Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fad86Avatar border
TS
fad86
Aksi Bersih-bersih tak Berbekas, Sungai Cikapundung Kembali Jadi Lautan Sampah
Selasa 29 Mar 2016, 14:10 WIB
Aksi Bersih-bersih tak Berbekas, Sungai Cikapundung Kembali Jadi Lautan Sampah
Tya Eka Yulianti - detikNews
Aksi Bersih-bersih tak Berbekas, Sungai Cikapundung Kembali Jadi Lautan Sampah
Foto: Tya Eka Yulianti

Bandung - Sungai Cikapundung Kampung Cijagra Kabupaten Bandung kembali menjadi lautan sampah, Selasa (29/3/2016). Pengerukan sampah pada Kamis lalu (24/3/2016) seperti tidak berbekas. Akses jalan menuju kampung itu pun hari ini terendam banjir.

Banjir melanda jalanan dan pemukiman warga. Ketinggian air sekitar 20-30 centimeter. "Semalan hujan turun, jadi banjir. Saat ini lumayan sudah surut, kalau tadi malam ketinggian air ada yang mencapai 1 meter di pemukiman," ujar Yayan (52), warga setempat.

Sementara itu pemandangan tumpukan sampah di Sungai Cikapundung dekat dengan jembatan yang membelah dua kampung antara Cijagra dan Leuwi Bandung masih terlihat. Panjang sampah mencapai lebih dari 20 meter. Menurut Yayan sejak gotong royong pengerukan sampah pada Kamis lalu, tidak ada lagi pembersihan.

"Hari Jumat sempat ada sebentar, tapi setelah itu tidak lagi aksi pengangkutan sampah," ujar Yayan.

Menurutnya warga juga terpaksa membiarkan sampah itu menumpuk, karena kalaupun diangkat tidak memungkinkan. "Siapa yang mau membawanya setelah diangkut dari sungai?" cetusnya.

Warga, kata dia, memilih menunggu air surut dan kemudian menghanyutkan sampah yang mayoritas plastik itu. "Kita dorong-dorong ke bawah biar hanyut terbawa arus. Kalau saat ini mah airnya masih tinggi jadi percuma," katanya.

Yayan mengaku penumpukan sampah ini diperkirakan akan terus berlanjut, selama banyak yang membuang sampah ke sungai. Selain itu pipa telekomunikasi yang berada dekat jembatan juga menjadi salahsatu penyebab, sampah tersumbat. "Kita mah inginnya dibongkar saja, biar sampahnya enggak nyangkut di sini," katanya.

Sementara itu warga lainnya Dedeh (37) mengaku sudah terbiasa dengan kondisi sungai penuh sampah tersebut. "Kita mah sudah bosen. Orang sini enggak boleh buang sampah ke sungai, tapi daerah lain boleh, dan menumpuk di sini," keluh Dedeh. (ern/ern)

http://m.detik.com/news/jawabarat/3174952/aksi-bersih-bersih-tak-berbekas-sungai-cikapundung-kembali-jadi-lautan-sampah


Koko eh ahok mana ahok emoticon-Mad

Klo ga beres ga usah nyagub deh emoticon-Marah
Diubah oleh fad86 29-03-2016 07:38
0
10.2K
142
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.