tian8811Avatar border
TS
tian8811
Salahkah Gw Lebih Sayang Anjing daripada Tante dan Sepupu Ga Tahu Diuntung
Ini masalah berlarut larut dan sampai sekarang mami gw masih terus nyalahin gw yg lebih sayang sama Anjing dibandingkan keluarga sendiri. Saat ini Tante gw yg ga tau diuntung itu (yg notabene adik mami gw) dan anaknya tinggal lagi di rumah orangtua gw, dan kelihatannya tante gw ngompor ngomporin mami gw terus sampe gw pengen rasanya cekek tante gw ampe mati kalau aja ga ada hukum.

Begini gan, gw cowo, umur awal kepala 3, belum menikah. Papi Mami masih ada semua dan Puji Tuhan sehat, gw anak satu satunya di keluarga gw. Sehabis lulus kuliah, gw diterima bekerja di kota gw sekarang ini, dari posisi masih staff sampai sekarang sudah jadi lumayan disini.

Dulu waktu gw kecil, Papi pelihara anjing kampung hitam putih namanya Billy, dari waktu gw umur 2 tahun, katanya Papi nemu si Billy di got depan perumahan, kayanya emang dibuang orang, sampai si Billy mati tua di umur 18 waktu gw kuliah. Gw inget benar bagaimana si Billy selalu nemenin gw waktu kecil, lari lari di perumahan, sampe sampe tidur di sofa juga bareng dia. Gw dan Papi sayang banget sama si Billy ini, cuma Mami yg agak sensi soal bulu bulu yg nempel kemana mana dan kalau ada tamu yg belum kenal pasti digongongin, tapi karena Papi juga memang sayang sama anjing, maka Mami pun waktu itu mengalah dan si Billy pun hidup bahagia di rumah sampai tua. Sampai si Billy matanya udah buta dan sakit sakitan pun, Papi selalu sabar ngajak Billy jalan dan rutin bersihin dia, dan memang gw sayang binatang itu nurunnya dari Papi.

6 tahun lalu sewaktu gw masih baru kerja dan ngekost, Anjing Kampung milik Bapak yg punya kost punya anak lima. Karena kebetulan gw suka anjing, gw sering bantuin Bapak kost untuk bersihin mereka dan main dengan mereka. Ada yg gw namain Emi, betina, coklat muda, bawaannya nempel terus sama gw ampe tidurnya bareng gw di kamar kost gw waktu itu. Sampai dua tahun kita tinggal, main bareng, dan sebagainya sehingga si Emi emang nempel ke gw terus.

4 tahun lalu, ada penawaran bantuan kredit rumah dari perusahaan (karena memang gw juga dipromosikan), gw setuju untuk mengambil rumah bekas huni ukuran sedang di sebuah perumahan kecil di kota tempat gw kerja karena waktu itu memang harganya murah. Tiga kamar tidur, dua kamar mandi (satu di kamar utama) dan ada halaman di depan dan belakang. Gw seneng banget karena berarti ini gw sudah mandiri dan sudah tinggal fokus nyenengin orang tua. Waktu itu karena gw emang yg makanin Emi, Bapak Kost gw ngasih tuh anjing itu ke gw buat dipelihara (1 anak anjing cowo namanya Petro masih dirawat Bapak Kost, yg tiga lain dikasih ke saudaranya dan orang gereja).

Karena gw tinggal memang sendirian, gw memang biarin Emi, (dan Kiki dan Coco) bebas berkeliaran di dalam rumah. Tetangga juga ga pernah mempermasalahkan karena mereka termasuk jarang menggongong dan ga pernah mengganggu orang. Waktu berjalan dan tiga tahun lalu, gw nerima hibah dua ekor mix pomchi lucu dari temen gw yg chihuahuanya punya anak sama pom jantan, mereka namanya Kiki (jantan) dan Coco (betina), dan di rumah gw ketiga anjing gw rukun semua sekalipun yg satu besar dan yg dua kecil imut imut. Secara finansial gw ga ada masalah dan masih bisa ngirimin orangtua gw sebagian gaji gw buat ditabung (papi masih buka toko sampai sekarang). Kalaupun waktu itu ada masalah, yg dipermasalahin hanyalah gw yg putus sambung putus ganti dengan cewe (ga tau kenapa ampe sekarang).

Kurang lebih setahun yg lalu juga, suami tante gw meninggal dunia, meninggalkan tante gw dan sepupu gw (cowo) yg memang "idiot" dan masih berumur 9 tahun. Ga tau asal mula ceritanya, tante gw (yg memang satu satunya adik mami gw) kena hutang banyak dan rumah suaminya sampai dijual buat ngelunasin utang dan berobat sepupu gw.

...

