Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Militer
  • Donald Trump Akan Biarkan Korsel dan Jepang Produksi Senjata Nuklir

AzistarAvatar border
TS
Azistar
Donald Trump Akan Biarkan Korsel dan Jepang Produksi Senjata Nuklir
Washington, - Jika terpilih menjadi presiden Amerika Serikat, kandidat Donald Trump akan mempertimbangkan untuk membiarkan Jepang dan Korea Selatan (Korsel) memproduksi persenjataan nuklir mereka sendiri. Dengan begitu kedua negara sekutu AS tersebut tak akan bergantung pada militer AS untuk melindungi mereka dari Korea Utara dan China.

Miliarder AS itu menyatakan, militer AS tak bisa melindungi Jepang dan Korsel untuk jangka waktu lama. Dicetuskan Trump, AS tak bisa selalu menjadi "polisi dunia."
"Akan ada titik di mana kita tak akan bisa melakukan itu lagi," tutur Trump dalam wawancara dengan media The New York Times seperti dilansir Press TV , Senin (28/3/2016).

Menurut Trump, dengan Korut yang mungkin telah memiliki senjata nuklir, Korsel dan Jepang pun tak ada salahnya untuk memiliki senjata nuklir. "Kita ada di dunia nuklir sekarang," kata kandidat unggulan Partai Republik itu.

Trump juga mengkritik perjanjian keamanan AS dengan Jepang tahun 1951. "Jika kita diserang, mereka tidak harus melakukan apapun," kata Trump. "Jika mereka diserang, kita harus bergerak dengan kekuatan penuh... itu kesepakatan yang cukup berat sebelah," cetusnya.

Trump juga mengatakan, dirinya akan mempertimbangkan untuk menarik pasukan AS dari Jepang dan Korsel.

AS hingga kini masih menempatkan 28.500 personel militernya di Korsel, lebih dari enam dekade setelah Perang Korea 1950-1953 berakhir dengan gencatan senjata. Sedangkan di Jepang, AS telah menempatkan lebih dari 50 ribu tentara sebagai bagian dari traktat keamanan antara AS dan Jepang, yang pertama kali ditandatangani pada tahun 1952, namun kemudian diamandemen pada Januari 1960. (ita/ita)

sumber : http://m.detik.com/news/bbc-world/3174269/donald-trump-akan-biarkan-korsel-dan-jepang-produksi-senjata-nuklir

Cukup menarik
0
8.9K
62
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
MiliterKASKUS Official
20KThread7.1KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.