Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tonnycAvatar border
TS
tonnyc
Kita Mau Beli Barang Seken Afsel
Beberapa formiler mungkin tahu kalau saya lagi di Singapura. Nah, mumpung di sana, saya sempatkan mampir ke kantor Saab Singapura yang di AXA Tower buat ngobrol. Gak ada acara apa-apa, cuma ngajak teman ngopi habis kerja aja.

Obrolan macem-macem gak penting gak ada urusannya sama Formil, tapi saya dikasih info kalau pemerintah lagi nego dengan Afrika Selatan untuk beli beberapa aset militer mereka. Ceritanya gini.

Afrika Selatan lagi kesulitan ekonomi. Pertahanan di-cut. Rand (uang sana) lagi jatuh. Indhan mereka sedikit order. Lalu beberapa aset militer sudah waktunya masuk harwat berat. Mereka lalu mempertimbangkan menjual beberapa aset agar uangnya bisa dipakai untuk biaya operasional aset lain. Obral sih bukan, sebab gak semua dijual. Prioritasnya adalah jual sedikit aset yang makan banyak biaya biar yang lain bisa jalan.

Langsung saya tembak, apa Indonesia beli Gripennya Afsel? Sayangnya tidak. Dikasih tahu kalau Afsel sih mau-mau aja kalau harga cocok, tapi Ryamizard gak mau. Yang lagi dinego itu Charlotte dan Amatola. Charlotte itu Tipe 209/1400 sedangkan Amatola itu MEKO. Nah, itu Charlotte & Amatola harusnya sekarang dapat MLU. Sudah masuk dok malah. Tapi seiring ketok palu anggaran akhir Februari lalu, anggaran yang disetujui ternyata gak nutup buat MLU (kecuali kalau operasional atau personel dikorbanin). Kapal nganggur di dok gak guna tapi tetap makan duit dan menuhin dok, mending dijual. Harga gak tahu, tapi Afsel minta agar barang yang dibeli itu harwat dan upgrade dilaksanakan di Afsel. Makanya Saab tahu, sebab Saab Grintek itu perusahaan Afsel (JV sih) dan barang Saab dipakai di dua-duanya.

Pendapat gue pribadi sih yang MEKO kayaknya gak bakal deal. Memang SIGMA gak bakal nutut buat ngejar target TNI-AL, dan AL gak pernah ngomong gak mau barang bekas, tapi MEKO kalau cuma satu ya rada gimana. Kan bakal jadi barang unik. Kalau empat lain cerita, tapi itu mah kita juga gak punya duitnya. Kalau Tipe 209 itu rada prospek, sebab itu masih setipe dengan Cakra dan Nanggala dan Changbogo. Aku gak tahu ks Afsel yang lainnya apa juga dijual. Spekulasi kita sih enggak, sebab AL mereka juga ogah ngelepas soalnya. Plus sama seperti kita gak ada duit buat beli 4 MEKO sekaligus, kita juga gak ada duit buat beli 3 KS sekaligus.

Dah, mau keluar lagi jalan-jalan.
Diubah oleh tonnyc 01-04-2016 23:07
0
11.1K
62
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
MiliterKASKUS Official
20KThread7.3KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.