Dari sini masalah dimulai. Karena tante gw pindah ke tempat mami gw, awalnya mereka tinggal di rumah orangtua gw yg lama dan seharusnya ga ada masalah disitu, tapi karena biaya sekolah khusus sepupu gw di kota asal gw terlalu mahal, ada yg menyarankan kalau sepupu gw lebih baik coba sekolah di kota tempat gw kerja. Kebetulan Mami dan Papi gw mikirnya kalau disana gw sudah ada mobil (mobil dinas sih), dan rumah yg gw tinggalin sebenarnya lumayan besar, sehingga waktu itu Mami gw minta biar Tante dan sepupu gw bisa tinggal disana juga.

Awalnya gw nganggap hal itu permintaan yg wajar, membantu keluarga, jadi wajar. Toh dalam fakta yg gw tempatin cuma kamar utama dan ruang tamu, satu kamar diisi kasur dan dibersihkan tapi kosong dan jadi gudang (dan jadi kamar tidur orangtua gw kalau datang), dan satu kamar jadi gudang sekaligus "kamar tidur" anjing anjing gw kalau gw lagi kerja. Kebetulan Anjing Anjing gw memang gw lepas di dalam rumah, dan lebih sering tidur di kamar gw kalau malam, tapi gw ga pernah ada masalah dengan mereka (paling dulu si Kiki suka kencing di Pintu, tapi sekarang sudah dilatih kalau pipis dan pup tahu ke halaman belakang sendiri (yg memang ditutup teralis sampai ke atap, jadi aman)

Waktu pertama dateng Februari lalu, Papi Mami gw ampe ikut bersihin rumah gw, kamar yg dulunya memang jadi kamar tidur mereka dijadiin kamar tidur tante gw dan kamar anjing gw dibersihin buat tidur sepupu idiot gw. Awalnya gw ga setuju tapi Papi gw bela belain beliin kandang buat Emi, Kiki, dan Coco, sehingga gw ga tega buat nolak.

Masalah benar benar mulai waktu si Emi, Kiki, dan Coco diwajibkan tidur di kandang di halaman belakang kalau malam. Karena mereka ga pernah dikandangin mereka bertiga nangis semalaman. Waktu itu Orangtua gw masih disana (belum pulang), dan gw pengen biar mereka bertiga tidur di kamar gw aja, tapi Mami gw ga ngebolehin. Sepupu idiot gw ikut nangis karena ga bisa tidur dan Tante gw bilang kenapa Anjingnya ga dibuang aja dan gw nyaris marah waktu itu, tapi Papi gw ngedinginin suasana dan bilang kalau tuh anjing tiga emang udah temen gw waktu sendirian, jadi ini juga rumah mereka, malem itu Emi, Kiki, dan Coco tidur di kamar gw karena pinternya Papi gw ngomong ke Mami gw.

Gw pikir, ok, masalah beres, dan tiga anjing gw bisa dilatih buat tidur di kandang. Yg bikin masalah tambah runyam kemudian, tante gw ini ga ngomong kalau dia juga mau buka usaha katering di rumah gw ini, dan gw baru tahu waktu pagi dia buka doos yg isinya kompor dan panci panci. Memang sih, sehabis suaminya meninggal Tante gw memang jualan katering dari rumah orangtua gw, tapi ini gw bingung dan tersinggung karena dapur gw yg biasanya kosong (cuma kulkas, meja keramik, meja kecil, dan kompor beserta sedikit panci dan wajan) sekarang jadi penuh. Belum lagi Mami gw yg nganggap kalau gw seharusnya udah tahu.

Ok, Tante gw buka usaha di rumah gw, yaudah ga apa... toh kata Mami itu bakal buat biaya sekolahnya si Steven juga plus gw ga usah jajan keluar lagi tiap kali makan. Tapi yang jadi masalah, tahu sendiri lah, Anjing tiga, seumur hidup mereka bebas dan hidup nyaman, tahu tahu harus dikurung di kandang dan ada yg masak makanan disana. Plus tante gw kerjaannya ngomel ngomel terus kalau malam karena tiga anjing gw itu ribut sebelum tidur (maklum dikandangin dan cuma dilepas waktu gw ada di rumah)

Belum ada seminggu, waktu gw pulang kantor, gw ngelepas si Emi dari Kandang, mau gw ajak main dan jalan jalan, tapi sepupu idiot gw entah kenapa bawa ayam di kotak yg kata tante gw mau diiderin. Jelas aja si Emi langsung nubruk tuh idiot dan makan ayam yg jatuh. Tuh idiot nangis dan Tante gw marah marah kenapa si Emi bikin si Idiot benjol, nangis, dan makan dagangan dia. Gw awalnya berusaha sabar dan ngalah, malah gw gantiin tuh ayam yg jatuh dengan harga full, tapi kayanya Tante gw ini ga terima.

