Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

l00kingatusAvatar border
TS
l00kingatus
**LIBURAN SERU BARENG TEMEN DI BANDUNG**
Kadang kalo kita pergi ke Bandung suka bosen ama kafe yang itu-itu lagi. ternyata di Bandung juga banyak kegiatan kekinian yang bisa kita lakukan loh. Nih cekidot ane repost dari temen ane:

1. Main Board Game
Main boardgame bisa menjadi hal yang seru untuk menghabiskan weekend. Tentn unya permainan yang bisa dimainkan bukannya Ular Tangga, Ludo, ataupun Halma. Di jaman sekarang ini dunia Boardgame sudah berkembang pesat, kamu bisa mulai main monopoli yang selalu seru dimainkan sampai game-game keren seperti Pandemic, Arkham Horror, Bang!, Ticket To Ride, ataupun Seven Wonder. Jika agan-agan lebih suka boardgame lokal ada banyak boardgame lokal yang gak kalah seru dan keren seperti Mat Goceng, Warung War, Pagelaran Yogya, Mahardika, Petwar, dan jika kalian beruntung mungkin kalian bisa menemukan Combo Arena yang super langka.

Untuk belajar aturan bermainnya, tentunya agan-agan harus latihan membaca untuk mengerti aturannya. Selain seru dan mendapatkan pengalaman baru, bermain boardgame memaksa kita belajar sistem dan melatih kemampuan membaca loh. Yuk main boardgame !

Ane bikin ulasan dikit untuk BoardGame lokal yang udah pernah ane maenin ya :

• Mat Goceng
Paling menjanjikan, pas dijelasin kayaknya seru banget. Muatan lokalnya juga unik dan menarik, tapi pas dimaenin mekaniknya bermasalah menurut Ane. Emang permainan yang cepet sih, tapi apa yang kebayang pas dijelasin ternyata pas dilakuin ga semenarik itu. Worth to try koq. Seru juga tapi setelah 3 atau 4 kali maen jadi kurang menarik. Tapi seriously, wajib punya dan kalo dimaenin bentar ini asyik banget. Apalagi ama orang baru, seru maennya.
Spoiler for Mat Goceng:

• Pet War
Ini seru buat dimaenin berkali-kali dan salah satu yang paling tua di Indo. PetWar emang ngambil mekanik dari Sitting Duck, tapi dengan modifikasi yang oke dan menjadikan game ini seru dimainkan, dan mudah banget dipelajari. Bisa dimaenin beberapa kali dan tetap seru.
Spoiler for Pet War:

• Mahardika
Ini mirip Pandemic versi Indonesia, dengan sedikit modifikasi ya okelah buat produk dalem negeri. Seu loh apalagi kalo dimaenin ama keluarga atau adik-adik. Asyik banget gan. Dimaenin ama temen-temen juga oke karena ga kompetisi sifatnya. Asyik juga dimaenin ama gebetan. Heheheh…. Skalian belajar sejarah negeri kita lagi.
Spoiler for Mahardika:

• Warung Wars
Pemenang dari lomba yang diadain Kompas, dari tema lucu sih dari gameplay ane ga gitu suka sih, kayaknya agak datar. Ga jelek bahkan secara mekanik juga bagus, Cuma entah kenapa pas dimaenin kurang ada greget-gregetnya aja.
Spoiler for WarungWars:

