Tuesday14thAvatar border
TS
Tuesday14th
Kehidupan Muslim dari Etnis Hui di Ningxia, China
UPDATED 23 MARET
Etnis Minoritas di China kebanyakan berada di 5 daerah otonomi yang berpenduduk etnis minoritas yaitu Xinjiang, Tibet, Mongolia Dalam, Guangxi dan Ningxia Hui. Salah satu dari etnis minoritas itu ialah etnis Hui yang memeluk agama Islam. Bagaimana kehidupan mereka?
Yuk kita lihat.

Siapakah Mereka?
Suku Hui (Hanzi: 回族, hanyu pinyin: hui zu) adalah salah satu suku dari lima suku terbesar di Republik Rakyat Tiongkok. Suku ini memeluk agama Islam dan tersebar di hampir seluruh provinsi di Tiongkok, namun terkonsentrasi di Ningxia, Hainan, Gansu, Yunnan dan Qinghai. Ningxia sendiri adalah daerah otonomi bagi suku muslim Hui.

Spoiler for Suku Hui:


Dimanakah Ningxia?
Spoiler for Ningxia:

Letaknya memang kecil, gan. Daerah yang memiliki luas sekitar 66.400 meter persegi ini memiliki musim dingin yang panjang yaitu 6 bulan. Hawa terdingin pada bulan Januari berkisar minus 10 derajat Celcius dan terhangat 24 derajat Celcius. Meski dingin, angin terasa kering yang membawa debu-debu dari gurun pasir.
Jadi, Ningxia ini seperti Daerah Istimewa Jogjakarta yang punya otonomi khusus mengurus daerahnya sendiri dan urusannya sendiri.

Sespesial apa sih gan Ningxia ini?
Lihat aja nih, foto-foto nyaemoticon-Peace
Spoiler for Gurunya Mengajar Dalam Bahasa Arab dan Mandarin:


Spoiler for Muslim dari Etnis Hui Berbondong-bondong ke Masjid Nanguan, di Ibukota Ningxia di Yinchuan:


Spoiler for Nongkrong Dulu Ya Gan:


Spoiler for Mereka Juga Melakukan Sholat Berjamaah:


Spoiler for Nanguan Mosque dari dekat:


Spoiler for Mereka menjemur cabe merah di atas Masjid Nanguan untuk Idul Adha:


Spoiler for Masjid Hui(Hui Mosque) di Yinchuan, Ningxia:


Idul Fitri di Ningxia?
Spoiler for Idul Fitri:


Sejarahnya gimana nih gan?
Suku Hui sendiri adalah hasil asimilasi dan merupakan keturunan dari suku Han dengan bangsa Persia dan Arab sejak zaman Dinasti Tang. Sekitar abad ke-7, para pedagang Persia dan Arab mulai memenuhi kantung-kantung perdagangan Tiongkok. Yang datang melalui Jalan Sutra, biasanya menetap di Chang'an dan sekitarnya, sedangkan yang datang melalui jalan laut menetap di daerah Quanzhou dan Zhangzhou di pesisir Fujian. Mereka inilah kemudian berasimilasi dengan suku Han dan menurunkan suku Hui yang sekarang tersebar di seluruh Tiongkok ini.

Iya gan ya, secara fisik mereka mirip dengan Kebanyakan orang china
Secara fisik, suku Hui tidak berbeda dengan suku Han; yang berbeda hanya cara hidup mereka yang beragama Islam, menjalankan syariah Islam namun bergaya Konfusianis. Hal ini membedakan mereka daripada suku Uygur, yang sama-sama memeluk agama Islam namun lebih bernafaskan Islam Asia Tengah.