Kemudian beberapa hari, ga tahu ada apa, waktu gw bawa si Kiki dan Coco keluar buat main, di kamar gw sendiri, si idiot tahu tahu dateng dan narik kakinya coco diangkat keatas ampe coco kaing kaing. Otomatis Anjing dikasarin gitu pasti bales dan digigitlah tangan si idiot. Udah gitu malah tante gw yg marah marah ke gw dibilang gw ga bisa ngatur anjing. Si Emi yg kebetulan lagi diluar dateng, dan njegukin Tante gw yg emang waktu itu marah marahnya ke gw ampe kelewatan. Kayanya tante gw kaget ampe dia jatuh terduduk dan nangis. Gw pikir ini udah selesai, jadi gw ga pengen memperpanjang masalah lagi setelah gw masukin si Emi ke kandang.

Ok, beberapa hari kita ga banyak ngomong, dan kurang lebih jumat minggu lalu gw pulang kerja lebih cepat karena ada renovasi di kantor gw dan gw memang agak ada perasaan buruk waktu itu. Gw bingung kok si Emi ada di luar rumah, moncongnya diiket dan ditambetin di pager. Gw dekatin ternyata Tante gw yg ga tahu diri itu lagi ngomong sama orang lapo tuak buat jual si Emi buat dimakan. Gw juga liat si Kiki ama Coco juga dimasukin di kandang kecil dan digembok, ga tau mau diapain.

Singkat cerita, GW KALAP. Ampe jadi tontonan warga yg untung cuma segelintir dan membela gw karena gw udah lebih lama ada disitu (dan katanya memang tante gw itu baru dateng udah judes sama warga sekitar)

Tante gw gw tampar mukanya, si idiot nangis nangis tapi gw juga dorong dia keluar. Tuh orang Lapo mau coba bawa Emi, katanya dia udah bayar, tapi gw ambil uang di kantong gw dan gw bilang dia buat pergi jauh jauh atau gw panggilin satpam. Gw masukin Emi, Kiki, dan Coco kedalam rumah, gw kunci pintu dari dalem, dan gw lemparin beberapa barang barang tante gw dan si idiot keluar rumah. Gw bilang kalau anjing anjing gw itu lebih kaya keluarga daripada idiot busuk sepupu gw, dan gw suruh tante gw pergi jauh jauh. Tante gw nangis nangis mohon mohon ngakunya dia salah, tapi gw ga gubris dan gw ngancem kalau mereka ga pergi, gw bakal panggilin satpam buat ngusir mereka. Ini rumah gw, hak milik juga hak milik gw, mereka numpang tapi langsung mau main jual Anjing gw? Ke lapo tuak lagi!?!

Malem itu juga tante gw dan si idiot pergi dari rumah, barang barang mereka gw biarin tergeletak diluar rumah sampe beberapa diambil orang, ga tau siapa, tapi yg pasti Magic Jar sama Panci besar dua hilang, tinggal piring dan meja (yg sempat gw lempar)

Besoknya gw baru sadar apa yg gw lakuin, tapi gw lihat si Emi hampir aja dimakan orang dan ga tahu Kiki ama Coco mau diapain, jadi gw coba buat telpon mami gw.

Di Telpon, justru Mami gw bukannya belain gw, tapi dia malah bilang gw anak durhaka sama keluarga sendiri. Semalem tante gw dan si idiot naik bis dan nyampe di rumah orangtua gw pagi pagi buta dengan ga bawa apa apa. Gw telpon HP Papi dan papi bilang dia ngerti kenapa gw marah, dan sangat menyayangkan kenapa tante gw langsung main jual Anjing Anjing gw, tapi Papi bilang kalau Mami dan Tante sekarang lagi nangis nangisan di kamar dan ngedoain supaya "roh anjing" yg ada di hati gw untuk segera keluar.

Singkat cerita, Mami gw ampe sekarang marah besar sama gw. Gw udah coba kumpulin barang tante gw yg sisa dan gw kirim balik ke rumah minggu lalu, tapi malah Mami gw bales ngusir gw dari rumah, dibilang gw harus milih antara Anjing atau keluarga, dan Gw yg harus ngerti keadaan si idiot. Papi gw coba dinginin suasana tapi Mami gw marah marah terus...

Jujur gw bingung gan, gw cuma pengen nyenengin Orangtua, tapi ga nyangka maksud nerima Tante Gw yg kena musibah tinggal malah jadi musibah terbesar dalam hidup gw... Ga tahu lah, apa yg harus gw lakukan...

...

Mohon jangan asal nyalahin gw tanpa ngasih saran mengenai apa yg seharusnya gw lakukan. Dan gw ga bakal ngejual atau lepas tangan dari tiga anjing yg gw rawat dengan baik dari waktu puppy ampe gede gede, karena gw punya rumah niat awalnya jg buat pelihara anjing.

P.S : No SARA, Gw Kristen, Keluarga gw juga Kristen, jadi plis jangan bilang anjing najis apa gimana. Lingkungan tempat tinggal gw memang mayoritas Muslim tapi mereka justru sangat baik ke gw, kalau gw ngajak si Emi, Kiki, dan Coco jalan jalan, pasti disapa dengan baik dan ramah ke gw sampai sekarang.
0
5.7K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Heart to Heart
Heart to HeartKASKUS Official
21.6KThread27.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.