Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

metrotvnews.comAvatar border
TS
MOD
metrotvnews.com
Kesejahteraan Sipir Memprihatinkan


Metrotvnews.com, Jakarta: Kesejahteraan PNS yang menjadi sipir masih memprihatinkan. Tugas yang diemban tidak sesuai dengan imbalan yang diterimanya tiap bulan.

 

Direktur Akademi Ilmu Permasyarakatan (AKIP) Maulidi Hilal mengatakan, PNS yang bertugas menjaga lembaga permasyarakatan (lapas) seharusnya diberi tunjangan kesejahteraan yang cukup dibandingkan PNS lain. Sebab risiko kerja sebagai petugas lapas lebih besar.

 

Menurut Hilal, kesejahteraan, kedisiplinan dan kinerja adalah tiga hal yang tidak bisa dipisahkan. Negara harus mengatur penghargaan dan hukuman dengan baik. Bila semua terpenuhi dengan baik, merurut Hilal, kasus oknum sipir terlibat narkoba bisa dihindari.

 

"Jangan berharap punya petugas yang gagah berani dengan tingkat kedisiplinan dan kepribadian karakter yang bagus tanpa diimbangi dengan pendidikan, dan kesejahteraan yang baik," kata Hilal kepada Metrotvnews.com di Gedung AKIP, Jalan Gandul Raya, Cinere, Depok, Selasa (29/3/2016)

 

Menurutnya, negara harus memberikan tunjangan yang memadai kepada petugas lapas. Karena mereka memiliki tingkat risiko kerja yang besar. Salah satunya kerusuhan dan kekerasan di lapas.

 

"Sebelum terjadi kerugian negara yang lebih besar, semestinya negara memperhatikan itu (kesejahteraan petugas lapas)," ujar Hilal

 

Hilal mengakui, Kementerian Hukum dan HAM berusaha meningkatkan kesejahteraan yang cukup signifikan. Namun, ia menyarankan tunjangan risiko untuk petugas lapas dianggarkan kembali.

 

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cipinang Edi Kurniadi menjelaskan gaji petugas lapas tergantung status golongan PNS. Petugas lapas dengan golongan terendah atau sekelas sipir digaji Rp5 juta per bulan. Sementara gaji petugas golongan tertinggi mencapai Rp25 juta per bulan.

 

"Kalau mengikuti keinginan gaji seberapa pun tidak akan cukup. Tapi kalau mengikuti kebutuhan, gaji Rp5 juta tidak akan merasa kekurangan. Terpenting integritas," kata Edi.

 

Ia mengungkapkan, pendapatan sipir seharusnya tidak memengaruhi keterlibatan sipir dengan peredaran narkoba. "Tidak ada (pengaruh), tergantung integritas. Lagi pula cuma sedikit sipir yang terlibat kasus narkoba," kata Edi.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/read/201...memprihatinkan

---

Kumpulan Berita Terkait PEMBERANTASAN NARKOBA :

- Gaji Kecil Penyebab Sipir Nekad Edarkan Narkoba di Penjara

- Atur Pidana Kerja Sosial, Revisi KUHP Bisa Jadi Solusi Masalah Lapas

- Pemerintah Belum Berencana Perbaiki Lapas Malabero yang Dibakar

0
1.3K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Medcom.id
Medcom.idKASKUS Official
23KThread601Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.