Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

metrotvnews.comAvatar border
TS
MOD
metrotvnews.com
Ribut Soal Reklamasi, Ahok Tuding LSM Lingkungan Minta Duit
Ribut Soal Reklamasi, Ahok Tuding LSM Lingkungan Minta Duit

Metrotvnews.com, Jakarta: Proyek reklamasi pulau di Teluk Jakarta menuai kritikan dari sejumlah aktivis lingkungan. Reklamasi dinilai berdampak buruk bagi ekosistem laut, dan mempersempit wilayah tangkapan ikan nelayan tradional.


Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, proyek reklamasi sudah lulus uji Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL). Ahok, sapaan Basuki, mengaku heran ada banyak LSM lingkungan yang berteriak menolak reklamsi.


Padahal, kata Ahok, ada dua perusahan pelat merah, yakni PT KCN dan PT KBN, juga membangun pulau yang menempel daratan Jakarta. Reklamasi pulau itu melanggar aturan. Sebab reklamasi boleh dilakukan bila dibangun 300 meter dari bibir pantai.


"PT KBN sama PT KCN bikin pulau, bangun dermaga di depan daratan Jakarta. Ada enggak ahli, LSM lingkungan yang ribut? Enggak ada. Saya curiga," kata Ahok di Balai Sidang Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (8/4/2016).


Mantan Bupati Belitung Timur itu mempertanyakan sikap aktivis lingkungan tidak mempermasalahkan pulau reklamasi yang dibangun PT KBN dan PT KCN. Padahal, pulau itu melanggar aturan.


"Waktu pengembang yang bangun sesuai yang digarisi peraturan ribut semua, yang enggak pakai peraturan seperti PT KCN yang joint dengan PT KBN pada dimana suaranya? Saya yang ributi mereka setengah mati. Jangan-jangan mentalnya seperti Sanusi, minta duit. Saya enggak tahu kepentingannya apa," tuding Ahok.


Suami Veronica Tan itu sudah memerintahkan anak buahnya untuk membongkar dermaga milik dua perusahaan BUMN itu. "Sekarang kita bongkar, kita panggil, bandel banget. Dia (PT KBN dan PT KCN) berlindung di bawah Kemenhub, dia bilang pelabuhan berhak, pelabuhan nenek lu," tutur Ahok.


Terkait menyempitnya wilayah tangkapan ikan bagi nelayan tradisional akibat reklamasi, Ahok berencana membuat kampung nelayan di Kepulauan Seribu. Menurut Ahok, kualitas air di Teluk Jakarta tidak begitu baik karena tercemar logam berat dari limbah pabrik.


"Saya mau bangun kampung nelayan di Kepulauan Seribu supaya dia bisa pelihara ikan yang bagus, yang enggak ada logam beratnya. Saya juga mulai paksakan pengelolaan air limbah supaya sungainya tidak tercemar sampah dan macam-macam. Nelayan begitu banyak, kita mau pindahin supaya dia punya budidaya ikan yang lain, enggak ada yang ribut," kata Ahok.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/read/201...gan-minta-duit

---

Kumpulan Berita Terkait REKLAMASI TELUK JAKARTA :

- Ribut Soal Reklamasi, Ahok Tuding LSM Lingkungan Minta Duit Ribut Soal Reklamasi, Ahok Tuding LSM Lingkungan Minta Duit

- Ribut Soal Reklamasi, Ahok Tuding LSM Lingkungan Minta Duit Kepala Bapedda DKI DKI Bantah Dilobi Pengembang soal Raperda Reklamasi

- Ribut Soal Reklamasi, Ahok Tuding LSM Lingkungan Minta Duit Kuasa Hukum: Sanusi Bukan Terima Suap, Tapi Uang Pertemanan

tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
1.5K
7
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Medcom.id
Medcom.idKASKUS Official
23KThread601Anggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.