Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Spiritual
  • Ukhuwah Islamiyah : Panggilan Takwa Atau Lagu Pengantar Tidur

udin6067Avatar border
TS
udin6067
Ukhuwah Islamiyah : Panggilan Takwa Atau Lagu Pengantar Tidur

Sumber : Iskandar Al-Warisy, Buletin Ulul Albab No.01/Th.III/Maret 1992

Melihat dunia dakwah islamiyah saat ini, sungguh suatu hal yang menggembirakan. Umat islam diseluruh dunia yang terdiri dari berbagai golongan terpanggil untuk meneriakkan ukhuwah islamiyah. Di indonesia kita bisa menyaksikan bagaimana nahdlatul ulama membangun ukhuwah islamiyah dengan umat islam diluar golongannya. Nahdlatul ulama senantiasa mengajak ulama-ulama diluar NU untuk memberikan pengkajian pada warganya, bahkan KH Yusuf Hasyim dari pesantren tebu ireng jombang yang pernah duduk dalam lembaga legislatif menganjurkan kepada warga NU memiliki dua kartu keanggotaan, sehingga panggilan ukhuwah islamiyah dikubu NU sangat besar kumandangnya.

Sedangkan warga muhammadiyah dan organisasi islam lainnya juga mengumandangkan dakwahnya dan memanggil kaum muslimin untuk mengikat tali persaudaraan dengan kuat. Hal ini barang kali mereka melihat suatu kenyataan bahwa musuh-musuh islam malah semakin kuat, sebaliknya umat islam yang terdiri dari berbagai golongan justru semakin lemah, yang hanya ada dan besar dalam namanya saja, tetapi isinya sangat rapuh, ibarat sebuah rumah sakit, umat islam hanya memiliki bangunan besar tetapi penghuninya sakit semua. Untuk memperbaiki keadaan seperti ini, maka jalan keluarnya adalah kesatuan islam. Umat islam harus bersatu apabila menghendaki kehidupan.

Di tengah menggelegarnya terompet kesatuan umat islam, timbul pertanyaan besar dihadapan kami karena sesungguhnya persatuan itu memerlukan persyaratan. Kesatuan yang hanya dalam slogan, akan berisi kepura-puraan, tidak ada kesiapan dan pengorbanan untuk bersatu hanya akan melahirkan permasalahan yang lebih gawat, seperti yang telah disampaikan oleh pejabat senior, "Kita menginginkan kerukunan operasional bukan kerukunan verbal apalagi kerukunan semu hanya akan menumbuhkan kerawanan-kerawanan".



Spoiler for "Macam Bentuk Kesatuan":



Spoiler for "Macam Bentuk Kesatuan":



Spoiler for "Macam Bentuk Kesatuan":
Diubah oleh udin6067 21-03-2016 08:56
tata604
tata604 memberi reputasi
1
4.4K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Spiritual
SpiritualKASKUS Official
6.3KThread2.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.