Setiap Manusia memiliki jumlah waktu yang sama yaitu 24 jam dalam sehari. Setengah waktu yang kita gunakan habis karena beberapa hal, yaitu tidur, makan, bergaul dan interpersonal. Sering kali ada orang yang belum bisa mengatur waktu dengan cara yang efektif dan efisien, sehingga cukup sulit untuk mengatur manajemen waktu karena terhambat oleh tugas sehari – hari. Sering kali waktu yang ditargetkan dalam menyeleseikan sesuatu terkendala oleh hal diatas.
Manajemen waktu merupakan kiat sukses dalam hidup ini. Ada beberapa orang yang mengeluh karena waktu 24 jam dalam sehari itu tidak cukup. Sebenarnya permasalahannya bukan pada jumlah waktu, melainkan bagaimana upaya kita untuk mengatur waktu yang terbatas tersebut menjadikan sesuatu yang bermanfaat.
Hal-hal berikut yang anda harus garis bawahi :
- Perhatikan waktumu
- Refleksikan bagaimana anda mengatur waktu
- Sadarilah waktu yang terbuang sia – sia
Untuk melaksanakan manajemen waktu yang optimal, maka perlu di tunjang dengan adanya keinginan yang kuat , tindakan yang terus menerus, aktif, lapang dada, penuh optimisme, berpengetahuan luas, mampu memasukan berbagai pemikiran serta mampu mengendalikan emosi dalam banyak kasus. Sebuah konsistensi juga dapat menampilkan seluruh tugas penting yang belum sempurna, sejalan dengan waktu aktivitas akan berubah menjadi pencapain yang cukup besar. Berikut ini beberapa tipsnya, check it out guys!:
Spoiler for cekidot:
Buatlah jadwal perencanaan dan kembangkan kebiasaan merencanakan.
Rencanakan tugas yang harus segera dilakukan dan prioritaskan tugas yang sulit. Buatlah jadwal umum untuk membantu anda memanajemen waktu anda. Awasi setiap hari jadwal umum tersebut, dan berikan beberapa tekanan khusus untuk tugas yang harus diseleseikan. Semakin banyak waktu yang dilewatkan untuk merencanakan suatu pekerjaan maka makin sedikit pula waktu yang diperlukan untuk menyeleseikannya.
Tentukan Prioritas kegiatan yang mendesak dan penting.
Belajar dengan efisien dan cepat dalam mengatur beberapa hal yang harus menjadi prioritas. Tugas yang penting dan mendesak harus berada di tingkat lebih tinggi. Cobalah untuk bekerja cerdas dan sederhana. Jangan sampai mengabaikan tugas – tugas penting yang harus segera dikerjakan untuk mencapai hasil yang maksimal dalam memanajemen waktu.
Perhitungkan antara kualitas hasil pekerjaan dan waktu yang dibutuhkan.
Untuk menyeleseikan pekerjaan yang cukup rumit dan panjang. Sebaiknya harus memecah beberapa tugas – tugas panjang yang akan dilakukan dengan memecah menjadi beberapa kegiatan yang lebih kecil dan mudah dikelola. Jadi kita harus mencicil tugas tersebut sedikit demi sedikit. Tentu ini akan mengelola baik waktu anda.
Aturlah keseimbangan waktu anda.
Dengan mengatasi setiap tugas dan masalah yang harus segera ditangani. Cobalah untuk tidak menunda kegiatan untuk lain waktu, karena tekanan waktu dapat menyebabkan adanya kekeliruan dan salah dalam mengambil keputusan.
Melakukan beberapa pekerjaan dalam satu waktu sangat jauh lebih efektif dan efisien dalam mengatur keseimbangan waktu anda.
Tetaplah fokus dan disiplin.
Kunci agar tetap fokus untuk mengatur waktu anda yaitu menghindari hal – hal yang dapat mengalihkan perhatian anda. Dan dengan bersifat tegas serta disiplin pada diri sendiri, manfaatnya pekerjaan atau tugas cepat terseleseikan dengan baik dan dengan waktu yang singkat. Latih kebiasaan untuk fokus, disiplin dan tegas serta ciptakan kebiasaan yang baik dan ganti kebiasaan yang buruk sedikit demi sedikit.
Selalu rencanakan untuk hal – hal yang tak terduga
Merencanakan hal – hal yang tak terduga yang bisa terjadi kapan saja. Tentu hal ini sangat membantu sekali dalam memanajemen waktu, sehingga beberapa tugas dapat dikerjakan dengan baik karena manajemen waktu yang baik pula. Hal – hal yang dapat membuat anda merencanakan hal – hal yang tidak terduga, seperti adanya kerusakan ada PC/laptop, ban bocor pada saat perjalanan pulang dan lain lain
Keterampilan dalam memanajemen waktu sangat diperlukan sekali. Karena dengan memanajemen waktu kita dengan baik, kita dapat lebih mudah dalam mengerjakan beberapa tugas dan prioritas dan juga mengajarkan memiliki waktu yang sangat berharga dan tentunya sayang jika disia – siakan. Semoga anda bisa mengatur waktu anda dengan se efisien mungkin.