• Combo Arena
Susah banget belajarnya…. Beneran serius, belajarnya kayak belajar konsep fisika gitu. Aturannya harus dingertiin kayak matematika dan kalo ga ada yang bisa maen, agak susah buat belajar dari bukunya karena agak-agak ambigu. Tapi kalo kamu ketemu pemain yang bisa maen game ini, sebetulnya ini game yang keren banget. Setelah maen lebih dari 3 kali ane mulai kebayang, setelah 5 kali ane merasa ini game keren banget, setelah 7 kali maen…. Ini game emang luar biasa keren dan bener-bener asyik. Kalo di game lain, kamu dapet kartu apa menjadi penentu banget, di COMBO kartu di tangan kamu bukan alesan, karena kalo kamu make kartu kamu dengan bener, ga ada namanya kartu jelek dan ada ratusan trik dan kombinasi yang bisa dijadiin strategi. Kamu bisa maenin dan ngetrik lawan kamu, cerdas banget gamenya. Sistem dan mekanik utamanya original dan bisa dibilang baru. Seru banget gimana kamu pinter-pinter maenin elemen di tanganmu, maenin timing, dan strategi yang bisa kamu terapin teramat banyak. Kalo dimaenin 2 vs 2 vs 2 kamu akan betah maen ini berjam-jam. Cuma selain belajarnya susah, belinya juga susah. Ga ada barang melolo. Jadi goodluck deh nyari game ini.
Spoiler for Combo:


2. Main Escape Room
Escape Room itu apa sih ? Buat agan-agan yang belum tau apa itu Escape Room, Escape Room adalah permainan dimana kita dikurung dalam suatu ruangan tertentu trus kita harus cari petunjuk dan keluar dari ruangan itu dalam kurun waktu tertentu. Game ini harus dimainkan berkelompok dan seru banget karena mengasah kemampuan kita sebagai detektif. Ya Escape Room seringkali disebut Detektif Game dimana kita harus jadi kayak detektif yang mencari cara mecahin teka-teki dari ruangan tersebut.

Kalo dalam waktu tertentu ga bisa keluar tentunya ada yang jemput kita dan ngeluarin kita secara paksa. Hehehehe…. Nah buat yang belum pernah maen Escape Room coba main Esape Room yuk.

Di Jakarta sih ada buanyaaaak banget escape Room, kalo di Bandung ada beberapa Escape Room yang oke punya.

TICTOC: Adanya di Ciwalk, atasnya Game Master merupakan salah satu Escape Room pertama yang ada di Bandung. Ane cukup puas sih maen di tempat ini, dari 3X maen ane Cuma 1X kecewa pas maen di salah satu ruangan ada alat-alatnya yang rusak dan si mbaknya akhirnya masuk maksa bukain tapi ane ga dikasih tambahan waktu padahal stuck lama gara-gara alatnya rusak. Tapi temen ane maen ga lama setelah itu katanya udah dibetulin lagi. Coba aja. Konsep ruangan di TICTOC lebih terang dibanding escape room lainnya. Mungkin satu-satunya escape room yang terang benderang. Untuk pemula, wajib cobain room Mansion Heist / Opera House.
Spoiler for TicToc:

STEPOUT: Yang ini adanya di Terusan Setraria deket kedai Waka-waka dan Universitas Kristen Maranatha (daerah Surya Sumantri - Setrasari). StepOut menawarkan teka-teki yang lebih smart, menantang dan pengalaman yang berbeda dengan Escape Room lain. Ane sudah coba 2 ruangannya dan secara teka-teki StepOut masih juaranya kalo agan-agan suka tantangan mikir. Salah satu Escape Room yang wajib dicoba.
Spoiler for StepOut:

WAYOUT: Terletak di Paskal HyperSquare, WayOut merupakan salah satu Escape Room yang menarik juga untuk dimainkan. Teka-teki yang menarik dan juga pengalaman yang seru bisa didapatkan di sini, hanya sayang saja dekorasinya agak low budget walaupun permainannya keren.
Spoiler for WayOut:

HOUSE OF MAZE: Dulu sih ada di Dr.Hatta tapi sekarang ane ga tau dia ada di mana, pelangnya di jalan Cihamplas dicabut dan ane udah lama ga ke tempat ini. Sebetulnya House Of Maze memiliki teka-teki yang asyik banget, tapi keliatan banget bahwa teka-tekinya didesain supaya pemain harus maen 2 kali atau 3 kali untuk bisa keluar. Jadi ane agak sebel karena kayak maksa maen 2 sampai 3 kali gt baru bisa keluar. Kayak dicurangin gitu dan ada beberapa teka-teki yang ga masuk akal. Sama pegawenya kadang suka ga profesional kalo di House Of Maze. Lupa kunci pintu lah…. Ada clue ketinggalan lah >.<
Spoiler for HouseOfMaze:

