Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • THE SILMARILLION (kisah jauh sebelum The Hobbit & LOTR) #4 Two Trees Of Valinor

dogseatingdogsAvatar border
TS
dogseatingdogs
THE SILMARILLION (kisah jauh sebelum The Hobbit & LOTR) #4 Two Trees Of Valinor


permisi agan, aganwati, hansip, mimin & momod emoticon-Big Grin
numpang buat thread lagi yo. emoticon-Big Grin
oiya sebelum baca thread ini ada baiknya agan-agan sekalian ke link ini dulu buat pendahuluan. WAJIB DIBACA GAN

JANGAN MALAS BACA GAN, MEMBACA ITU MENAMBAH PENGETAHUAN emoticon-Cool

ok kali ini pembahasan ane tentang Silmarillion ane akan milih judul 2 Pohon Valinor..cekibrooooooooooooooooot.

pertama-tama agan kudu tau Valinor itu apa atau dimana lebih tepatnya..Valinor atau The Undying Lands adalah pulaunya para Valar gan, masih inget gak endingnya LOTR Frodo, pamannya Frodo si Bilbo, Gandalf ama Elrond pergi belayar gan? nah mereka semua ke Valinor gan. (kenapa ke Valinor? karena Frodo masih memiliki luka saat ditusuk ama Nazgul..inget kan gan? emoticon-Big Grin tujuan Frodo kesana untuk memulihkan lukanya, Frodo menetap selamanya disana dan do'i otomatis jadi makhluk abadi)
Spoiler for Map of Middle Earth & Valinor :


gambar diatas kita bisa liat perpisahan antara Middle Earth dengan Valinor, Valinor merupakan tempat terlarang gan, orang biasa ga boleh kesana (kenapa Frodo ama pamannya boleh? mereka kan cuman Hobbit biasa? karena mereka berjasa dalam menghancurkan Sauron penguasa Mordor, jadi mereka dianggap setara ama kaum Elf & Maiar)
Spoiler for kapal yang membawa Frodo dkk hampir tiba di Valinor :


itu cerita lain gan, kita balik kepembahasan 2 pohon di Valinor..apa istimewanya sih gan pohon-pohon itu? eits jangan salah, 2 pohon Valinor merupakan satu-satunya alat penerangan di Arda (bumi) gan
Spoiler for Two Trees of Valinor :


pohon yang kuning keemasan namanya Telperion, sedangkan yang silver namanya Laurelin, Telperion bersinar saat pagi ampe petang aja gan sedangkan Laurelin bersinar saat malam ampe subuh.
siapa sih yang menciptakan 2 pohon Valinor ini? jawabannya adalah Valar Yavanna gan (di thread ane yang sebelumnya udah pernah ane bahas)
Spoiler for Yavanna dewi kesuburan:

do'i juga yang menciptakan bangsa Ent gan..buat yang lupa yuk kita flashback dikit kesekuel LOTR emoticon-Big Grin
Spoiler for Bangsa Ents:


2 pohon Valinor adalah sebuah masterpiece di Valinor gan, Setiap pohon adalah sumber cahaya, Telperion memiliki daun berwarna gelap (perak pada satu sisi) dan embun yang berwarna keperakan itu dikumpulkan sebagai sumber air dan cahaya. Laurelin memiliki daun hijau tua dipangkas dengan emas, dan embun nya juga dikumpulkan oleh Varda (yang ngikutin thread ane pasti ingat ama yang namanya Varda).

Melkor atau Morgoth melihat 2 pohon Valinor itu merasa keindahan dirinya tertandingi gan, Melkor iri...Melkor pergi mencari laba-laba raksasa yang bernama Ungoliant untuk menghancurkan 2 pohon itu gan.
Spoiler for Melkor memerintahkan Ungoliant untuk menghancurkan 2 pohon Valinor :

pergilah Ungoliant ke Ezellohar tempat dimana 2 pohon Valinor tumbuh dan melahap semua pohon-pohon itu (cahaya pohon2 itu tetap bersinar didalam tubuh Ungolianth), mendengar kabar itu Valar Yavanna & Valar Nienna menangis, Valar Yavanna dan Nienna hanya berhasil menghidupkan kembali bunga terakhir dari pohon Telperion (dan jadilah bulan di Arda, namanya bukan lagi Telperion tetapi Tilion) dan buah terakhir dari pohon Laurelin (dan jadilah matahari di Arda, namanya berubah menjadi Arien) itu lah sebabnya di novel LOTR (novel lho gan) klo nyebutin matahari ama bulan pake sebutan "dia".
2 pohon-pohon yang dilahap ama Ungoliant, cahaya sejatinya untungnya disembunyikan Feanor (seorang Elf yang diberi kepandaian khusus) kedalam 3 batu permata Silmarils (yup semua kisah di thread ane berawal dari 3 batu permata Silmarils ini gan dan ini juga tema kita selama ini) emoticon-Toast
Spoiler for 3 stones Silmarils :


