Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

budygloryAvatar border
TS
budyglory
Kupi Khop, Keunikan Kopi Tubruk dari Meulaboh
Kupi Khop, Keunikan Kopi Tubruk dari Meulaboh




COFFEE



Kupi Khop, Keunikan Kopi Tubruk dari Meulaboh



(Antara)-Aceh dijuluki negeri seribu warung kopi. Di provinsi paling barat Indonesia ini, Warung kopi memang mudah ditemui. Namun, jika anda berkunjung ke meulaboh, di Aceh Barat, kopi di sini disajikan dengan cara yang sangat unik, yang disebut kupi khop.




Di Meulaboh - Kabupaten Aceh Barat, ada cara unik menyajikan minuman kopi, yang disebut kupi khop. Kopi tubruk khas Meulaboh ini, disajikan dengan gelas terbalik. Selain menjaga hangatnya rendaman kopi, aroma kopi yang menyeruak dari sela-sela bibir gelas, menggugah hasrat untuk menghirup sambil menyeruput kopi jenis robusta, yang tetap terkurung dalam gelas.

Sebenarnya penyajian kopi khas meulaboh ini, tak jauh berbeda dengan kopi-kopi lain, yang diseduh langsung tanpa disaring atau kopi tubruk, yang membiarkan ampas kopi tetap berada dalam gelas. .

Ada 2 cara menikmati kupi khop, yang disajikan dalam gelas terbalik, di atas sebuah tatakan atau piring kecil. Yang pertama, tatakan dan gelas diangkat bersamaan, kopi yang keluar dari bibir gelas, diseruput sedikit demi sedikit, dari pinggiran tatakan. Cara unik ini harus dilakukan hati-hati, agar kopi tak tumpah.

Yang kedua dengan menggunakan sedotan. Sekalipun lebih mudah, tapi cara ini tetap harus dilakukan hati-hati, agar panasnya kopi tak langsung mengenai lidah. Apapun cara yang digunakan, banyak penikmat kopi mengaku ketagihan, karena cita rasa Kopi Meulaboh, yang nikmat saat dicecap.

Sebagai pemilik warung kopi, yang sejak 1996 senantiasa menyajikan kupi khop kepada para pembeli, Irfan Manungnuri mengaku, pembeli lebih banyak menikmati kopi dengan cara gelas terbalik ini. Selain kopi Meulaboh memiliki rasa yang berbeda, cara penyajian yang unik ini, juga memiliki sensasi tersendiri.

Anda tertarik mencoba?? datanglah ke Meulaboh, di Kabupaten Aceh Barat. Di sini, banyak warung kopi yang akan memberikan suguhan unik, kupi khop, yang terasa nikmat disajikan pagi hari, ataupun sore dan malam hari.


Kupi Khop, Keunikan Kopi Tubruk dari Meulaboh

Diubah oleh budyglory 29-03-2016 12:18
0
5.4K
16
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.