Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

buljem.butAvatar border
TS
buljem.but
HUTANG LAGI DAN LAGI
Jakarta - Defisit anggaran pada tahun ini diperkirakan melebar dari yang sudah ditetapkan 2,1% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2016, defisit anggaran dinaikkan menjadi 2,5%.

"Akan terjadi pelebaran defisit dari 2,15% menuju kira-kira 2,5%," ungkap Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (7/4/2016).

Pelebaran defisit tersebut setara dengan Rp 40 triliun. Ini akan ditutup oleh sisa anggaran lebih pada tahun sebelumnya, yang nilainya mencapai Rp 19 triliun. Sisanya adalah penambahan utang.

"Utang barunya untuk menutupi defisit sekitar Rp 21 triliun," jelasnya.

Seperti diketahui dalam APBN 2016, dengan asumsi defisit 2,1%, maka Surat berharga negara yang diterbitkan adalah Rp 327,3 triliun.

Bambang mengatakan, defisit yang melebar terjadi karena penerimaan negara diperkirakan tidak akan mencapai target. Khususnya yang bersumber dari sektor minyak dan gas bumi (migas). Faktor penyebabnya yaitu, anjloknya harga minyak dunia yang sekarang diasumsikan US$ 30 per barel (sebelumnya US$ 50 per barel).

Sedangkan dari sisi pajak, Bambang belum dapat mengungkapkan target sampai dengan akhir tahun. Akan tetapi sebelumnya diperkirakan realisasi penerimaan pajak non migas hanya akan mencapai kisaran Rp 1.150 triliun. Makanya kemudian dibutuhkan kebijakan pengampunan pajak atau tax amnesty.

"Yang kita akan jaga adalah penerimaan di pajak non migas. Dan salah satunya yang paling penting adalah nanti penerapan dari tax amnesty," papar Bambang.
(mkl/wdl)

sumur
0
792
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.5KThread41.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.