selalu dekat sama keseharian hidup kita? Selain tukang ojek, tukang bakso dan tukang tukang lainnya yang emang sering seliweran di keseharian emoticon-Ngakak (S), ada satu lagi yang paling utama nih Gan. Apalagi kalau bukan soal urusan uang, uang, dan uang. Bukan mata duitan nih,tapi yang namanya uang selalu kita gunakan untuk segala macam transaksi dalam keseharian kan? Mau beli bakso pake uang, mau beli es teh pake uang, mau bayar sewa sampe mau beli kado juga pake uang kan.

Kita emang sering banget nih ngelakuin apa yang disebut sebagai pembayaran peer to peer seperti ini. Apa itu pembayaran peer to peer? Pembayaran peer to peer (p2p) ini nih yang biasa disebut sebagai pembayaran antar personal. Transaksi ini bisa di bedakan dalam dua jenis yakni transfer seperti membayar sewa atau splitting bill saat makan malam dan bentuk hadiah atau pembelian informal seperti mengirimkan check ulang tahun.

Tapi nih Gan, kayak hati manusia yang bisa berubah, emoticon-Big Grincara pembayaran dari hari ke hari juga bisa semakin berubah. Orang nggak lagi tuh bawa duit segepok gepok kemana-mana untuk melakukan pembayaran. Mereka cukup menggunakan smartphone mereka untuk setiap transaksi formal maupun informal mulai dari berbelanja, makan dan bakan membayar sewa. Yup. sekarang udah trendnya pembayaran p2p via mobile Gan.



Semakin banyaknya orang yang melakukan pembayaran P2P mobile bahkan diperkirakan akan terus bertumbuh di setiap tahunnya. Akhirnya nih Gan banyak perusahaan yang akhirnya berlomba lomba menawarkan layanan pembayaran P2P secara digital baik di desktop ataupun mobile sebagai alternatif dari penggunaan uang tunai maupun check. Tapi yang paling digetol-getolin belakangan ini ya di mobilenya nih Gan. Nggak usah heran. Lihat aja ke diri kita yang sering kali susah lepas dari yang namanya handphone dan selalu dibawa kemana mana.

Business Insiderbahkan memprediksi pembayaran P2P lewat perangkat mobile akan bertumbuh dari 5,6 milyar dolar di 2014 ke 174 milyar dolar di tahun 2019 dan bahkan pangsanya dari 1 % total pembayaran P2P tahun lalu menjadi 30 % di tahun 2019.

Salah satu perusahaan yang juga membuat langkah dalam mengambil dasar pembayaran p2p mobile adalah perbankan nih Gan.

Kenapa ?

Bank juga nggak lepas dari ancaman kemajuan teknologi Gan. Layanan baru dari penyedia pihak ketiga bermunculan memungkinkan para pelanggan bank untuk mengakses berbagai layanan yang biasa kita dapatkan di front-office perbankan melalui layanan non bank.


Dengan adanya perusahaan teknologi yang ikut nimbrung dan menawarkan layanan yang sama, bank beresiko kehilangan loyalitas konsumen. Tau kan gimana rasanya ditinggal sama orang orang yang dipercaya. Etsah.. Mungkin ini juga yang dirasakan bank yang nggak mau ditinggalin sama nasabahnya. Akhirnya bank juga harus mengikuti trend, salah satunya adalah menawarkan kepada pelanggan fitur aplikasi pembayaran p2p mobile.

Terus untungnya di kita apaan sih dengan aplikasi pembayaran p2p mobile perbankan?





Jadi bagi kita yang cuma apalah ini debu dibawah keset.. ahahaha emoticon-Ngakak (S)maksudnya bagi kita yang cuma konsumen biasa ini ada keuntungan kok yang didapatkan dengan menggunakan aplikasi pembayaran p2p perbankan. Misalnya kayak yang ini nih:

- Nggak perlu rempong.Kita nggak perlu punya dua aplikasi di handphone untuk menampung kebutuhan akan pembayaran dan pengaturan rekening di bank. Semua bisa diperoleh lewat satu aplikasi ini.
- Cepat. Nggak perlu lagi susah nyari nyari atm terdekat, pecahan duit kecil dan sebagainya. Dengan aplikasi pembayaran p2p mobile kita bisa mengirim uang atau melakukan transaksi pembayaran lebih cepat. Nggak cuma itu, aplikasi pembayaran p2p mobile juga praktis Gan. Misalnya buat bayar utang ke teman saat harus membayar makanan di luar bisa dilakukan seketika.
- Bikin hati nggak was-was. Nasabah kadang sering was was dan deg-degan ketika melakukan transaksi atau memberikan informasi pembayaran terutama pembayaran pembayaran yang sedikit sensitif dari layanan non bank. Tapi orang lebih banyak percaya pada bank dalam menyediakan e-wallet kan.. Nah lewat aplikasi pembayaran p2p mobile perbankan orang bisa lebih bernafas lega tanpa perlu deg deg ser setiap melakukan pembayaran.





Di Indonesia sendiri juga udah cukup banyak kok Gan bank-bank yang ikut mengembangkan aplikasi pembayaran p2p mobile untuk para nasabahnya. Tapi menurut Agan,inovasi apa nih yang seharusnya bank-bank kita lakukan untuk menciptakan aplikasi pembayaran p2p mobile perbankan yang sesuai dan bisa menampung segala kebutuhan nasabahnya? Daripada cuma komat kamit nggak jelas mending ide-ide Agan langsung aja dituangin di wadah yang tepat. Pas banget nih bentar lagi bakalan ada acara Financial Hackathon. Belum tau apa itu financial hackathon atau finhacks? Acara ini adalah acara buat para developer atau praktisi TI buat ikutan bikin inovasi bagi kemajuan sektor finansial dnegan mengembangkan solusi berbasis teknologi Gan. Tenang, dengan ikutan ini dijamin Agan bakalan senang. Senang karena selain Agan bisa berkesempatan dapetin hadiah-hadiah kerennya, ide dan inovasi Agan bisa membantu banyak orang. Pahala banget kan tuh. emoticon-Big GrinNggak ada ruginya nyoba ikutan Gan. Siapa yang pernah tau ide kecil Agan bisa jadi hal besar buat banyak orang.



Spoiler for sumur:
Diubah oleh azriel_bahrie 08-04-2016 14:38
0
56K
244
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.