gilbertagungAvatar border
TS
gilbertagung
Apakah Agan Tahu Arti Sesungguhnya Kata-kata Ini Menurut KBBI?



Bahasa persatuan kita adalah bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia adalah salah satu dari 10 bahasa dengan pengguna terbanyak di dunia. Bahasa Indonesia yang standar dan benar jarang dipergunakan masyarakat karena bahasa daerah dan informal lebih mendominasi. Bahasa Indonesia yang baku dan benar biasanya dipakai di media massa formal seperti surat kabar dan televisi atau kegiatan pemerintahan. Beberapa kata dalam bahasa Indonesia yang kedengaran janggal menjadi tidak janggal karena sering digunakan oleh media. Tetapi apakah agan tahu makna sesungguhnya kata-kata tersebut? Kamus Besar Bahasa Indonesia akan memberikan jawabannya.

Rengkuh

Barcelona merengkuhtrofi Liga Champions untuk kelima kalinya setelah menghancurkan Juventus 3-1 di Berlin.
Kata "rengkuh" sering digunakan dalam konteks olahraga, terutama sepakbola, untuk mengganti kata "raih". Biasanya kata ini digunakan untuk berita gelar juara yang diraih sebuah klub di sebuah turnamen. Apakah arti kata "rengkuh" menurut KBBI?
Quote:
Ternyata, "rengkuh" berarti menarik, meraih, mendekatkan, menganggap, menjadikan, dan membujuk. Pengertian "meraih" pun dalam konteks mendekatkan sesuatu ke tubuh.

Mahligai

Mahligai rumah tangga X berada di ujung tanduk setelah Y mengajukan talak kedua.
Agan yang suka nonton infotaiment pasti sering mendengar kata ini. "Mahligai" sering digunakan untuk merujuk pada kehidupan rumah tangga atau pernikahan seorang selebritas. Namun, apakah definisi "mahligai" memang seperti itu? Mari kita cek KBBI.
Quote:
Ternyata, arti kata "mahligai" yang sesungguhnya adalah ruangan kediaman raja atau putri raja di istana.

Dirgahayu

DirgahayuRepublik Indonesia
Saban menjelang 17 Agustus, kata "Dirgahayu" akan berkumandang di mana-mana. Apakah makna "Dirgahayu" sesungguhnya?
Quote:

"Dirgahayu" berarti panjang umur. Jadi, jika temanmu ulang tahun, kamu bisa saja memberi ucapan "Dirgahayu" yang artinya kamu berharap agar temanmu panjang umur. Kata ini sudah identik dengan perayaaan kemerdekaan Indonesia sejak lama.

Geming

Saat ia diminta untuk menyerahkan dirinya, ia bergeming.
Kata ini sering kali salah diartikan sehingga terbalik penggunaannya. Banyak orang mengartikan "geming" sebagai bergerak, padahal itu salah! Lalu, apakah pengertian "geming" yang benar.
Quote:

"Bergeming" artinya tidak bergerak.

Mem*k

Ia memem*kmeminta belas kasihannya.
Jangan berpikiran kotor dulu!emoticon-Busa Pasti agan berpikir kalau kata "mem*k" memiliki makna yang tidak pantas.emoticon-Cape d... (S) Padahal, kata ini ada dalam KBBI dan maknanya berbeda jauh!
Quote:

Jadi, jangan lagi merasa risih menggunakan kata "mem*k", karena kata ini sebenarnya berarti merengek-rengek. Merengek-rengek artinya meminta-minta sesuatu dengan mendesak yang kadang diiringi tangisan. Bayangkan saja anak kecil yang meminta kepada ibunya agar dibelikan es krim sambil menarik-narik baju ibunya dan menangis. Itu yang dinamakan merengek.emoticon-Cool(Maaf katanya ane sensor karena kata aslinya diubah secara otomatis oleh Kaskus, ane yakin agan sudah tahu kata yang ane maksud.emoticon-Matahari)


Demikian thread ane kali ini, semoga dapat meluruskan pengetahuan Anda mengenai makna beberapa kata dalam bahasa Indonesia. Terima kasih telah berkunjung dan semoga hari Anda menyenangkan.


Referensi I

Apresiasi dari Kaskuser










Diubah oleh gilbertagung 19-05-2018 04:56
1
44.1K
206
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.