TOTEM: Ane semanget banget waktu mau maen di Totem karena denger mereka punya laser. Tapi ane kecewa berat karena di ruang laser sensornya ga mateng dan ada mbak-mbak yang jagain ruangan itu, jadi pas lagi seru-serunya begitu masuk ruang laser…. Ilang semua excitemennya karena jadi kayak kegiatan ospek di ruangan laser itu. Terlalu ga mateng konsep ruang lasernya. Secara keseluruhan ane ga gitu suka maen di Totem walau ga parah-parah amat sih. Kalo agan-agan lebih suka nyari barang-barang yang disembunyiin super maksa, mungkin Totem adalah tempat yang bikin agan-agan suka, tapi kalo ane lebih suka soal teka-teki jadi ane lebih suka Stepout, Wayout, ama House Of Maze.
Spoiler for Totem:

PANDORA: Coming Soon bakal buka di deket Two Hands Full. Pandora adalah salah satu Escape Room dengan reputasi yang legendaris loh di Jakarta. Ane juga penasaran banget nih ama yang satu ini. Nanti kalo udah buka ane cobain deh trus kasih repiew. Cuma harganya emang sekitar 200rb kalo di jakarta per orangnya T_T smoga aja di Bandung beda harga.
Ini ane kasih liat episode yang mereka punya di Jakarte
Spoiler for Pandora:


Jadi mau maen Escape Room ? Nih berikut ini saran Ane buat urutan maennya :

1. TicToc - OperaHouse / Mansion Heist (buat pemula banget)
2. StepOut – Prison Royale (wajib coba banget karena… ah ga bisa spoiler. The Best experience kalo blom denger spoiler apapun. Shocking banget dan luar biasa seru)
3. Wayout – Sherlock Holmes Games of Shadow (Ngerasain tahun 60an dan ga terlalu susah, lumayan banget buat nambah pengalaman.)
4. Stepout – Scandal in B** - Sherlock Series (Ini merupakan Escape Room dengan teka-teki yang terbaik sejauh ini. Gak maksa dan kalo pinter bisa lolos di waktu yang tepat. Paling menantang dan smart banget ga maksa)
5. Tictoc – Cursed of Tutankhamen (Ini lumayan oke dan idenya juga menarik banget. Ada trik-trik lucu juga di dalemnya. Berasa Indiana Jones deh kalo maen ini)
6. Totem – Mission Imposible (Seru tapi mungkin emang harus 2X maen, ruangan pertamanya bikin emosi)
7. Tictoc – Asylum (Horror banget secara atmosfir oke banget tapi beberapa teka-teki awalnya agak maksa bikin kamu bete. Tapi one of the best room di Bandung. Jangan mainin ini di awal, kamu bisa bete banget kalo maen ini di awal karena susah banget.)
8. House of Maze – Apocalypse (Oke ini susah banget tapi bagus banget. Seriously, ruangan pertamanya maksa abis dan ga make sense langsung minta bantuan aja begitu masuk lewatin ruangan pertama dan permainan baru dimulai. Ane bahkan berani spoiler gede-gedean teka teki di ruang pertama super maksa dan ga masuk akal. Tapi ruangan berikutnya teka tekinya bagus dan seru banget, bener-bener detektif dan make sense.)

Pengalaman Ane Sejauh ini di escape room :
Most Horror : Asylum by TicToc
Most Realistic : Scandal in B** by StepOut
Most Technology : Tutankhamen by TicToc
Best Experience : Prison Royale by StepOut
Hardest : Apocalyse by House of Maze
Most Promosing : Mission Imposible by Totem

Oke deh gan mudah2an ini bisa jadi alternatif seru lainnya dikala agan-agan berlibur ke kota Bandung..emoticon-Salam Kenal
0
5.1K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.