monprodonAvatar border
TS
monprodon
Sebelum Bikin Perusahaan, Tanyakan Hal-Hal Ini Dulu Gan!
Punya perusahaan sendiri? Buat remah-remah rangginag kayak ane, kayaknya terlalu muluk Gan. tapi gak ada salahnya kan kita bermimpi. Punya perusahaan sendiri pastinya jadi mimpi dari Ane dan juga banyak Agan di sini, enak kan jadi bos, bisa bikin lapangan kerja buat orang lain juga. Punya perusahaan sendiri emang jadi salah satu impian ane, yang kecil-kecilan dulu deh, Karena setiap perusahaan besar pun pasti dimulai dari yang kecil.

Setelah tadi berkhayal-khaya soal perusahaan yang mau ane bangun, ane sempet cari-cari inspirasi juga di internet. Dan ane nemuin sebuah artikel keren di sini. Sekalian aja deh ane bahas buat Kaskuser, siapa tau di antara Agan-agan ada yang minat untuk punya perusahaan sendiri.

Sebelum Agan memutuskan memulai sebuah usaha, ada baiknya Agan menanyakan 6 hal ini dulu pada diri Agan.

1. Berapa banyak uang yang Agan butuhkan, dan gimana Agan akan membelanjakannya?


itung-itung modal dulu

Dalam menyusun budget untuk bisnis agan gak ada cara yang paling tepat sih, soalnya bakal ada biaya-biaya yang gak terduga. Tapi agan bisa pakai 2 cara yaitu top down atau bottom up.

Kalo cara top down, Agan bisa mulai dari menentukan jumlah yang Agan punya dan mau dipakai untuk memulai usaha (misalnya buat modal bikin website, foto produk, desain, dll). Jadi dari budget yang Agan punya, dirinciin tuh buat apa aaja. Misalnya agan punya 1 milyar. Nah dialokasikan deh 1 milyar itu mau buat apa aja.

Cara bottom up itu kebakikannya. Jadi Agan membuat daftar kebutuhan dulu, misanya pas Agan mau buka toko terus agan bikin daftar butuh modal apa aja dari mulai barang, jasa desain, dan lain-lain. nah dari daftar itu, baru deh dicari tahu berapa biaya yang dibutuhkan untuk memulai usaha.

2. Gimana Cara Agan menghasilkan uang?


dapet uang adalah tujuan

Namanya bikin usaha ya pasti buat menghasilkan uang dong. Tentunya Agan harus tau gimana menghasilkan uang dari usaha Agan itu. Dasarnya Agan musti paham harga pasaran, pengeluaran, dan harga jual dari produk Agan. Jadi liat-liat juga gan, jangan sampe harga jual yang agan bikin melebihi harga pasar , bia gak laku, atau malah lebih murah dari harga produksinya, bisa-bisa Agan rugi.

3. Mau gak sih orang bayar untuk penawaran yang Agan buat?


bu, beli dong...

ini penting Gan, untuk memahami pelanggan dan terget pasar Agan. Kuncinya untuk memahami maunya pelanggan itu adalah mereka musti paham sama produknya itu sendiri dan seberapa besar nilai produk itu buat mereka.

Misalnya nih, awalnya Agan bisa tuh pakai dulu produk Agan sendiri. Nah kalau orang lain liat dan tertarik, berarti produk Agan punya nilai jual di mata mereka, dan cari tau juga seberapa besar mereka mau bayar untuk hal itu.

4. Gimana Agan mau mulai menemukan pelanggan?


mana pelanggan ane?

Nah ini penting banget Gan. Jangan cuma bikin perusahaan aja, terus gak tau mau dapet pelanganggan dari mana. Agan juga harus nyiapin cara-cara juga gimana untuk menarik pelanggan dengan efektif. Musti disiapin budget promonya juga nih Gan. Misalnya Agan bisa bikin acara launching kecil-kecilan, ngundang keluarga, tetangga dan temen-temen,. Nah mulai dari orang-orang dekatdulu, nanti jadi menyebar lebih luas lagi.

5. Apa visi Agan dan apa yang Agan lakukan?


mau ke sana!

Kalau Agan udah tau mau jualan apa, selanjutnya Agan perlu konsisten dengan visi yang Agan bangun dari awal dan fokus sama apa yang ingin Agan lakukan dengan usaha ini. Bukan berarti gak fleksibel loh Gan, yang penting tetap pada jalur dan jangan sampai gelap mata dengan hal-hal lain kayak godaan dunia.

6. Bisakah memulai dari hal kecil?


buka kios dulu gapapa

Yaa kalau liat orang-orang sekitar yang udah pada sukses dengan usahanya, pasti Agan merasa punya beban untuk bisa se-sukses mereka. Jangan salah Gan! Orang-orang sukses itu juga memmulai dari usaha keras berdarah-darah dulu kok. Semuanya mulai dari hal kecil bos!

Yap, 6 aja Gan, pertanyaan dasar sebelum Agan memulai sebuah perusahaan. Yang terpenting, ide-ide di kepala Agan tuh diwujudkan dulu aja, biar gak membusuk di khayalan doang.
Buat Agan yang udah mulai usaha sendiri, kecil-kecilan ataau udah besar-besaran, boleh share di sini, nanti ane angkut ke pejwan biar menginspirasi yang lain.
emoticon-Requestemoticon-Request emoticon-Request

Sampai jumpa di kesuksesan Gan!


UPDATE

Spoiler for Tips dari Kaskuser:


Diubah oleh monprodon 23-03-2016 15:51
0
32.3K
170
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.