Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

solit4ireAvatar border
TS
solit4ire
AGUAN, Pengusaha Berjuluk God Father Geng Sembilan Naga. KPK stloong Hadapinya!
Aguan, Pengusaha Berjuluk God Father Geng Sembilan Naga
Senin, 4 April 2016 - 13:12 wib

AGUAN, Pengusaha Berjuluk God Father Geng Sembilan Naga. KPK stloong Hadapinya!
Sugianto Kusuma alias Aguan (Foto: Antara)

Bos Agung Sedayu Group (ASG), Sugianto Kusuma alias Aguan telah resmi dicekal Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ia dicekal untuk berpergian ke luar negeri dalam durasi setengah tahun ke depan.

Tujuannya tidak lain ialah guna memudahkan penyidik KPK melakukan penyidikan kasus dugaan suap pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Rencana Zonasi Pesisir Pulau-Pulau Kecil (RWZP3K).

Lantas, siapa sesungguhnya sosok Aguan? Berdasarkan penelusuran Okezone, nama Aguan pertama kali tenar di tahun 1970-an kala diduga terlibat kasus penyelundupan barang elektronik via Palembang, Sumatera Selatan.

Ngerinya lagi, sepak terjang Aguan nyaris tak tersentuh hukum lantaran punya beking kuat semasa rezim Orde Baru berkuasa. Aguan disebut-sebut sebagai salah satu god fathernya geng 9 Naga.

Tak hanya sampai di situ, Aguan juga seorang papan atas yang juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial melalui Yayasan Budha Tzu Chi sejak tahun 2002 silam. Yayasan ini merupakan cabang dari organisasi yang dipimpin Master Cheng Yen di Taiwan.

Diketahui, Buddha Tzu Chi ikut andil dalam kegiatan sosial membantu korban banjir besar di Jakarta pada 2002 dan bencana tsunami yang memprakporandakan Aceh tahun 2004.

Kiprah bisnis Aguan tak bisa terlepas dari ASG. Kelompok usaha ini secepat kilat menjelma menjadi kekuatan bisnis luar biasa pada tahun 1991.

Mereka sukses membangun kawasan Harco Mangga Dua, sebuah mal pusat elektronik terintegrasi perdana yang hadir di Indonesia. Sejumlah kawasan residensial dan komersial juga dijajaki, di antaranya Taman Palem dan proyek Kelapa Gading Square.
http://news.okezone.com/read/2016/04...-sembilan-naga


Aguan Dicekal! KPK Minta Bos Grup Agung Sedayu Group (ASG) Tidak Ke Luar Negeri
4 April 2016

AGUAN, Pengusaha Berjuluk God Father Geng Sembilan Naga. KPK stloong Hadapinya!
Aguan Sugianto Bos ASG

HargaTop.com – Setelah menahan Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land Tbk (APL) Ariesman Widjaja, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kini mencekal Chairman Agung Sedayu Group (ASG) Aguan Sugianto. Berdasarkan kepentingan penyidikan KPK, Aguan diminta tidak berpergian ke luar negeri.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Saut Situmorang menjelaskan bahwa tujuan dicekalnya Aguan adalah untuk membantu menjelaskan terkait dugaan suap reklamasi yang melibatkan Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta, M Sanusi, dengan PT APL.

“Agar yang bersangkutan bisa membantu kami menjelaskan masalahnya kepada KPK guna menegakkan keadilan, kebenaran, dan kejujuran,” tutur Saut seperti dilansir HargaTop via Tempo (3/4/2016).

Meskipun demikian, Saut menyatakan sementara ini belum ada keterkaitan antara Aguan Sugianto dan ASG dengan kasus suap yang terkuak lewat operasi tangkap tangan (OTT) pada hari Kamis (31/3/2016). Namun dirinya tidak menutup kemungkinan adanya keterlibatan Aguan.

Berita soal terlibatnya para bos properti ini dalam kasus korupsi yang melibatkan DPRD DKI Jakarta dan berujung pada penangkapan M Sanusi santer diberitakan media di Indonesia.

Jika Ariesman merupakan profesional yang berada di jajaran Dewan Direksi PT APL, maka Aguan adalah pendiri sekaligus pemimpin imperium bisnis Agung Sedayu Group. Dirinya juga dikenal sebagai Wakil Ketua Yayasan Tzu Chi, yayasan yang dikenal berjiwa sosial tanpa memandang perbedaan.

Kepala Humas Imigrasi Heru Santoso menyatakan bahwa Aguan dicekal sejak Jumat, 1 April 2016, hingga jangka waktu enam bulan ke depan.
https://cdn.tmpo.co/data/2016/04/03/...494902_620.jpg


KPK Sebut Aguan Bos Besar Agung Sedayu Group Tahu Soal Suap Raperda Zonasi
4/04/2016

NBCIndonesia.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengirimkan surat cegah terhadap bos Agung Sedayu Group, Aguan Sugianto. Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang menjelaskan bahwa Aguan mengetahui soal kasus suap yang melibatkan anggota DPRD DKI M. Sanusi.

"Ada small signal. Kita meminta dukungan yang bersangkutan untuk menegakkan keadilan, kebenaran dan kejujuran," ucapnya ketika dihubungi, Minggu (3/4).

Namun, Saut belum bisa menyebutkan bahwa Aguan terlibat dengan tiga orang tersangka atas kasus suap tersebut. "Kami belum menyimpulkan begitu," tandasnya.

Diketahui, KPK telah mencegah bos Agung Sedayu Group, Aguan Sugianto untuk keluar negeri. Surat cegah dilayangkan ke pihak Imigrasi pada Jumat (2/3). KPK mensinyalir bos Agung Sedayu itu memiliki peran dalam kasus yang juga menjerat Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta M Sanusi.

Seperti diketahui, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan tiga orang tersangka atas kasus suap terkait pembahasan raperda zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil (RZWP3K) dan raperda tata ruang strategis Jakarta Utara. Ketua Komisi D DPRD DKI M Sanusi ditangkap saat transaksi suap yang diberikan oleh pihak swasta inisial GEF yang merupakan perantara dari perusahaan PT Agung Podomoro Land (APL).

PT Agung Podomoro Land, melalui anak perusahaannya, PT Muara Wisesa Samudera, merupakan salah satu perusahaan pengembang dalam proyek reklamasi itu. Perusahaan ini melaksanakan pembangunan untuk Pulau G seluas 161 hektar yang peruntukannya adalah hunian, komersil, dan rekreasi.
http://www.nbcindonesia.com/2016/04/...ng-sedayu.html

--------------------------------

'Massage'nya jelas .... kalau orang kuat sekelas AGUAN saja, KPK berani menghadapinya .... apalagi kalo hanya krucuk dibawahnya itu!


emoticon-Angkat Beer

Diubah oleh solit4ire 04-04-2016 13:15
0
11.1K
34
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.