yang udah nonton The Hobbit, ada adegan seorang penambang menemukan batu permata yang paling berkilau kan gan? ane sih nebak aja nih ya, ane rasa batu itu salah satu dari tiga batu Silmarils gan
Spoiler for Batu Silmarils pada adegan The Hobbit:

tebakan liar TS tentang batu di The Hobbit bukannya ga beralasan gan emoticon-Matabelobayangin batu apalagi coba ampe Thranduil raja Elf pada jamannya Bilbo Baggins memberi hormat ama Durin raja kaum Dwarf di Erebor The Lonely Mountain (kaum Dwarf itu bisa dibilang kaum rendahan gan, kaum kuli..mana mau kaum Elf yang bangsawan itu hormat ama kaum Dwarf kecuali ya itu tadi, kaum Dwarf punya batu Silmarils). intermezo doank emoticon-Big Grin lanjut............................................................................

ketika 2 pohon Valinor hancur, Ungoliant menagih janjinya kepada Melkor untuk memberikan apa saja yang Ungoliant minta (sebelumnya mereka buat perjanjian gitu gan) tetapi Melkor mengkhianati Ungoliant, marah lah si Ungoliant, dengan jaringnya yang super gede dan lengket ia menjaring Melkor (perlu diketahui Ungoliant bertambah kekuatannya setelah menelan 2 pohon Valinor gan), Melkor memanggil antek-anteknya...tebak siapa yang datang gan? emoticon-Big Grin
yup Balrog datang untuk menyelamatkan tuan mereka..terjadilah pertarungan yang sengit antara Balrog sang iblis dari jaman kuno VS Ungoliant si laba-laba raksasa
Spoiler for Balrog vs Ungoliant:

yang kurang tau ama Balrog monggo kita flashback ke LOTR lagi emoticon-Big Grin
Spoiler for Balrog vs Gandalf :


kembali kecerita emoticon-Big Grinpertarungan antara Balrog vs Ungoliant dimenangkan oleh Balrog gan, dengan cambuk apinya membuat Ungoliant melarikan diri ke Gorgoroth (bukan nama band metal lho gan emoticon-Big Grin, band itu ane rasa dapet namanya ya dari novel eyang Tolkien emoticon-Cool)

ada 2 versi tentang kematian Ungoliant, pertama Ungoliant sesaat sebelum melahirkan Shelob (laba-laba gede di LOTR gan, ayo inget2 emoticon-Big Grin) merasa kelaparan, do'i ga tega memakan anaknya, do'i terpaksa memakan dirinya sendiri dan tamatlah riwayat Ungoliant.
versi keduanya Earendil lah yang membunuh Ungolianth.

para Valar berunding dan memanggil Feanor (yang empunya 3 batu permata Silmarils gan) untuk menyerahkan Silmarils kepada Melkor, bisa dibilang Feanor ditipu dan dipaksa ama para Valar gan, dengan terpaksa Feanor menyerahkan 3 batu Silmarils itu kepada para Valar untuk diserahkan ke Melkor.

TO BE CONTINUE

kematian Ungoliant & diserahkannya batu Silmarils ke tangan Melkor hanya secuil cerita gan, Melkor si raja kegelapan masih bergentayangan untuk membuat onar.
Spoiler for SEE YOU NEXT TIME, sincerely Melkor The Dark Lord:


dan akhir kata TS mohon pamit gan, haus juga ngetik panjang-panjang begini, mana dikulkas kagak ada cendol lagi emoticon-Big Grinkasian amat TS klo para Silent Reader ga tergerak hatinya buat berpartisipasi emoticon-Matabelo

SEE YOU IN NEXT THREAD ABOUT SILMARILLION GAN emoticon-Toast emoticon-Toast











Diubah oleh dogseatingdogs 30-04-2013 05:39
0
43.7K
125
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.