Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cingelingAvatar border
TS
cingeling
Menhub: Uber, Grab, dan Gojek Uji Wajib Uji KIR
Menhub: Uber, Grab, dan Gojek Uji Wajib Uji KIR

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menegaskan seluruh kendaraan trasportasi umum, termasuk yang berbasis aplikasi daring seperti Uber, Grab dan Gojek, wajib melakukan uji kendaraan bemotor (KIR).

Ia mengatakan izin uji KIR mutlak harus dimiliki oleh setiap moda transportasi umum tanpa terkecuali bagi yang berbasis aplikasi online. Hal itu tercantum jelas dalam Undang-Undang tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

"Saya percaya jika uji KIR itu dilakukan dengan benar akan sangat penting menjamin keselamatan penumpang transportasi umum," ujar Jonan saat ditemui di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Jakarta, Kamis (24/3).

Jonan mengatakan pada dasarnya, KIR menjadi tanggung jawab penuh Dinas Perhubungan, di bawah Pemerintah Provinsi atau Pemerintah Daerah (Pemda). Karenanya, jika kendaraan yang telah diuji KIR tetap tidak bisa menjamin keselamatan penumpang, ia melimpahkan tanggung jawab itu kepada Pemda selaku regulator lokal.

"Itu tanggung jawab pemerintah daerah bukan di Kemenhub. "Kalau mau dihapuskan atau diubah, mungkin Dewan Perwakilan Rakyat yang mau usulkan. Saya tidak mau," tegasnya.

Pernyataan Menhub Jonan langsung ditentang oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Menurut Ahok, transportasi berbasis aplikasi online, seperti Uber dan Grab, tidak perlu melalui mekanisme uji KIR. Sebab, perusahaan aplikasi layanan transportasi masuk dalam kategori moda transportasi rental.

"Masalahnya UU aturan kita terlambat mengantisipasi kemajuan zaman, ini kan bener kata si Uber atau Grab. Mereka bukan perusahaan taksi, tapi cuma 'calo' yang mempertemukan antara yang mau nyewa taksi dan nyewain taksi," katanya.

http://www.cnnindonesia.com/ekonomi/...gojek-uji-kir/

JD INGET, KEMARIN2 NAIK GOJEK, LEWAT FLY OVER CENGKARENG, MALAH MOGOK DIATASNYA,
JD DIDORONG PAKE KAKI AMA BIKER GOJEK LAINNYA
DIBELAKANGNYA DIKLAKSONIN & DISORAKIN KRN BIKIN MACET JUGA JALANNYA SEMPIT

JD NUNGGU ANGKUTAN LAIN SETENGAH JAM, JD TELAT KE RS CENGKARENG emoticon-Amazed
Diubah oleh cingeling 27-03-2016 13:12
0
5.2K
28
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.