Jadi tata hidup mereka berdasarkan syariah?
Suku Hui mayoritas memeluk agama Islam dan memiliki 3 perayaan terpenting sepanjang tahun, yaitu Idul Fitri, Idul Adha dan Maulid Nabi. Mesjid banyak dibangun dan menjadi pusat tempat beribadah, berinteraksi dan bermasyarakat di kalangan Suku Hui. Selain untuk tempat beribadah, mesjid-mesjid digunakan untuk tempat menyebarkan dan mendalami agama Islam yang mereka anut. Tata kehidupan Suku Hui sungguh menjunjung tinggi nilai-nilai Islam termasuk dalam hal makanannya yang mengharamkan daging babi, yang tentu bukan hal yang mudah di negeri yang justru mayoritas penduduknya mengonsumsi daging babi.
Jadi gak semua orang china makan babi ya gan. Itu stereotip

Bukannya China itu komunis?
Partai Komunis China yang berkuasa mengakui 5 agama yaitu Islam, Kristen, Katolik, Tao dan Buddha. Sejak Tiongkok berdiri, kepentingan Muslim dilindungi dan sudah masuk dalam UUD. Meski China negeri non-muslim, tapi kepentingan Muslim dilindungi pemerintah pusat dan lokal.

Muslim setempat juga ternyata memiliki nama Islam selain nama China. Nama Islam itu lazimnya diberikan oleh imam masjid kepada bayi yang baru lahir. Misalnya Suyang yang mendapat nama Islam, Yusuf.

Dan, fakta yang membuat tercengang lagi adalah di Ningxia terdapat sekitar 4.000 masjid, gan.

Pemerintahnya bagaimana?
Pejabat di daerah otonomi Ningxia tersebut, harus berasal dari etnis Hui tersebut. Misalnya saja, Ketua Daerah Otonomi Ningxua Hui (setara gubernur), beragama Islam. Demikian juga Walikota Yinchuan, ibukota Ningxia Hui, juga beragama Islam. Jadi, semuanya berdasarkan syariah.

Memang berapa banyak gan, penduduk Ningxia?
Terkait pertumbuhan Muslim di Ningxia, ketika RRT berdiri pada 1949, jumlah warga Ningxia 750 ribu orang dan sebanyak 400 ribu di antaranya beragama Islam. Ketika Ningxia Hui menjadi daerah otonomi pada 1958, jumlah penduduknya menjadi 1,5 juta. Awal tahun 2012 saja, jumlah penduduk 6,3 juta dan 2,2 di antaranya Muslim (34%). Jadi pemeluknya naik 3 kali lipat.

Apalagi gan yang membuat Ningxia unik?
Penampilannya mereka tentunya khas, lelakinya berkopiah putih serta sebagian berjanggut dan perempuannya kebanyakan berjilbab.

Spoiler for Mereka ingin menunaikan haji:


Di kota-kota besar mereka berjualan makanan atau membuka usaha warung dan restoran. Ada ciri khas bertuliskan Arab di pintu depan warung/resto mereka berdampingan dengan tulisan kanji (Pinyin: qing zhen, baca: jing cen) yang artinya sama, yaitu halal.

Spoiler for Contoh Logo Mandarinnya 'Halal':


Selain itu, mereka punya makanan unik yang namanya "Sanzi". Makanan ini dibuat dari bakmi yang digoreng kering.
Spoiler for Sanzi:


UPDATE!
Ada satu tokoh terkenal yang ternyata adalah berasal dari etnis Hui ini loh, gan. Ia adalah Laksamana Cheng Ho. Cheng Ho adalah penjelajah yang telah melakukan ekspedisi ke berbagai daerah di Asia dan Afrika.
Spoiler for Laksamana Cheng Ho:


Nah, sekian kisah tentang kehidupan etnis Hui di China.
Please rate 5, reply, and cendolin ane
emoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star emoticon-2 Jempol

Satu pesan lagi, jangan rasis, diskriminasi, dan bawa2 SARA ya gan di komentar di bawah.
Maksud ane membuat thread ini adalah untuk membuka wawasan kita.
Seperti kata Mario Teguh, "Be Smart"
emoticon-No Sara Please emoticon-Kaskus Banget emoticon-cystg

CHEERS
emoticon-Angkat Beer

Spoiler for Sumur:
Diubah oleh Tuesday14th 24-03-2016 16:54
0
83.4K
480
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.