Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

indonesakuAvatar border
TS
indonesaku
Kisah Marshanda Bergelimang Harta, Ayah Menjadi Pengemis
"Aku Jujur Malah Seneng ini Terjadi (Papa Tertangkap Mengemis)"
------------

Anak bergelimang harta, sedangkan ayah menjadi pengemis. Itulah yang saat ini dialami artis Marshanda.

Sejak petugas Pelayanan, Pengawasan, dan Pengendalian Sosial (P3S) Sudin Sosial Jakarta Selatan menciduk seorang pengemis bernama Irwan Yusuf pada Jumat (25/3/2016) sore, langsung saja gempar.

Ceritanya saat itu Irwan mengemis di kawasan Jl Bangka, Kemang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Seorang saksi mata di lapangan mengungkap kalau Irwan sudah berada di sekitar kawasan itu sejak beberapa bulan lalu.

Awalnya penampilannya masih rapi. Belakangan, penampilan Irwan tampak lusuh dan tatapannya kosong seperti orang stres. Saat itulah dia langsung ditangkap petugas.

“Pas ketangkap langsung disuruh masuk mobil. Kata petugasnya ‘Ayo masuk, enggak diapa-apain’. Dia langsung nurut. Diem saja sih, enggak teriak-teriak juga pas ditangkap,” terang saksi mata.


Petugas awalnya tidak tahu dengan identitas Irwan. Mereka baru sadar jika ada seorang warga yang mengaku bahwa Irwan adalah ayah dari Marshanda, artis terkenal. Tentu saja hal itu tidak lantas membuat petugas percaya begitu saja.

“Saat kami melintas dia sedang mengemis. Berdiri, tangannya menadah ke orang-orang yang lewat, 1-3 orang ngasih uang ke dia,” kata petugas bernama Sutikno, Senin (28/3/2016).

“Ada sedikit perlawanan, tapi masyarakat akhirnya bantu. Pas bantu itulah warga bilang, ‘Bawa saja, Pak. Kasihan ini bapaknya Marshanda artis, memang kondisi ekonominya sulit’.”

“Pas kami assesment sementara, dia tidak mengakui sebagai ayahnya Marshanda, bukan ayah kandung. Saya ada rekamannya,” lanjut Sutikno.

“Irwan ini katanya waktu muda dulu dia pernah bekerja dengan ibunya Marshanda, dengan Marshanda pas waktu main sinetron, memang deket banget.”

Pengakuan warga di kawasan Jalan Bangka IX, Mampang Prapatan, Irwan Yusuf sudah cukup lama menjadi gelandangan. Irwan bahkan kerap tidur di pinggir kios Pasar Baru, Mampang Prapatan, atau kuburan Gang Manggis.

“Sekitar seminggu lalu, saya pagi-pagi ke pasar masih lihat dia tidur depan kios. Dia pakai kaus perempuan, mungkin dikasih orang, ya,” kata seorang warga yang menempati bekas kamar kontrakan Irwan, Senin (28/3/2016).

Sebelum menjadi gelandangan, Irwan tinggal di kamar kontrakan sempit itu sendirian. Kontrakan itu cukup kumuh. Jika ingin mandi, penghuni kontrakan menggunakan kamar mandi umum.

Irwan hanya tinggal sekitar empat bulan. Menurut Sutarjo, sopir mikrolet yang telah 20 tahun tinggal di kontrakan tersebut, Irwan kerap tidur di teras kamar kontrakannya. Kemudian, ia diusir karena tidak membayar kontrakan. “Dia tidak bayar kontrakan, terus diusir. Barang-barangnya ditinggal,” ujar Tarjo, warga setempat.

Irwan tidak memiliki pekerjaan dan hidup sendiri. Namun, kata Tarjo, Irwan mengaku pernah memiliki istri lagi.

“Dia cerita, istrinya dan anaknya kabur mungkin karena dia begitu. Kadang diajak ngobrol nyambung, kadang enggak. Penampilannya juga kotor dan jarang mandi. Waktu masih ngontrak di sini, dia seringnya tidur di luar. Tapi dia orang baik,” ungkap Tarjo.

Namun, Tarjo melanjutkan, Irwan sebelumnya tidak pernah mengemis.

“Dia enggak pernah ngemis. Dia selalu punya uang, tetapi tidak tahu dapat dari mana,” ujarnya.

Sementara artis Marshanda atau Caca mengaku bersyukur dengan tertangkapnya sang ayah, Irwan Yusuf. Dia mengaku tidak malu atas kejadian tersebut. Sebab, kata Caca, dia sudah lama hilang kontak dengan ayahnya. Barulah saat ini ia bisa bertemu ayahnya kembali setelah bercerai dari ibunya. Caca mengaku berpisah dengan ayahnya sejak ia berusia tujuh atau delapan tahun.

“Aku jujur malah seneng ini terjadi, karena teman-teman media jadi kenalan sama Papa aku, kan selama ini belum pernah. Aku berbagi hal seperti ini,” tutur Caca saat mengunjungi Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 2, Cipayung, Jakarta Timur, Senin (28/3/2016).

Menurut Caca, kejadian tersebut juga bukan merupakan hal yang buruk atau memprihatinkan. “Banyak yang bilang ini menyedihkan, memalukan, enggak, aku malah bangga,” ujar ibu satu anak ini.

Kalau hal itu juga disebut orang sebagai sesuatu yang miris, menurut Caca, banyak hal miris telah menimpa ayahnya. “Kalau orang beranggapan ini miris, banyak hal miris yang menimpa dia,” ujarnya lagi.

Saat ini Caca mengatakan, keluarganya telah menyiapkan tempat tinggal untuk sang ayah.

“Dari tante dan oma dari papa, sudah ada tempat tinggal buat papa, sudah siapkan segala sesuatu,” ujarnya.

Mantan istri Ben Kasyafani ini menjelaskan bahwa ayahnya akan dijemput pihak keluarga. Setelah menjenguk, kira-kira setengah jam, dia menyatakan senang bisa bertemu kembali dengan sang ayah. “Aku bilang, kita akan sering ketemu karena aku sudah kabar-kabaran dengan keluarga papa,” katanya.

Selanjutnya, dia mengaku akan mengadakan rapat keluarga untuk memutuskan hal selanjutnya yang akan dilakukan untuk mengurus ayahnya. “Aku juga bantu sebisa mungkin,” kata Caca.

Namun, menurut dia, pihak keluarga ayahnya selalu berusaha memberikan bantuan. Caca juga berkisah, dia kerap berusaha untuk bertemu ayah dengan cara menyambangi tempat indekos yang ditinggali sang ayah. Namun, kadang sulit untuk menghubunginya karena nomor telepon genggamnya selalu berganti. “Papa juga suka hilang-hilangan… Sekalinya ketemu, kami jalan seharian,” tutupnya.


sumber :siagaindonesia.com/119481/kisah-marshanda-bergelimang-harta-ayah-menjadi-pengemis.html
0
4.1K
39
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.