Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

paolo03Avatar border
TS
paolo03
Ini Alasan Pemkot Bandung Biarkan 'Bukit' Sampah di Cigondewah


Bandung - Tumpukan sampah di lahan kosong milik Jasa Marga di kawasan Cigondewah Kaler Kota Bandung sudah sejak setahun lalu ada. Mengapa Pemkot Bandung membiarkan?

Dirut PD Kebersihan Kota Bandung Deni Nurdyana menyangkal sampah tersebut berasal dari Kota Bandung, apalagi, posisinya berada di perbatasan antara Kota Bandung dan Kabupaten Bandung. TPS liar ini memang berada di perbatasan antara kedua daerah.

"Hampir semua perbatasan Kota dan Kabupaten semua dipakai buang sampah dari kabupaten. Itu terjadi di Cibaduyut dan Mohammad Toha. Kita sudah nyimpen kontainer sampah, warga dari Kabupaten sering lempar-lempar sampah ke sana, petugas kami sering memergoki," ujar Deni kepada detikcom melalui telepon.

Menurut Deni, tak jauh dari lokasi TPS liar, PD Kebersihan sudah menyediakan TPS resmi milik Pemkot Bandung. Selama ini pihaknya selalu mengangkut sampah warga dari TPS tersebut.

"Kalau warga kota yang mau buang sampah, ngapain buang sampah ke TPS liar. Kan sekitar 50 meter dari sana ada TPS, di Pasar Cigondewah. Itu yang selalu kita angkut," kata Deni.

Deni mengakui masalah sampah di perbatasan memang cukup rumit. Pihaknya mengaku sudah menempatkan kontainer di sejumlah perbatasan Kota Bandung dan Kabupaten Bandung.

"Kita simpan kontainer di Cibaduyut, di Moh Toha ada dua, di tol Buahbatu ada. Itu selalu overload. Kalau boleh jujur, punten ini mah, warga Kabupaten yang ngelewat teh sok maen lung-lung weh (melempar sampah). Ada fotonya waktu petugas saya memergoki," ungkap Deni.

Deni berharap dengan adanya MoU bersama pemerintah Kabupaten Bandung, bisa sama-sama mengelola sampah perbatasan dengan baik.

"Nanti kalau MoU sudah ditandatangani Pak Wali kita bisa bikin taman di perbatasan, bikin TPS bersama, biar masalah bisa diatasi bersama," ucapnya.

Rencananya, PD Kebersihan Kota Bandung akan mengangkut sampah di TPS liar tersebut besok hari, Kamis (7/4/2016) pagi. "Besok kita angkut pagi-pagi mulai pukul 09.00 WIB. Sekalian minta izin ke Jasa Marga, boleh enggak kita masang kontainer di sana," tandasnya.

Soal sampah buangan dari warga Kabupaten Bandung juga diakui warga sekitar. Menurut mereka, selama ini warga Kabupaten yang melintas seringkali membuang sampah di TPS liar itu.

(avi/ern)

Saling lempar tanggung jawab
0
4.5K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.