Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

knockonAvatar border
TS
knockon
Panjang umur ya maaah...
Permisi agan/aganwati kaskuser. Gue mau curhat sedikit, mudah2an dari tulisan gue ini gue bisa sedikit lega emoticon-I Love Kaskus
Entah dari mana gue mulai, tapi akan gue coba…

Perkenalan, gue laki-laki umur 20 tahun. Gue punya kakak perempuan 2 orang. Orangtua gue udah lama pisah dari sebelum gue lahir, tapi gue tau identitas bokap gue dan gue tau sedikit masalah orangtua gue dulu. Dari kecil gue hidup sama nyokap dan 2 kakak gue yang bisa dibilang egois. Sebelum gue lahir, kakak gue hidup bahagia. Gue bisa liat dari foto-foto dan cerita nyokap gue. Bisa dibilang gue iri, kenapa disaat gue lahir gue ga bisa sebahagia kakak-kakak gue ataupun temen gue.

Dari kecil, bisa dibilang gue selalu dimanjain. Tapi juga gajauh juga dari perlakuan kasar dari kakak-kakak gue. Gue gatau apa masalahnya dan kenapa gue diperlakukan seperti itu. Padahal bisa dibilang hidup gue dari lahir sampe sekarang gue ga ngerasain kebahagiaan dari harta. Dulu, orangtua gue bisa dibilang masih dalam keadaan cukup ekonomi. Tapi karena bokap gue yang doyan judi, mabok, dan maen perempuan, sampe akhirnya habisin harta nyokap gue. Dan dari situ nyokap gue mungkin minta pisah.

Gue dibesarkan oleh seorang ibu yang sangat berjasa buat hidup gue, seorang ibu yang mampu membesarkan 3 orang anaknya sampe saat ini. Kakak gue yang pertama udah lulus kuliah dan sekarang udah nikah, kakak gue yang ke-2 cuma sampe jenjang sma. Sekarang, gue kuliah tingkat 3 dan setahun lagi lulus. Ibu gue seorang pekerja keras. Dari kecil, pagi-siang-sore-bahkan malam sekalipun dia banting tulang buat membesarkan anak-anaknya. Meskipun gue Cuma tinggal di kontrakan sepetak yang berisikan 6 orang (dulu ada adik dari nyokap gue yang tinggal bareng).

Gue iri sama kalian yang hidup dengan keluarga tentram dan lengkap, gue iri banget dengan suasana seperti itu. Gue pengen banget ngerasain sarapan pagi dan makan malam sama keluarga. Tapi kenapa gue gabisa ngerasain hal itu? Gue cukup terima keadaan ini, gue coba buat terima kenyataan. Tapi dari apa yang gue jalanin selama ini. Gue selalu berfikir kenapa gue bisa ngerasain kaya gini?

Permasalahan selalu datanng di keluarga gue, dari masalah kakak gue yang kedua jatuh ke permasalahan yang sangat fatal untuk nama baik ibu gue. Sampe akhirnya keluarga gue pindah kontrakan yang gue ukurannya lebih luas untuk menunggu kedatangan makhluk kecil atau keponakan gue. Tapi masalah ga sampe disitu aja. Dulu nyokap gue cukup banyak kenalan. Sampe ada satu orang yang datang ke kontrakan gue minta tolong ngemis-ngemis ke nyokap gue karena gapunya uang dan tempat tinggal. Karena dulu kontrakan cukup luas, akhirnya nyokap ngasih ijin untuk nginap. Dalam waktu 3 hari, orang itu pun mencurigakan. Hingga akhirnya curiga itu terbukti setelah jam rolex, laptop, dan hape yang ada di lemari kamar nyokap gue raib. Setelah di selidiki ternyata orang YANG DI TOLONG nyokap gue yang ngambil itu semua. Hal itu bisa kebukti karena dulu ada telepon rumah yang bisa sms dan disitu ada sms dia dan temannya untuk rencana maling itu. Setelah itu, keponakan gue yang baru lahir sering keluar-masuk rumah sakit. Sampe akhirnya sedikit demi sedikit uang nyoka gue direlain buat keponakan gue. Belum selesai masalah itu, nyokap gue kena tipu pas mau jual mobil yang uangnya untuk biaya rumah sakit. Tapi nyokap gue masih ikhlas dan ga pernah keliatan sedih.

Tapi apa perlakuan kakak-kakak gue? Kakak gue yang kedua hidup gajelas dengan egoisnya yang mementingkan diri nya sendiri, nikah dengan laki-laki yang ga berguna yang cuma bikin aib di keluarga. Kakak gue yang pertama bisa dibilang cukup sukses, tapi apa? Nyokap gue diperlakuin kaya babu. Nyokap gue jagain anaknya dari pagi sampe malam nunggu pulang. Dalam kurun waktu 5 tahun melakukan hal tersebut. Dan akhirnya sekarang apa? Nyokap gue sakit, sakit yang selama ini gue takutin. Nyokap gue sakit stroke ringan. Gue benci banget sama keadaan kaya gini. Jujur gue benci banget. Hal yang gue tunggu-tunggu saat ini gue mau lulus kuliah dan kerja bahagiain nyokap gue. Gue bersyukur banget masih bisa kuliah meskipun dengan keadaan ekonomi yang pas-pasan. Tapi setiap hari gue masih bisa makan, minum, tidur, dan ngetik tulisan ini karena nyokap gue. Gue coba buat sadar diri untuk lingkungan gue. Gue selektif buat milih temen, gue gamau terjerumus masalah besar kaya kakak gue. Gue pun cukup kebal dibilang munafik sama cewe atau mantan-mantan gue karena gue gapernah mau terkikat dengan yang namanya seks maupun kehidupan bebas. Semua itu gue lakuin demi tujuan bahagiain nyokap gue.

Beberapa lowongan kerja pun udah gue coba, dari yang part time maupun shift. Gue coba yakinin diri kalau gue bisa ngatur jadwal demi gue bisa menghasilkan uang sendiri. Tapi ternyata tuhan berkehendak beda, gue belom ada kesempatan buat dapetin pekerjaan. Tapi gue berfikir positif bahwa hal ini mengharuskan gue untuk fokus kuliah, dan gue sangat bersyukur. Jujur, gue takut dan takut banget. Gue takut banget disaat nanti gue sudah bisa kerja dan menghasilkan uang sendiri. Gue ga bisa hidup sama nyokap gue. Gue selalu kepikiran hal itu. Tiap saat gue berdoa agar nyokap gue diberi umur panjang disaat gue sukses nanti. Rasa kecewa gue udah cukup besar buat kakak-kakak gue. Gue berkeyakinan bahwa disaat gue punya kerjaan dan penghasilan gue cuma akan bahagiain nyokap gue. Gue sayang. Sayang banget sama nyokap gue. Gue pun selalu sabar disaat nyokap gue curhat kenapa dia bisa membesarkan anak-anaknya sampe jenjang pendidikan tinggi. Gue gabisa nahan airmata buat denger ceritanya. Gue pun cukup khawatir dengan penyakit yang di deritanya sekarang. Gue takut, takut hal itu terjadi.

Spoiler for To Mama:


Nyokap gue orang yang sangat kuat, meskipun dengan sakit yang lg dirasa saat ini. Dia masih sempet nanyain kabar kakak gue dan cucunya. Tapi apakah kakak gue juga berfikiran begitu?

Cukup sekian tulisan dari gue, terimakasih gue ucapin. emoticon-I Love Kaskus
0
1.6K
10
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Heart to Heart
Heart to HeartKASKUS Official
21.9KThread28.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.